4 Kiat Menghemat Paket Internet Simpati Secara Signifikan

 

Internet dewasa ini memang menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan siapa saja, bahkan disebut sebagai kebutuhan krusial. Sehingga tidak mengherankan jika smartphone masa kini sudah dibekali kemampuan menjelajahi dunia maya. Meskipun masih ada handphone biasa yang tidak bisa dipakai internetan dijamin peminatnya terbatas, sebab kalah saing dengan smartphone. Namun untuk menunjang fungsi dari smartphone tersebut tambahkan paket internet Simpati yang dikenal jaringannya bagus serta stabil.

 

Paket internet tentunya disadari oleh semua pengguna handphone pintar sudah menjadi kebutuhan pokok. Maka ketika belum membeli smartphone ini perhitungkan dulu kemampuan kantong Anda supaya bisa selalu mengisi kuota sesuai kebutuhan. Pasalnya banyak orang mengeluh kuota internet ini bisa sangat boros dan membuat kantong tekor, sebab terlalu sering menggunakan fasilitas di dunia maya. Entah aktif di media sosial, browsing, streaming, ataupun rutin belanja online di toko atau situs jual beli online terpercaya.

 

Apapun aktivitasnya sudah tentu akan memakan sedikit demi sedikit paket internet yang dipasang ke smartphone. Usahakan untuk belajar berhemat meskipun Simpati sendiri menawarkan paket data dengan harga miring terlebih untuk ukuran yang kecil. Tetap saja kalau sudah membeli yang ukuran kuotanya kecil namun sering berselancar di dunia maya bisa jadi tidak sampai sehari sudah ludes tanpa sisa. Tentunya bukan kapasitas Anda untuk menentukan harga paket internet agar bisa lebih murah maka akali dengan menghemat penggunaannya.

 

Kiat Menghemat Kuota Internet

 

Supaya biaya bulanan tidak habis untuk rutin membeli paket internet Simpati di konter maupun toko online langganan. Maka hemat penggunaannya dengan beberapa kiat berikut ini:

 

1. Batasi penggunaan smartphone,

Terlalu aktif di dunia maya dengan smartphone bukanlah tindakan pintar karena Anda punya banyak kegiatan di dunia nyata. Maka usahakan untuk membatasi penggunaan perangkat digital satu ini, hitung-hitung mendekatkan diri dengan orang sekitar sekaligus irit kuota. Hubungan dengan orang sekitar membaik kantong pun irit, untung kuadrat bukan?

 

2. Instal aplikasi yang irit kuota internet,

Sebagai pengguna smartphone baiknya mencari tahu aplikasi apa saja yang tergolong boros kuota dan mana yang cenderung hemat. Media sosial misalnya, tidak semuanya memakan kuota dengan ganas ada yang sangat hemat. Anda tinggal menginstal aplikasi yang memang kuotanya irit supaya tidak mudah belanja kuota terus-terusan dan merasa tekor menjelang akhir bulan. Kalau tindakan ini dilakukan dijamin akan berpengaruh signifikan pada arus pemakaian kuota.

 

3. Gunakan browser yang irit memori,

Supaya semakin mudah menghemat pemakaian kuota internet dari Simpati yang Anda gunakan maka penting sekali untuk selektif memilih browser. Demi kenyamanan pilih browser yang hemat memori sehingga kinerja smartphone tetap baik dan kuotanya pun semakin irit. Sebab beberapa browser selalu memberikan iklan pop up yang setiap kali ada berita baru selalu ada notifikasi, lagi dan lagi. Otomatis menyedot banyak kuota maka jangan sembarangan memasang browser di smartphone.

 

4. Terapkan prinsip login logout,

Ketika aktif membuka email, membuka akun media sosial, membuka akun di situs belanja online, dan lain sebagainya. Maka wajib sekali menerapkan prinsip login dan logout setiap kali memakai semua aplikasi yang memakai sistem tersebut. Sebab ketika membiarkan aplikasi terbuka dengan akun Anda maka akan lebih boros internet sebab setiap ada informasi akan muncul notifikasi. Maka demi menjaga kuota paket internet Simpati tetap irit pastikan keluar dulu sebelum menutup aplikasi tersebut.

5. Manfaatkan kuota midnight atau tengah malam

Biasanya kuota internet dari simpati dibagi-bagi menjadi beberapa waktu dan jaringan. Ada yang jaringan 3G dan 4G. Untuk waktu, ada yang mulai dari jam 7 pagi hingga 12 malam diberikan jatah kuota, lalu mulai jam 12 malam hingga jam 7 pagi juga ada kuota khusus. Biasanya, untuk melihat video atau mendownload video yang durasinya panjang hingga berjam-jam dari youtube, saya akan menggunakan kuota midnight, karena biasanya kuotanya lebih banyak daripada kuota waktu biasa. Melihat instastory atau video yang dibagikan teman-teman di media sosial, kadang saya lakukan di rentang waktu midnight ini. Tapi jangan sampai begadang ya, hanya untuk update media sosial. Biasanya saya aktif di jam setelah subuh, sebelum anak-anak bangun. Untuk paket yang biasa saya pakai, kuota midnight bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari kuota waktu biasa.

Itulah beberapa tips menghemat kuota internet. Dengan kemudahan mengakses informasi seperti sekarang, harusnya internet tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang kurang perlu. Jangan hanya digunakan untuk update status atau live instastory, sesekali tontonlah video ceramah atau bacalah informasi bermanfaat lainnya, agar kita tidak jadi budak internet atau dunia maya ( pr juga untuk saya nih haha). Semoga bermanfaat. 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *