7 Ide Sederhana untuk Berbagi di Bulan Ramadhan

Ide berbagi di bulan ramadhan

7 Ide Sederhana untuk Berbagi di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulanpenuh keberkahan. Di bulan ini banyak doa dikabulkan dan setiap ibadah mendapat pahala yang dilipatgandakan. Karenanya tak heran bila umat muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya di bulan ini, baik dari kualitas maupun kuantitas. Salah satu ibadah yang sering dilakukan di bulan ini adalah memberi. Memberi apa saja, yang penting baik. Bisa berupa ilmu, makanan, uang, dan lainnya.
Tapi terkadang masih ada yang malas memberi, dengan alasan ingin menunggu banyak baru memberi. Padahal sebenarnya yang dinilai bukan hanya hasil akhir, namun juga proses.
Nah, untuk memudahkan agar kita terbiasa memberi di bulan penuh berkah, ini dia 7 ide sederhana untuk memberi di bulan ramadhan.
1. Lebihkan ketika masak, bagilah kepada tetangga
Ini terutama untuk ibu rumah tangga. Bila biasanya kita masak sedikit, di bulan ramadhan ini tak ada salahnya bila kita lebihkan sedikit belanjaan kita, kemudian masak yang agak banyak, lalu bagikan kepada tetangga sekitar.
2. Bawa selalu uang receh
Bawa selalu uang receh di kantong atau di tempat yang mudah dijangkau. Bila sewaktu waktu ada yang meminta, kita bisa dengan mudah mengambilnya.
3. Bawa ta’jil untuk berbuka puasa lebih banyak ketika bepergian
Bila hendak bepergian jauh saat puasa, yang membuat kita harus berbuka di jalan, jangan ragu untuk membawa lebih banyak ta’jil di dalam tas kita. Bila waktu berbuka tiba, bagikan kepada pengendara lain di dekat kita.
4. Bawa mukenah ketika bepergian, lalu pinjamkan
Dulu saya pernah menangis tersedu-sedu karena dimarahi oleh ibu-ibu yang mukenahnya saya pinjam tanpa izin di sebuah mushola. Saya kira itu mukenah masjid, ternyata milik ibu tersebut. Nah, bila kita sedang bepergian, bawalah mukenah. Selesai sholat, tunggulah sebentar sekitar 5 hingga 10 menit dan pinjamkan mukenah tersebut kepada yang lain.

5. Bawa makan dan minum lebih ketika tarawih
Ketika sholat tarawih, bawalah makanan dan minuman yang agak banyak. Bagikan kepada jamaah, mungkin ada yang haus di sela-sela sholat tarawih. Untuk makanan, bagikan setelah sholat, bagikan terutama untuk anak-anak, agar mereka lebih semangat mau ke masjid.
6. Bantu marbot persiapkan ta’jil untuk berbuka
Ini terutama yang sering berburu ta’jil untuk berbuka puasa di masjid-masjid. Jangan hanya mengharapkan makanannya saja, datanglah agak awal dan bantulah petugas masjid menyiapkan atau membagi-bagi makanan kepada jamaah.
7. Datang lebih cepat ketika tarawih
Jangan menunggu azan tiba baru berangkat ke masjid untuk sholat tarawih. Datanglah lebih awal, bersihkan sebentar masjid dan tatalah sajadah yang ada.

 

Itulah beberapa ide sederhana untuk berbagi di bulan ramadhan. Kita tak pernah tau apakah tahun depan akan dipertemukan lagi atau tidak dengan bulan ramadhan. Karenanya, mari berlomba-lomba memberikan yang terbaik di bulan ramadhan ini agar bisa dijadikan bekal untuk di akhirat nanti.

Kamu punya ide berbagi yang lain? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *