Agar Tetap Percaya Diri Meski Tanpa Makeup

Sebenarnya saya bukanlah wanita yang feminim. Gaya saya lebih tomboy bila dibandingkan teman-teman perempuan saya yang lain. Mungkin karena saya dikelilingi oleh laki-laki, saudara saya dua-duanya laki-laki. Ketika kuliah saya juga mengambil jurusan yang umumnya diambil kebanyakan laki-laki, teknik elektronika. Karenanya, tak heran bila kawan kuliah saya kebanyakan laki-laki. Mungkin karena ini pula saya juga tak terlalu ambil pusing soal penampilan.
Sejak SD, saya ikut kegiatan perkemahan pramuka. Panas-panasan, mandi lumpur, dan main kotor lainnya adalah hal yang biasa bagi saya. Bila teman-teman perempuan lainnya agak risih dan kapok, saya malah menikmatinya.
Termasuk soal penampilan wajah. Sejak kecil, bila ingin keluar rumah, yang menjadi andalan saya hanyalah rambut yang disisir dan bedak tabur. Sejak mengenakan kerudung sejak SMP, berganti dengan selembar kerudung dan bedak tabur. Hal ini berlanjut hingga SMA, kuliah, dan menikah. Saya hanya belajar memakai makeup ketika mengikuti salah satu lomba pemilihan duta wisata ketika SMA, juga ketika menikah, saat akad dan resepsi.

Alhamdulillah, suami juga tak keberatan bila saya tidak memakai riasan di wajah. Sebenarnya saya tidak benar-benar anti dengan makeup. Hanya saja semakin ke sini, saya semakin risih bila harus terlihat cantik di depan orang lain, apalagi laki-laki. Bibir merah merona, pipi kemerah-merahan, it’s not really me. Tapi bukan berarti kita tampil pucat ya, bila keluar, sekarang saya hanya memastikan wajah tidak lusuh, kadang bisa dengan cuci muka atau dengan sedikit bedak.

Bisa dibilang sejak menikah hingga kini, saya tak pernah lagi memakai riasan wajah, kadang bedak pun tidak. Alhamdulillah karena saya kumpulnya juga tak jauh-jauh dari emak-emak, sampai saat ini tidak ada yang protes. Selain itu, saya juga kumpul dengan emak-emak lain yang juga tidak menggunakan makeup, jadi saya juga tidak ambil pusing, haha. Nah, agar tetap percaya diri meski tanpa makeup, saya punya sedikit tips nih.

1. Perbanyak baca buku

Perbanyak baca buku, terutama tentang kecantikan wanita dari dalam,  motivasi, agama, atau lainnya. Dengan tahu banyak hal baru, kita jadi tidak sibuk memikirkan pendapat orang lain tentang penampilan kita. Enjoy aja to be real you.

2. Hati-hati, makeup bisa jadi tabarruj

Menurut bahasa, tabarruj adalah menampilkan perhiasan kepada lelaki, terutama yang bukan mahrom. Nah, hati-hati, bila niat kita merias wajah adalah menarik perhatian para lelaki,  bisa jadi kita telah tabarruj, sementara ini adalah sesuatu yang dilarang dalam agama.

3. Rajin perawatan di rumah

Sebenarnya meski tanpa makeup, kita tetap bisa tampil cantik alami. Seringlah melakukan perawatan tubuh dan wajah. Sekarang banyak sekali dijual produk kecantikan alami, seperti krim kefir, masker, dan lainnya. Tapi jangan niatkan untuk mendapatkan perhatian laki-laki non mahrom ya, sama saja jadinya.

4. Perbanyak wudhu

Saya pernah membaca tips kecantikan, tapi luoa darimana sumbernya, haha, salah satu cara alami menjaga kecantikan adalah dengan berwudhu. Biasanya orang yang sering berwudhu dan menjaga wudhu, wajahnya akan lebih bercahaya.

5. Ingat mati

Jangan hanya muka yang dipercantik. Tapi akhlak, akidah, dan ilmu juga harus. Ingat, kita tidak hidup selamanya. Menjadi tua dan keriput itu pasti, secanggih apapun teknologinya. Maka daripada sibuk memikirkan bagaimana wajah agar tak keriput, lebih baik kita sibuk memikirkan bagaimana agar mati tak kena siksa di kubur atau neraka, na’udzubillah.

6. Positif thinking

Dengan selalu berpikir positif, kita akan senantiasa optimis dan tak sempat memikirkan pikiran orang lain. Bang Hendi Kurniah seorang motivator pernah mengatakan, porsi sesorang untuk memikirkan diri sendiri itu lebih besar daripada memikirkan orang lain. Maksudnya seseorang akan lebih sibuk memikirkan penampilannya,  daripada penampilan orang lain. Jadi jangan terlalu ge er, haha.

Itu saja sedikit tips ala saya. Bagi saya, mau pakai makeup ataupun tidak, tidak akan mengurangi kadar cantik seorang wanita. Toh kata cantik memang selalu disematkan pada wanita, kan? Kecuali kamu laki-laki, baru dibilang tampan atau ganteng, bukan cantik. Semoga bermanfaat. 🙂

 

 

3 comments

  • Iya ada juga orang yang tanpa make up ayu banget. Tapi kalo pergi yang agak jauh aku ga pede tanpa make up sama sekali minimal bedakan lah

    • juliaamrih

      Kalo sudah terbiasa jadi pede kok Mba’ (jangan dicontoh, haha). Minimal bedakan tipis gitu ya Mba’, biar nggak kayak habis bangun tidur, hehe.

  • Makasi tipsnya mba 🙂 tapi aku masi belum pede kalau kerja ga make up pernah ga make up terus2an dibilang sakit dan disuruh pulang 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *