4 Perbedaan Memilih Rumah di Bandung dan Surabaya LP

4 Perbedaan Memilih Rumah di Bandung dan Surabaya.

Bandung dan Surabaya. Dua kota terbesar di masing – masing provinsinya ini memang menjadi primadona bagi para urban yang memimpikan penghidupan lebih baik dibanding saat berada di wilayah asal. Dari jenis daerahnya saja yang berada di dataran tinggi dan rendah, jelas ada banyak perbedaan dalam memilih rumah di Bandung dan Surabaya. Apa saja perberdaan – perbedaan tersebut? Berikut ulasannya.
1. Perbedaan Harga Rumah
Harga perumahan di Bandung rata – rata lebih mahal dibanding harga perumahan di Surabaya. Beberapa alasan mendasari hal ini. Pertama, Bandung lebih dekat dengan Jakarta sehingga industri yang berkembang di sana pun lebih banyak. Dengan adanya industri yang lebih banyak, maka harga tanah juga akan lebih tinggi.
Kedekatan Bandung dengan Jakarta yang lebih dibandingkan dengan rumah dijual di Surabaya juga mempengaruhi perjalanan. Jika seseorang bekerja di Jakarta dan memilih hunian di Bandung, tentu pada akhir pekan bisa lebih dekat saat mudik. Berbeda dengan Surabaya yang cukup jauh dari Jakarta. Para pekerja harus mendapatkan libur panjang untuk bisa melakukan mudik.
2. Perbedaan Akses Transportasi Menuju Rumah
Bandung dan Jakarta sama – sama memiliki proyek kereta super cepat menuju Jakarta. Hal ini tentu memberikan angina segar bagi Anda yang akan memilih hunian di dua kota besar tersebut. Akan tetapi, akses kereta super cepat di Bandung dan Surabaya ternyata memiliki kecepatan berbeda sehingga tentu mempengaruhi sistem perumahannya.
Kecepatan adalah perbedaan akses kereta super cepat di Bandung dan Surabaya. Kereta super cepat Bandung sudah dalam tahap pengerjaan. Diperkirakan, kecepatan kereta bisa mencapai 300 km/jam. Berbeda dengan Bandung, proyek kereta super cepat Surabaya masih dalam tahap perencanaan sehingga belum dimulai. Kecepatan maksimum kereta tersebut pun hanya 160 – 200 km/jam karena rel dan rutenya tidak baru seperti di Bandung.
Karena akses terutama transportasi massal yang berbeda tersebut, perumahan di Bandung lebih banyak diminati terutama oleh orang – orang yang memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan perjalanan antar kota maupun antar provinsi.
3. Perbedaan Cuaca yang Mempengaruhi Fisik Rumah
Wilayah Bandung yang berada di dataran tinggi tentunya memiliki keunggulan dari segi kenyamanan. Villa di Bandung tidak memerlukan pendingin udara karena Bandung sudah memiliki udara yang sejuk dengan cuaca lebih stabil dibanding Surabaya. Karena perbedaan cuaca ini, selain kenyamanan biaya listrik juga berbeda. Biaya listrik tanpa pendingin udara tentunya lebih terjangkau dibanding biaya listrik yang selalu membutuhkan pendingin udara minimal kipas angin.
Beberapa waktu belakangan, memang pernah terjadi banjir di Bandung. Tetapi karena posisi tanahnya yang tinggi, Bandung lebih jarang terkena banjir dibanding Surabaya. Hal ini sangat mempengaruhi kondisi fisik rumah. Rumah yang sering tergenang banjir akan lebih rapuh dari rumah yang jarang tergenang banjir. Selain itu, property seperti kendaraan dan barang elektronik di dalam rumah juga bisa lebih cepat rusak jika terkena air kotor yang dibawa oleh banjir.
4. Perbedaan Perumahan di Kawasan Industri
Kawasan industri di Bandung seperti Dago memiliki jenis perumahan yang berukuran cukup luas dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai. Di Surabaya, kawasan perumahan di kawasan industrinya yaitu Rungkut juga memiliki akses memadai. Akan tetapi, rata – rata luas rumah di kawasan Dago lebih besar karena daerahnya lebih luas dibandingkan rungkut.
Karena banyak pekerja yang memilih rumah di kawasan industri, jika Anda menginginkan salah satu dari rumah di daerah Dago atau Rungkut, sebaiknya hal ini juga menjadi pertimbangan. Beberapa perumahan yang tersedia di Rungkut, antara lain Perumahan Rungkut Raya, Taman Rivera Regency, Rungkut Harapan, Perumahan Griyo Mapan Santosa, Perumahan Griya Pesona Asri, Home Perumahan Graha Sentosa, Perumahan YKP Kota Surabaya, Hunung Anyar Baru, Puri Citra Rungkut, Perumahan Rungkut Asri Utara, Pondok Nirwana, Gunung Anyar Baru, Grand City Regency, Citra Medayu Residence dan sebagainya.
Sementara itu, di daerah Dago, Bandung, perumahan yang tersedia antara lain Calistha Dago Residence, Dago Asri, Dago Umaia, Puri Dago, Sentra Dago, Gren Hill, Perumahan Alamanda Dago Permai, Perumahan Bukit Dago, De Bukit Dago, Apartemen dan Condotel Dago, dan sebagainya.
Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah perumahan di sekitar Rungkut jauh lebih banyak dibandingkan di Dago. Perumahan di Rungkut lebih bisa diakses semua kalangan karena harganya lebih terjangkau dibanding Dago. Sementara itu, jumlah perumahan di Dago lebih sedikit. Rata – rata perumahan di Dago terbilang cukup mewah sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa membeli hunian di sana.
Itulah 4 perbedaan dalam memilih rumah di Bandung dan Surabaya. Masing – masing daerah memiliki karakteristik yang berbeda sehingga ulasan di atas hanya berlaku sebagai pembanding atau pelengkap informasi seputar rumah di Bandung dan Surabaya. Jadi, kota manakah yang lebih cocok dengan karakter Anda? Apakah pegunungan berbukit nan asri, atau dataran rendah yang dekat dengan pantai hangat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *