Belajar Menasihati Perempuan dari Komik 90++ Nasihat Nabi untuk Perempuan

Wanita itu unik. Dikerasin sedikit marah, dilembutin sedikit, ngelunjak (itu mah saya, hehe). Tapi memang begitulah fitrahnya wanita.

“Selalu wasiatkan kebaikan kepada para wanita. Karena mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk ialah tulang rusuk bagian atas. Jika kalian paksa untuk meluruskan, ia akan patah. Tetapi jika kalian mendiamkannya, ia akan tetap bengkok. Karena itu, wasiatkanlah kebaikan kepada para wanita.” (HR. Al Bukhori, dari Abu Hurairah)

Karenanya, kalau menasehati wanita, nggak boleh terlalu keras, tapi juga nggak boleh terlalu lembut, yang sedang-sedang saja.

Nah, bila biasanya buku tentang nasihat agama itu bahasanya kaku, tipikal buku yang isinya kata-kata tanpa gambar, berbeda dengan komik 90++ Nasihat Nabi untuk Perempuan ini.

Buku karya Angga Priatna terbitan wahyu qalbu ini saya temukan tahun 2016 lalu. Jadi waktu itu, ada bazar buku murah di Sasana krida Kraksaan. Kami pun hunting buku murah mulai dari 5 ribuan. Setelah bolak-balik dan ubek san sini, akhirnya kami menemukan buku ini. 

Tampilan

Menurut saya, dari tampilan luarnya saja, buku ini sudah menarik. Sampulnya warna salem, dilengkapi gambar animasi lucu dan diberi stempel korel, komik religi. Jadi yang mau membaca buku ini sudah bisa menebak bahwa buku ini adalah komik bergambar.

Isi komik

Karena ini adalah komik, jadi isinya full gambar dengan dialog. Jadi ada cerita, dialog, kemudian ada hadist dan nasihat mengenai cerita tersebut. Seperti nasihat tentang melawan perbuatan buruk di bawah ini.

90+ nasihat nabi untuk perempuan

Melawan perbuatan buruk.

Jadi, gambarnya sesuai dengan nasihat atau hadist yang ingin disampaikan. Cocok sekali untuk tipe pembelajar visual.

Terlepas dari hukum menggambar makhluk, tapi menurut saya, dibandingkan membaca komik-komik yang nggak jelas tujuan dan ceritanya, lebih baik beralih ke komik ini. Ada unsur nasihat dan hikmah yang bisa diambil setelah membacanya.

Apa saja nasihatnya?

Sesuai dengan judulnya, 90++ nasihat nabi untuk perempuan, jadi sebagian besar nasihat di buku ini untuk perempuan. Beberapa ada nasihat yang umum. Semua nasihatnya diambil dari hadist nabi.

Jadi nasihatnya dibagi menjadi 4 bab. Bab pertama diberi judul nasihat muslimah. Isinya tentang nasihat-nasihat umum, seperti berjilbab, sedekah, tidak pacaran, berbuat baik kepada tetangga, dan lainnya.

Bab kedua nasihat saat akan dipinang. Ini isinya tentang memilih calon suami dan saran kepada perempuan tentang meringankan mahar ketika mau menikah.

90++ nasihat nabi untuk perempuan

Salah satu nasihat di bab nasihat saat akan dipinang, meringankan mahar untuk perempuan.

Bab ketiga nasihat untuk pernikahan. Isinya tentang berbuat baik kepada suami, menuruti perintah suami, dan mendidik anak.

Bab terakhir tentang nasihat ampunan. Di dalamnya berisi nasihat tentang dosa-dosa yang diampuni, perintah bersabar, dan memohon ampunan pada Allah.

Karena memang sesuai sabda Rasulullah, sebagian besar penghuni neraka adalah perempuan. Namun, sebenarnya wanita atau perempuan itu sangat mudah sekali untuk masuk syurga. Syaratnya cuma dua, taat pada Allah dan suami, InsyaAllah bisa memilih masuk syurga dari pintu manapun.

Dari Anas RA, Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda,” Apabila seorang perempuan mendirikan sholat lima waktu, berpuasa di bulan ramadhan, menjaga kehormatan, dan taat kepada suami, dia akan disuruh memasuki syurga melalui mana-mana pintu yanh dia sukai.” (HR. Ahmad)

Semoga kita termasuk wanita yang bisa masuk syurga dari pintu manapun yang kita mau, Aamiin. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *