Aplikasi Ini Memudahkan Saya saat Ngeblog dari HP

Aplikasi Ini Memudahkan Saya saat Ngeblog dari HP.

Semua bermula ketika si Abang suka nonton boboiboy dari laptop. Kala itu usianya sekitar 1 tahun lebih hampir 2 tahun. Kemudian dilanjutkan Abinya yang mendownload full semua episode di laptop. Sejak saat itu kami hampir tidak pernah bisa menggunakan laptop, kecuali ketika dia tidur. Salah kami sih memang, tidak seharusnya balita seusia abang dikenalkan gadget terlalu sering. Lalu sejak menyadari kesalahan itu, laptop pun akhirnya kami sembunyikan. Tak ada lagi tontonan boboiboy. Tapi akhirnya kami juga harus diam-diam menggunakannya, jangan sampai dia tahu. Kalau sampai dia tahu, maka berujung dengan rengekan dan amukan untuk menonton film kesayangannya. Maka sejak saat itu, saya jadi terbiasa ngeblog menggunakan hape. Tulis menulis di hape, kemudian kirim via chat facebook, lalu posting dari laptop. Tapi belakangan ternyata ribet juga ya, harus kirim sana sini, apalagi stok foto saya banyak di hape ketimbang di laptop. Akhirnya lama kelamaan saya pun asyik ngeblog dari hape. Untuk ikutan one day one post ini pun, saya hanya menggunakan hape, lebih praktis menurut saya.

Untuk memudahkan ketika ngeblog di hape, saya mempunyai beberapa aplikasi andalan. Mau tahu apa saja itu? Lanjut baca ya, hehe.

1. Docs google

Aplikasi ini saya gunakan untuk mengetik draf postingan, sebelum nanti di posting di blog. Sebenarnya baru-baru ini saja sih, menggunakan aplikasi google docs, sebelumnya saya pakai wps office. Tapi menurut saya aplikasi google docs lebih simpel, karena hyperlink yang saya sematkan di wordnya, bisa langsung nyambung ketika saya copy paste ke blog. Soalnya kalau ditulis di laman posting blog, saya agak kesulitan menyematkan link hyperlink, sering eror, haha. Selain itu, di sini juga tersedia word count, jadi bisa tahu sudah berapa kata yang kita tulis, yang biasanya jadi syarat untuk sebuah lomba ataj job. Selain itu, tampilannya juga sederhana dan lebih simpel digunakan.

2. Photogrid

Kalau aplikasi ini saya gunakan untuk edit foto. Saya suka photogrid karena pilihan font dan warna text nya lebih menarik (menurut saya sih, hehe).  Selain itu bisa untuk menggabungkan foto grup sampai 15 foto. Sebagian foto di blog sepradik.com, tulisan di fotonya menggunakan photogrid.

3. Text gram

Saya tahu aplikasi ini dari postingan seorang blogger. Aplikasi ini sering saya pakai untuk edit gambar judul, karena backgroudnya bagus-bagus. Selain itu, kita juga bisa untuk membuat gambar infografis sebagai pelengkap data penulisan kita. Jadi bisa menggabungkan beberapa gambar jadi satu, namun bisa lebih luwes dan tidak kaku.

4. Pics art

Mirip dengan text gram, tapi biasanya pics art ini saya pakai bila hendak menyatukan 2 gambar. Selain itu, pics art bisa digunakan untuk mengubah posisi gambar. Jadi kadang saya gunakan pics art hanya untuk merotate gambar, haha. Selain itu, bisa juga untuk ngecrop utuh foto tanpa background, seperti di photoshop.

Itulah beberapa aplikasi yang sering saya gunakan saat ngeblog di hape. Dulu saya juga menggunakan snapsheed untuk edit foto, kadang saya gunakan aplikasi photo and picture resizer agar ukuran gambar tidak terlalu besar. Selain itu untuk edit video saya gunakan video show, dan ada satu untuk membuat gambar bergerak, tapi sudah terhapus bersama resetnya hape, haha.

Jadi, kamu punya aplikasi andalan juga ketika ngeblog? Sharing di kolom komentar ya. 🙂

Semoga bermanfaat. 🙂

3 comments

  • Wah docs google sepertinya menarik kak..
    Selama ini aisyah ngetik di Google Keep ^^
    Oya aisyah sudah pernah coba semua aplikasi fotonya, tapi lebih suka Snapseed kak..

  • Mbak pakai wordpress ya ini?
    Nggam sekalian dowload aplikasi wordpress aja mbak biar enak postingnya lewat hp.

    Btw, makasih ya buat rekomendasi docs google-nya mbak. Sangat membantu. Selama ini pakai wps agak ribet hehee

  • Pas notebook rusak pernah nyoba, tapi kok ternyata malah gagap rasanya, hehe… Sepertinya perlu dibiasakan nih! Biar bisa nulis kapan aja dimana aja, ya Mbak? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *