Alhamdulillah, Akhirnya Adik Berjalan Sendiri

Alhamdulillah, Akhirnya Adik Berjalan Sendiri

 

Meski sudah pernah merasakan masa-masa jadi orang tua baru, tapi ketika adik hadir dalam kehidupan kami, tetap saja kami menantikan setiap perkembangan tumbuh kembangnya. Mulai dari ia tengkurap, merayap, duduk, merangkak, belajar jalan, hingga akhirnya berjalan, tumbuh gigi, dan lainnya.

Tapi buruknya saya, kadang saya sering membandingkan tumbuh kembang si abang dan si adik. Bila dulu abang bisa tengkurap usia begini, lalu saya pun akan menanti si adik apakah sudah bisa atau belum. Tapi sebisa mungkin saya tak mau memaksa atau menjadikan tumbuh kembang si abang patokan saklek untuk tumbuh kembang adik. Karena memang mereka adalah dua individu yang berbeda. Selain itu, mereka besar dengan lingkungan dan suasana yang berbeda.

Abang sebagai anak pertama lahir ketika saya belum punya pengalaman sama sekali tentang membesarkan anak. Jadi setiap saya bingung, saya akan baca buku atau browsing di internet tentang perkembangannya. Kalau si adik lain lagi, saya lebih santai, karena patokannya si abang. Saya sepakat dengan ungkapan yang mengatakan anak pertama dibesarkan dengan teori, anak kedua dengan pengalaman, dan anak ketiga dan seterusnya dengan sendirinya. Karena sepertinya saya memang begitu. Waktu si adik ini saya lebih tenang, lebih santai. Salah satunya adalah tentang berjalan.

Si abang bisa berjalan lancar di usianya 13 bulan. Di usianya yang ke-12 bulan baru si abang berani belajar berjalan, jatuh bangun dan lainnya. Waktu abang dulu, ia sempat memakai baby walker. Kalau tak salah mulai usia sekitar 8 atau 9bulan, ia sudah memakai baby walker.

Tapi ada kejadian buruk yang terjadi kemudian, si abang jatuh nyungsep di teras depan rumah saat sedang bermain dengan baby walkernya.

Akhirnya si adik tak kami belikan lagi. Ia belajar sendir. Mulai dari merangkak, lalu belajar berdiri, meniti tembok, dan akhirnya dia berjalan sendiri. Alhamdulillah di usianya kurang dari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *