Bepergian Dengan Pesawat

 photo Bepergian dengan pesawat_zpswos89iee.jpg

Bepergian Dengan PesawatKeuntungan paling besar bepergian dengan pesawat adalah dari segi waktu. Jika perjalanan dengan bis atau kereta memakan waktu lebih dari 12 jam, maka dengan pesawat hanya butuh waktu tak lebih dari 2 jam. Apalagi kini promo tiket yang ditawarkan oleh maskapai banyak menguntungkan konsumen. Selain harga murah, konsumen juga dimudahkan dalam hal administrasi. Tak harus pergi ke agent travel atau bandara untuk membeli tiket. Karena kini kita bisa membelinya secara online. Ada beberapa situs yang bisa memberikan informasi tentang jadwal penerbangan. Dari sini kita bisa memilih jenis maskapai apa yang kita inginkan, sekaligus jadwal penerbangan dan harganya.

Sebagai contoh ketika kita ingin pergi ke suatu tempat dengan Pesawat Terbang Lion Air. Maka kita tinggal masuk dalam situs tersebut. Misalnya kita menggunakan traveloka.com. Maka melalui traveloka ini kita bisa mendapatkan informasi tentang harga tiket promo, ketersediaan seat pesawat, sekaligus melakukan booking tiket. Setelah booking tiket, maka kita akan diminta untuk transfer sejumlah harga tiket yang dipesan. Lalu kita akan dikonfirmasi untuk mendapat kode booking. Kode booking inilah yang nantinya digunakan untuk ditukar dengan tiket yang asli saat di bandara.

Selain tiket ada beberapa hal yang kadang terlupakan saat melakukan bepergian dengan pesawat. Oleh karenanya berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan saat akan bepergian dengan pesawat:

 

Membawa kartu identitas

Jangan lupa untuk selalu membawa kartu identitas yang berupa SIM, KTP, atau lainnya. Perlu diingat saat memesan tiket adalah nama harus sesuai dengan yang tertera dalam KTP.

 

Tiket anak

Jika anda memiliki anak berusia di bawah 2 tahun, boleh tidak membeli tiket. Kebanyakan maskapai mengenakan tarif untuk anak di bawah 2 tahun sebesar 10% dari biaya tiket orang dewasa. Namun jika sudah diatas 2 tahun,  sebaiknya memesan tiket tersendiri, karena jika tidak anda akan ditarik harga tiket yang lebih tinggi saat boarding. Tergantung tersedianya seat yang kosong. Karena anak usia di atas 2 tahun dianggap sudah bisa duduk sendiri di pesawat.

 

Membawa barang seperlunya

Sebaiknya bawalah barang sesuai kebutuhan saja, jangan sesuai keinginan, karena jika over bagasi anda akan dikenakan biaya tambahan. Dan juga jangan memasukkan barang berharga dalam bagasi demi keamanan anda. Jika kebetulan membawa barang-barang sensitif, sebaiknya beri tanda sebagai barang pecah belah.

Jika kebetulan anda membawa anak kecil, pastikan semua barang kebutuhannya masuk dalam tas tangan anda untuk memudahkan pengambilan. Jangan sampai tertukar masuk bagasi karena anda akan kesulitan mengambil saat dibutuhkan.

 

Memesan tiket

Pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk mendapat kesempatan harga promo. Karena biasanya harga tiket akan naik saat mendekati hari H. Jangan lupa untuk mengingat kode booking. Hal ini sangat dibutuhkan saat terjadi keteledoran tiket tertinggal di tempat lain. Anda bisa melapor dan meminta cetak ulang pada petugas maskapai. Kode booking biasanya terdiri dari enam digit yang merupakan gabungan dari angka dan huruf. Umumnya dicetak tebal dan tertera pada pojok kiri atau kanan atas pada tiket.

 

Larangan merokok

Semua penerbangan, baik luar maupun dalam negeri akan menerapkan bebas asap rokok. Jadi jika anda adalah seorang perokok, sebaiknya matikan rokok sejak anda memasuki area bandara. Meski demikian anda masih bisa merokok pada tempat-tempat yang telah disediakan khusus untuk perokok.

 

Demikian tips bepergian dengan pesawat, semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *