Buku – buku yang Bisa Dijadikan Referensi dalam Pengasuhan dan Tumbuh Kembang Anak

Saya itu tipe orang yang pemarah. Apalagi sejak menikah dan memiliki anak. Tapi kemudian saya sadar, marah-marah itu tidak baik. Gampang marah itu temannya Syaithan. Karenanya, saya selalu berusaha untuk tidak marah-marah terutama di depan anak-anak. Walau memang sulit, tapi saya terus mencoba. Mulai dari ikut seminar, hingga membaca buku, agar bisa meredam kebiasaan marah-marah saya. Sayangnya, karena tempat tinggal kami jauh dari kota, jadi kesempatan bisa ikut seminar-seminar jarang sekali. Akhirnya saya pun mulai hobi mengumpulkan buku bertema pengasuhan anak, sehingga saya bisa lebih sabar dalam mengasuh anak. Seorang pemateri pernah bilang, kalau mau lebih bersabar dalam menghadapi anak, kita harus tahu dan paham betul apa dan bagaimana perkembangan anak. Jadi kita tidak langsung emosi dan mencap anak negatif, karena sebenarnya mereka sedang tumbuh sesuai dengan tahapannya.

Setelah hampir lima tahun menikah, akhirnya terkumpullah beberapa buku dengan tema pengasuhan dan tumbuh kembang anak. Buku apa saja itu?

1. Buku Propethic Parenting

Buku prophetic parenting ini berisi tata cara mengasuh anak ala Rasulullah. Mulai dari sebelum menikah, memilihkan ibu atau ayah yang baik, tata cara berhubungan suami istri yang baik, agar menghasilkan keturunan yang baik pula. Ada cara mentahnik, teknik memberi hukuman, dan banyak lagi. Semua tipsnya ada dalil sahih, baik berupa kutipan ayat Alqur’an maupun hadist Rasulullah. Dijelaskan pula bila ada yang hadistnya lemah, atau lainnya. Buku ini suami yang beli. (Emang semua buku dibelikan suami sih, hehe). Tapi buku ini dibeli atas kemauan suami sendiri, bukan permintaan saya. Kalau tak salah, beli buku ini tak lama setelah menikah. Meskipun saya belum tamat baca buku ini (emot malu), tapi kami sering membuka buku ini bila sedang mencari referensi dalam mengasuh krucils.

2. Buku Positive Parenting

 

Masih dengan tema yang sama, dengan prophetic parenting, buku ini juga mengangkat tema parenting islami. Hanya saja tidak sedetail prophetic parenting. Buku ini berisi contoh nyata di lapangan atau langsung dari penulis, Muhammad Fauzil Adhim. Ada kalimat motivasi, gambaran fakta dan realita yang terjadi, serta seharusnya bagaimana. Di dalamnya juga ada ayat Alqur’an dan hadist terkait penjelasannya. Buku ini baru sekali tamat saya baca, itupun sudah lama sekali, saat awal-awal si Abang lahir dulu. 

3. Buku Hypnoparenting

Buku ini bercerita tentang parenting dan hipnoterapi. Jadi orangtua bisa belajar cara menanamkan kebaikan pada anak dengan metode hipnoterapi. Dicontohkan juga bagaimana bila anak susah makan, sulit tidur, kecanduan game, serta ada bonus cd audio untuk memudahkan hipnoterapi. Waktu itu beli sebelum punya anak, jadi belum bisa praktik, tapi sekarang setelah punya anak, lupa materinya, huhu.

4. Buku Lima Guru Kecilku bagian 1

Kalau buku ini kayaknya sudah banyak yang tahu ya, bukunya langsung best seller soalnya. Buku ini berisi cerita teh Kiki Barkiah saat mengasuh kelima buah hatinya, sambil jadi guru untuk homeschooling anak-anaknya. Saya mengikuti teh Kiki di facebook, jadi penasaran kok bisa segitu sabarnya menghadapi kelima anaknya. Buku ini berisi cerita kejadian sehari-hari penulisnya. Jadi kalau menurut saya lebih mengena untuk pembaca.

5. Buku Lima Guru Kecilku bagian 2

Masih sama dengan yang pertama, bukunya bercerita tentang pengasuhan sehari-hari teh Kiki Barkiah. Ada sedikit tips juga di dalamnya.

6. Buku Happy Little Soul

Buku ini bercerita tentang seorang anak manis dan lucu bernama Kirana. Hampir mirip dengan teh Kiki Barkiah, buku ini juga cerita mba’ Retno Hening ketika mengasuh Kirana. Ceritanya ringan, bukunya menarik, animasinya juga bagus. Ada sedikit tips anti marah dan resep di dalamnya.

7. Buku Montessori di Rumah

Saya beli buku ini karena penasaran dengan teman di instagram kok rajin sekali main dengan anaknya. Berisi contoh kegiatan bersama anak di rumah. Di bukunya ditulis usia 3 tahun,  sepertinya diperuntukkan untuk anak mulai 3 tahun. Buku ini baru sampai beberapa hari di rumah, jadi baru dibolak-balik saja, belum dibaca.

8. Buku Rumah Main Anak

Mirip dengan buku Montessori di Rumah, tapi yang ini lebih detail, dari usia bayi hingga usia 2 tahun. Beberapa permainan sudah saya coba, tapi sepertinya si Abang belum antusias dengan mainan yang diatur cara mainnya, atau saya yang salah mengarahkannya? Haha.

9. Buku pintar Asi dan Menyusui

Buku ini berisi fakta dan mitos lengkap saat menyusui. Bagaimana ibu bisa tetap berkeras untuk menyusui, ketika melahirkan sesar, air susu masih sedikit, dan banyak tips lainnya. Termasuk agar mengurangi stres ketika baru saja melahirkan. Masih belum selesai dibaca, tapi lumayan bisa untuk diintip kalau butuh penjelasan.

10. Buku Raising YourChild

Buku ini lengkap sekali seputar perkembangan anak. Mulai dari bayi hingga kanak-kanak. Ada tips bila anak demam, apa yang harus dilakukan bila anak infeksi, alergi, dan lainnya. Selain itu ada gambar animasi lucu, jadi lebih mudah dicerna.

11. Buku Menyiapkan Ibu Tangguh

Buku ini dibeli setelah mengikuti seminar Bu Yanti Tanjung dengan tema menjadi orang tua tangguh. Di dalamnya berisi kisah hikmah, pola pengasuhan, dan tips bagaimana ibu agar bisa tetap tangguh mendidik anak dengan cara islam di dunia yang semakin kelam ini.

12. Buku Menyiapkan Anak Tangguh

Masih buku karya Bu Yanti Tanjung, tapi belum sempat dibaca, huhu. Bukunya merupakan lanjutan dari buku sebelumnya. Lebih fokus kepada pengembangan jiwa anak secara islam.

 

Itulah beberapa buku parenting dan pengasuhan yang saya punya. Sebenarnya masih ada satu lagi, buku Anti Panik Mengasuh Bayi, tapi bukunya entah terselip dimana, huhu. Gara-gara bukuna banyak gambar lucu, jadi dikira buku si Abang dan beberapa lembar sudah robek.

Masih sedikit buku yang saya punya, sebagian sudah dibaca, sebagian belum selesai. Semoga setelah ini bisa dibaca lebih dalam lagi dan terpraktikkan. Kalau pesan suami sih, sebanyak apapun bukunya akan kurang optimal, kalau si empunya tidak ada upaya menerapkannya. Semoga saya bisa lebih sabar lagi dalam mengasuh krucils dan saat berinteraksi dengan suami. Big thanks and love for him for all books that he gave to me. Semoga kita bisa berkumpul lagi di jannahNya, Aamiin.

Kamu juga punya buku parenting? Sharing di kolom komentar ya, semoga bermanfaat.:)

#ODOP

#Day5

#bloggermuslimahindonesia

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *