Belanja di Toko Basmalah, Tempat Belanja yang Baik

Toko basmalah

Belanja di Toko Basmalah, Tempat Belanja yang Baik

Pada mulanya, ketika kami sedang makan di kedai sop duren di Tanjung, Paiton, Probolinggo sini, kami sempat dikejutkan, lho kok sudah ada bangunan toko lumayan besar seperti ind*****t di seberang kedai ini. Padahal sebelumnya sepertinya tak pernah terlihat ada yang sedang membangun. Atau kami yang tidak terlalu memperhatikan ya? Hehe. Maka kemudian kami mengingat lagi, sebelumnya ini bangunan apa ya? Tapi kemudian lupa, haha.
Jadi di Paiton sini, ada mini market yang baru dibuka, yaitu toko basmalah. Toko bernuansa hijau yang menyediakan aneka kebutuhan seperti sembako, alat tulis dan kantor, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan bayi, perlengkapan ibadah, dan lain-lain. Setidaknya begitulah yang tertulis di spanduk bagian depan toko ini. Di Paiton, toko basmalah sendiri sudah memiliki dua cabang, satu terletak di dekat Bank BRI cabang Paiton, yang satu di daerah Tanjung, setelah MI Paiton. Tapi untuk bangunannya, sepertinya lebih luas yang ada di Tanjung.
Lalu berangkatlah kami sekeluarga, saya, suami dan anak-anak untuk mencoba belanja di sana. Kali pertama, kami hanya sekedar melihat-lihat dan membeli sedikit camilan. Lalu kali kedua kami datang, kami bermaksud membeli popok dan camilan. Nah, dari pengalaman dua kali belanja di Toko Basmalah Paiton 02 yang ada di Tanjung, ini sedikit kesan yang saya rasakan ketika belanja di sana:
1. Tempatnya strategis
Seperti yang saya tulis di atas ya, Toko Basmalah cabang 02 Paiton ini sendiri terletak tidak jauh dari MI Paiton, dan di sana merupakan semacam pusatnya Tanjung, karena terletak di pingginr jalan raya dan dekat dengan pasar. Jadi tak sulit untuk menemukan Toko Basmalah cabang 02 Paiton ini.
2. Parkirnya luas
Tentu bila sedang belanja kita tak mau ribet dengan urusan parkir ya. Nah, pas sekali di Toko Basmalah ini parkirnya lumayan luas dan muat banyak.
3. Tersedia toilet
Bila minimarket lain kesannya menyembunyikan toilet, di toko basmalah ini di bagian depan langsung ditulis, tersedia toilet. Kadang kan repot ya, bila harus ke toilet ketika belanja. Ini salah satu kelebihan belanja di toko basmalah yang saya suka.

Toko basmalah

Toilet di toko basmalah.

4. Bangunannya cukup luas
Seperti kebanyakan ritel lainnya, toko basmalah ini lumayan luas, sehingga bila belanja tak perlu dempet-dempetan, haha.
5. Di dalam toko dingin sekali
Kalau tak salah ada sekitar 4 pendingin ruangan dan semuanya dinyalakan. Jadi kalau sedang di perjalanan dan panas-panasan, bisa untuk sambil ngadem, hehe.
6. Lumayan lengkap
Seperti yang saya tulis di atas, di spanduk bagian depan dijelaskan bahwa toko basmalah menyediakan aneka keperluan. Dan memang begitu adanya. Di dalamnya ada es krim, kebutuhan rumah tangga seperti minyak goreng, kecap, saos, untuk minyak, kecap dan saos mereka distribusikan langsung dari produsen di Sidoarjo. Jadi labelnya sudah dengan nama Sidogiri. Ada beberapa keperluan bayi, camilan, aneka pisau, jam dinding, dompet, popok, lampu, boneka, sandal, dan mainan. Tentu memang tak selengkap bila kita belanja di satu toko khusus ya, tapi bila kita ingin belanja beberapa keperluan di satu tempat, lumayan bisa diandalkan.

Toko basmalah

Minyak goreng merk Sidogiri.

Toko basmalah.

Aneka alat dapur.

Toko basmalah

Sudut popok.

Toko basmalah

Aneka mainan di Toko basmalah.

7. Bersih
Lantainya lumayan bersih dan produknya juga dijaga kebersihannya. Setidaknya untuk dua kali saya belanja di sini. Ke depannya semoga tetap begitu.

Toko basmalah

Tampilan dalam toko Basmalah

8. Diiringi sholawatan atau orang yang mengaji
Jadi bila di toko lain kita akan mendengar hiruk pikuk suara nyanyian atau lagu joget, di sini kita akan diperdengarkan sholawat atau tilawah.
9. Tidak menjual barang haram
Ini yang paling saya suka. Di sini tidak menjual minuman keras, aneka produk dari babi, atau lainnya. Sekilas saya lihat, semua produk makanan sudah berlabel halal MUI. Ini jadi semacam nilai plus ya, karena sebagai muslim kita kan mencari ketenangan, termasuk ketika belanja, nah toko basmalah mencoba membantu dengan hanya menjual barang yang halal.
10. Harga bersaing
Kemarin saya beli popok merk sweet* silver ukuran L 54 pcs hanya seharga Rp 97.000, wuih, mayan ya. Jadi bila dibagi, per pcs bisa dapat Rp 1.700an, sementara di toko ritel lain, biasanya akan dapat seharga Rp2.000 per pcs dengan merk dan ukuran yang sama. Untuk popok yang lain saya tidak terlalu memperhatikan, karena si kecil cocok dengan merk ini. Selain itu, di sini juga tersedia camilan anak-anak ecer. Seperti permen, jadi bisa beli cuma 1 atau 2 pcs. Kadang kan di toko lain harus beli satu pak yang otomatis anak-anak kalau sudah melihat permen satu pak mau langsung dihabiskan. Nah, dengan pilihan membeli ecer ini, bisa meminimalisir kesukaan makan permen si kecil.

Itu saja sedikit kesan ketika saya belanja di Toko Basmalah cabang 02 Paiton. Secara keseluruhan, saya puas berbelanja di sini. Tempatnya strategis, lengkap, dan nyaman. Sesuai jargon yang mereka tulis, toko basmalah, tempat belanja yang baik.
Nah, setelah googling, ternyata toko basmalah ini berdiri di bawah manajemen Koponten ( Koperasi Pondok Pesantren) Sidogiri, yang terletak di daerah Pasuruan. Dengan begini semakin menambah alasan saya untuk belanja di sini. Kapan lagi kita bisa belanja produk anak negeri di negeri sendiri, ya kan? Oh ya, mungkin karena baru buka, dengan belanja minimal Rp 50.000, kita bisa mendapatkan kupon belanja yang nanti akan diundi dan bila beruntung akan ada hadiah menarik menanti.

Toko Basmalah

Kupon undian di toko basmalah. Ada hadiah rice cooker bagi yang beruntung.

Kamu pernah belanja di Toko Basmalah? Sharing di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *