Cara Membuat Akta Kelahiran Gratis 2017

textgram_1492609716

Cara Membuat Akta Kelahiran Gratis
Salah satu resiko tempat kerja jauh dengan rumah adalah harus mau lebih repot dibandingkan yang lain bila ada keperluan mengurusi surat menyurat. Bila tak mau direpotkan, terpaksa minta tolong orang lain. Dan ini terjadi pada kami. Mas suami yang bekerja di Probolinggo terpaksa cuti sehari untuk menyelesaikan proses perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) C nya yang harus diproses di Mojokerto sesuai dengan domisili yang tertera di KTP. Eh, ternyata pengurusan pembuatan akte kelahiran yang kami titipkan pada Bibi suami yang biasa mengurus surat, belum selesai. Katanya pembuatan akte kelahirannya tidak boleh diwakilkan, takut ada pungli alias pungutan liar.
Karenanya, terpaksa saya sendiri yang harus mengurus pembuatan akte kelahiran anak kedua kami, sebab suami sudah kembali bekerja. Kebetulan, selama dua minggu kemarin, kami masih ditinggal suami di rumah mertua di Mojokerto. Akhirnya berangkatlah saya ditemani Bapak mertua dan dua krucils.
Kami berangkat jam 7 pagi dari rumah, karena berdasarkan pengalaman membuat e-ktp dulu, kalau berangkat siang, antriannya akan panjang sekali. Sekitar 7.15 kami pun sampai di Dispenduk dan Capil Mojokerto. Sampai di sana, ternyata kantor masih tutup, meski beberapa pegawai sudah bersiap-siap. Barulah sekitar 7.30 pegawai capil keluar di meja depan gedung khusus untuk melayani tanya jawab seputar syarat-syarat pembuatan akte kelahiran, e-ktp, dan lainnya.

Membuat akta kelahiran gratis

Di meja ini nanti petugas menjelaskan persyaratan pembuatan akta kelahiran.

Sebenarnya, proses pembuatan akte kelahiran ini cepat sekali, tinggal menyerahkan semua dokumen persyaratan, kemudian tunggu beberapa jam, akte kelahiran pun selesai. Tapi sayangnya, bagi mereka yang rumahnya jauh dan belum tahu persyaratannya, harus bolak balik untuk melengkapi persyaratan dokumen.
Berikut ini persyaratan pembuatan akte kelahiran:

Membuat akta kelahiran gratis

Persyaratan membuat akta kelahiran 2017

1. Mengisi surat permohonan pembuatan akte kelahiran, yang bisa diambil di Dispenduk dan Capil.

Surat permohonan ini harus ditanda tangani kepala desa atau kelurahan, dua orang saksi, dan tanda tangan dengan materai 6000 oleh pemohon. Ini yang lumayan buat saya kerepotan. Pasalnya saya memboyong dua krucils ke capil. Lha, kalau harus bolak-balik, kasihan si adek yang baru 1,5 bulan, kepanasan. Akhirnya terpaksa merepotkan ayah mertua kembali ke rumah minta tanda tangan kakak Β ipar, lalu membeli materai. Terima kasih ya Ayah. πŸ™‚

2. Surat kelahiran asli dari dokter atau bidan

Surat ini bisa didapatkan dari bidan atau dokter pembantu kelahiran. Bisa di klinik bersalin atau rumah sakit. Bagi yang sudah mendapatkan buku pink, buku kesehatan ibu dan anak, tinggal meminta pembantu kelahiran mengisi data yang ada di dalam buku tersebut. Nanti tinggal robek dari situ.

3. Foto copy kartu keluarga terbaru dan KTP orang tua

Jadi sebelum membuat akta kelahiran, terlebih dahulu kita harus meletakkan si bayi yang baru lahir ke dalam dokumen kartu keluarga. Jadi kartu keluarga yang lama harus update terlebih dahulu. Syarat membuat kartu keluarga baru ini pun mudah sekali. Cukup melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Mengisi surat permohonan, berisikan data anak, mulai dari nama, tempat kelahiran dan tanggal lahir. Surat ini ditandatangani si pemohon.
  2. Foto copy surat kelahiran
  3. Foto copy KTP orang tua

4. Foto copy buku nikah legalisir

Ini juga cukup membuat bolak-balik ya. Tapi Alhamdulillahnya sebelumnya buku nikah kami sudah difoto copy oleh bibi suami dan juga sudah dilegalisir.

5. Foto copy KTP 2 orang saksi

Awalnya berita yang saya dengar harus mendatangkan saksi. Tapi ternyata tidak perlu, cukup tanda tangan dan KTP nya saja.

Nah, bila semua syarat sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal menunggu proses pembuatannya selesai. Terlebih dahulu kita harus meminta nomor antrian untuk tujuan pembuatan akta kelahiran. Setelah nomornya diberikan kemudian giliran kita dipanggil, kita tinggal menyerahkan dokumen persyaratannya saja. Kemudian saya diminta menandatangani selembar kertas, lalu menunggu.

Membuat akta kelahiran gratis

Meja tempat pengumpulan dokumen. Nanti kita akan diarahkan menuju loket mana sesuai keperluan.

Kurang lebih 2 jam kami menunggu, akta kelahiran si adek pun selesai dibuat.

Membuat akta kelahiran gratis

Adek dan Abang pun ikut menunggu di mushola.

Alhamdulillah tidak dipungut biaya sama sekali. Semuanya gratis. Harusnya semua pelayanan umum memang seperti ini ya, toh kan para petugas sudah dibiayai negara untuk pekerjaannya tersebut. Oh ya, semua KTP yang digunakan harus sudah menggunakan elektronik KTP ya, terutama si pemohon atau orang tua.

Baca:Lika-liku Pembuatan E-KTP di Kabupaten Mojokerto

Segitu dulu sharing saya tentang pembuatan akta kelahiran. Saran saya, datanglah pagi-pagi agar tidak menunggu terlalu lama karena mengantri.

Membuat akta kelahiran gratis

Mengantri di dalam ruangan.

Membuat akta kelahiran gratis

Menunggu di luar ruangan.

Sediakan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan, jadi tidak terlalu sering riwa riwi. Semoga bermanfaat.:)

28 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *