Agar Ibu Menyusui Tak Gampang Sakit

Assalamu’alaikum pembaca sepradik.com semua, apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Sekarang di Paiton sedang musim hujan. Kalau bukan pagi hari yang hujan, maka sore hari akan turun hujan. Alhamdulillah, setiap hari selalu turun hujan. Disyukuri saja ya, berarti Paiton untuk sementara tidak panas dan udaranya sejuk.

Nah, di musin hujan begini, kita harus bisa menjaga kesehatan, agar nggak gampang sakit. Apalagi ibu menyusui seperti saya. Kalau sakit, bisa repot. Selain karena pekerjaan rumah yang tidak akan selesai bahkan semakin bertambah, si Abang dan adik juga akan sedih, karena tidak ada yang menemani mereka bermain.

Untuk itu, penting sekali bagi saya agar bisa senantiasa sehat, terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Mau tahu apa saja yang saya lakukan agar senantiasa sehat? Lanjut terus bacanya ya, hehe.

Berdo’a agar diberikan kesehatan dan kekuatan

Sebuah benda, bila rusak, tentu kita akan datang ke si pembuatnya ya, karena sudah pasti dia tahu apa yang harus dilakukan kepada si benda jika rusak. Misalnya saja motor merk hon*a, bila rusak, tentu kita akan membawanya langsung ke bengkel hon*a, atau bengkel lainnya yang paham bagaimana memperbaiki motor kita. Begitu pula bila manusianya yang sakit. Cukup meminta kesehatan atau diberikan kesembuhan kepada Allah bila sedang sakit. Dengan begini InsyaAllah kita lebih siap menyongsong hari.

Tidur yang cukup

Sejak menyusui, saya jadi gampang sakit. Bila sekali saja tidur larut sekitar jam 12 hingga jam 2 malam, keesokan harinya pasti akan langsu pilek lalu flu. Jadi, sekarang saya kurangi tidur larut malam. Aktifitas menulis saya alihkan di pagi hari. Dengan begini, Alhamdulillah sudah agak jarang flu.

Minum yang cukup

Di rumah, ada sebuah botol ukuran besar yang selalu diisi penuh dengan air putih. Botol ini akan selalu saya bawa di dekat saya. Dengan begitu, setiap haus, saya bisa langsung minum. Jadi setiap hari minumnya tetap banyak. Kadang yang membuat saya malas minum adalah ketika tempat minumnya jauh. Kalau sudah mulai kurang minum, biasanya saya jadi gampang sakit. Seperti sariawan, pilek, atau flu.

Makan makanan yang halal dan thayyib

Salah satunya adalah mengurangi penyedap buatan. Entah memang mempengaruhi kesehatan atau tidak, setiap kali jajan bakso atau makanan lainnya di warung yang banyak MSGnya, seringnya tenggorokan saya akan serak, lalu batuk. Karenanya semakin ke sini kami semakin mengurangi, meskipun belum bisa sepenuhnya berhenti, tapi setidaknya menu makanan rumah dikurangi dari MSG.

Jangan telat makan

Saya punya riwayat sakit maag. Bila telat makan, biasanya perut saya akan sakit, atau kepala pusing. Apalagi sejak menyusui anak-anak. Kalau belum makan, terasa sekali kosongnya di perut. Makanya saya pun selalu berusaha untuk tak telat makan. Minimal nyemil. Urusan timbangan kita pikirkan belakangan ya, haha.

Konsumsi multivitamin bila perlu 

Kalau dirasa badan mulai memberi sinyal tanda mau sakit, maka saya akan cepat-cepat minum madu, habbat atau propolis. Tapi yang paling sering sih minum propolis. Kalau masih belum sembuh juga baru ditambah madu dan habbat. Selama ini saya lebih memilih mengkonsumsi vitamin herbal dibanding berobat. Bila memang tak kunjung sembuh dan semakin parah, barulah ke dokter jadi pilihan.

Jangan lupa bahagia

Menurut saya, seseorang yang bahagia akan lebih kuat dibandingkan dengan orang yang senantiasa bersedih, berkeluh kesah, murung sepanjang hari. Bila hati senang, pikiran pun tenang, kemampuan tubuh untuk melawan kuman penyakit pun jadi semakin kuat. Karena itu, emak-emak memang nggak boleh gampang sedih. Harus banyak stok bersyukur dan gampang bahagia.

Begitu cara saya sebagai ibu menyusui untuk menjaga kesehatan, terutama di musim hujan seperti ini. Kadang bila sakit, saya coba positif thingking, bahwa dengan begini, Allah mau memudahkan kita untuk beristirahat. Bila biasanya susah sekali untuk bisa istirahat, kalau sakit kan mau nggak mau kita harus istirahat.

Ibu-ibu juga punya tips menjaga kesehatan saat musim hujan? Sharing di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *