Ayo Jelajahi Wisata Pantai Kabupaten Probolinggo dan Sekitarnya untuk Lengkapi Tur Wonderful Indonesiamu!

Wonderful Indonesia

 

Karena terbiasa sering main dan refreshing ke pantai waktu di Bangka dulu, kadang bahkan kami melabeli diri kami sendiri dengan sebutan anak pantai. Ketika akan pindah ke Paiton Probolinggo saya sempat khawatir, apakah di sana akan ada pantai bila saya butuh sejenak tempat untuk melepaskan penat? Akankah saya bisa merasakan nikmatnya main air di pantai lagi? Dan ditambah beberapa kekhawatiran lainnya. Mungkin terdengar lebay ya, tapi kamu juga akan ikut merasakannya bila sejak kecil hingga dewasa tempat mainmu sebagian besar adalah pantai.

Mau perpisahan kelas di pantai. Hari minggu jalan-jalan ke pantai. Ada acara outbond, ke pantai. Kumpul keluarga di pantai. Acara organisasi ke pantai. Jadi ketika di Bangka pantai memang jadi salah satu tujuan liburan yang menyenangkan. Itu pula salah satu alasan pemerintah sana mulai fokus membenahi aset wisata yang satu ini. Karena memang pantai Bangka telah menjadi bagian dari Wonderful Indonesia.

 

Wondeeful Indonesia

Sudah main kemana saja kamu?

Tadinya, saya pikir tempat liburan di daerah Probolinggo hanya akan berupa gunung, sawah, atau taman. Mengingat di sini ada gunung yang telah terkenal keindahannya, gunung bromo. Tapi ternyata saya salah. Secara geografis, kabupaten Probolinggo dikelilingi oleh dua fenomena alam, pantai dan gunung. Jadi bila ke sini di daerah tertentu mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan sebelah kanan sawah yang menghijau dengan latar belakang gunung, sebelah kiri laut biru yang membentang luas, dan kita berada di tengah-tengah keduanya.

Meski menurut saya berbeda dengan pantai yang ada di Bangka, di sana identik dengan pantai berbatu dan pasir putih. Tapi pantai-pantai yang ada di wilayah Probolinggo dan sekitarnya bisa sejenak mengobati kerinduan akan kampung halaman tercinta.

Untuk kamu yang berencana main ke Probolinggo dan sekitarnya, saya sarankan jangan hanya main ke gunungnya saja, sesekali coba main ke pantai di sekitar Probolinggo. Ada apa saja?

 

1. Pantai BJBR

image

Meski tak seperti pantai pada umumnya, BJBR (BeeJay Bakau Resort) sebenarnya merupakan sebuah kawasan pantai dimana lahannya digunakan untuk konservasi bakau. Meskipun begitu kawasan ekowisata yang terletak dekat dengan pelabuhan Mayangan ini tetap menawarkan pesona tersendiri bagi pengunjungnya.

image

Untuk kamu generasi millennials yang suka foto-foto, tempat ini bisa jadi pilihan jalan-jalanmu, karena ada banyak spot instagramable di tempat ini. Jembatan kayu yang menghampar luas dikelilingi pohon bakau yang rindang, akan membuat koleksi fotomu anti mainstream. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk spot foto dengan begron payung tergantung, karena di sini kamu akan dengan mudah menemukannya. Selain itu kamu juga bisa foto ala-ala petani bunga di taman bunga matahari di sini.

Nah, bagi orang tua yang bingung mencari kegiatan apa untuk anaknya, bisa mengajak ke BJBR ini karena sebagian besar hiasan di sini menggunakan barang bekas pakai. Tapi jangan dulu berpikir hasilnya akan jelek ya, malah sebaliknya pengunjung seakan dibuat kagum, kok bisa ya begini.

image

Jangan khawatir gemuk bila sering main ke sini, karena baru-baru ini telah dibangun cycling tracking di atas lahan kurang lebih 6000 meter. Gimana? Paket wisata super lengkap bukan di sini? Kabar baiknya, bila kamu merupakan warga yang tinggal di kota Probolinggo, akan ada potongan 50% untuk tiket masuk ke tempat ini. 

Untuk kamu suami istri yang ingin merasakan suasana romantis di kala malam, bisa menginap di salah satu cottage yang ada.

2. Pantai Bentar

Pantai Bentar

Jembatan kayu di pantai Bentar. Sumber gambar wartabromo.com

Suasana di Pantai Bentar masih mirip dengan BJBR. Bila ke sini kita akan disuguhi pemandangan jembatan kayu di atas laut. Selain itu ada sedikit wahana anak, berupa hewan rusa dan beberapa mainan anak. 

 

3. Pantai Duta

Pantai duta

Pantai Duta

Masih bernuansa bakau, tapi kali ini di pantai Duta kita akan merasakan sensasi berada di tengah-tengah pohon cemara laut. Kini juga telah dibangun jembatan kayu lumayan luas untuk pengunjung sekedar jalan-jalan atau jogging. Di sepanjang jalan ada informasi penting tentang flora atau fauna di pantai Duta.

Pantai Duta

Jembatan kayu di pantai Duta

Kegiatan seru lainnya bila kita berkunjung ke tempat ini adalah kita bisa merasakan sensasi naik kapal beramai-ramai di lautan. Cukup dengan membayar sekitar Rp 10.000 kita sudah bisa menikmati naik kapal buatan nelayan dan berfoto ala-ala di atas kapal.

Pantai Duta

Tanaman cemara laut

Tapi yang perlu diingat, di pantai ini kebersihan dijaga sekali. Jadi pantai dibagi menjadi dua kawasan. Yang sebelah kanan tempat pedagang jualan, semua boleh makan sepuasnya. Di sebelah kiri, area hutan cemara, pengunjung sama sekali tidak boleh membawa makanan atau minuman agar kebersihan senantiasa terjaga.  Di sini kamu juga bisa mengajak anak-anak sekolahmu menanam bakau untuk belajar menanam pohon.

4. Pantai Pantai Bohay

Pantai Bohay

PLTU dari kejauhan di pantai Bohay.

Bosan dengan suasana bakau, mungkin kamu perlu ke pantai BinOr HArmonY ini. Pantai dengan latar belakang kawasan PLTU Paiton ini baru saja dibuka untuk umum. Biasanya pantai ini dibuka hanya saat momen tertentu, saat tahun baru atau lainnya. Kini pantai ini mulai dibuka untuk umum. Cukup bayar parkir seharga Rp 2.000, kita sudah bisa foto-foto dengan latar belakang conveyor batu bara di PLTU.

Pantai Bohay

Saat surut anak-anak bisa mencari kerang.

Selain itu, kita juga bisa melihat perahu nelayan mendarat di pinggir pantai. Bila ingin merasakan suasana lebih, kita bisa menginap di hotel dekat pantai.

 

5. Pantai Tampora

Ingin suasana yang lebih menantang? Kamu bisa istirahat sejenak di pantai yang terletak di desa Banyuglugur Situbondo ini. Pantai yang memang terletak di belakang bukit ini, memiliki akses masuk yang menanjak dan menurun. Untungnya kini jalan telah lebih bagus dan diperbaiki, sehingga memudahkan pengunjung.

Pantai Tampora Situbondo

Laut Pantai Tampora sewaktu pasang.

Pantai ini adalah kawasan pantai yang bibir pantainya ditanami pepohonan seperti hutan. Pada hari biasa pantai ini akan terasa seperti pantai pribadi karena sepi. 

Pantai Tampora Situbondo.

Pantai Tampora dari atas bukit.

6. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih

Emak-emak keasyikan mandi di pantai, haha.

Salah satu ikon khas Situbondo, pantai ini menawarkan pemandangan yang menarik khas pantai pada umumnya. Di sini ada wahana diving, snorkeling, dan berlayar dengan kapal nelayan ke lautan untuk melihat karang. Ada juga penyewaan bantal dan canoe yang akan  membuatmu sedikit melupakan masalah yang ada. Bila beruntung, kita bisa menikmati ikan bakar di pinggir jalan sambil ditemani suara berisik monyet di atas pohon.

 

Itulah beberapa pantai yang ada di daerah Probolinggo dan sekitarnya yang pernah kami kunjungi.  Kamu punya cerita terkait Wonderful Indonesia? Ayo ikutan lomba menulis Wonderful Indonesia Blog Competition dan menangkan hadiahnya.

Wonderful Indonesia blogging competition 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *