Cara Pesan Sewa Mobil di Trac Astra

 photo PicsArt_01-05-04.19.34_zpssfhwb8tv.jpg

Cara Pesan Sewa Mobil di Trac Astra (picture taken from pixabay).

 

Di musim libur panjang seperti ini, pastinya kita memiliki rencana liburan sendiri bersama keluarga. Bagi sebagian orang, liburan dengan membawa kendaraan sendiri akan lebih mudah bila dibandingkan dengan memanfaatkan transportasi umum. Selain kenyamanan yang terjamin, kita juga akan lebih leluasa menentukan tempat mana yang harus dikunjungi. Hal inilah yang mendorong banyak orang yang tidak memiliki kendaraan sendiri untuk menyewa sebuah kendaraan yang nyaman untuk digunakan selama liburan. Salah satu tempat yang menyediakan jasa penyewaan mobil adalah PT. TRAC Astra Rent A Car yang bisa dijadikan sebagai referensi tempat sewa mobil untuk liburan bersama keluarga Anda.

 

Tata Cara Sewa Mobil yang Harus Diperhatikan

 

Trac merupakan salah satu layanan dalam penyewaan mobil baik itu untuk individu ataupun perusahaan. Perusahaan penyedia layanan jasa rental mobil ini menyediakan berbagai macam jenis mobil yang bisa disewa baik untuk jangka waktu pendek ataupun untuk jangka waktu yang cukup panjang. Namun, sebelum kita memutuskan untuk menyewa mobil, ada beberapa cara yang perlu diketahui. Beberapa cara tersebut antara lain:

 

1. Memastikan Kebutuhan Terlebih Dahulu

Sebelum memutuskan untuk sewa mobil di Trac, kita harus memastikan apa kebutuhannya. Harus tahu tujuan dalam menyewa mobil, apakah untuk berlibur ke daerah pegunungan, untuk berlibur ke daerah pantai, untuk acara keluarga ataupun untuk keperluan lainnya. Memastikan kebutuhan itu sangat penting agar kita dapat memilih jenis mobil yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita nantinya.

 

2. Memastikan Jumlah Penumpang

Sebelum memutuskan untuk menyewa mobil, pastikan jumlah penumpang atau orang-orang yang akan ikut di dalam mobil tersebut. Memastikan jumlah penumpang sangat diperlukan, agar kita bisa memilih mobil yang tepat dan sesuai dengan jumlah penumpang yang ada. Karena jika kapasitas mobil yang disewa tidak sesuai dengan kapasitas yang akan diangkut maka akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang, akibatnya penumpang harus berdesak-desakan di dalam mobil. Selain itu, mobil dengan kelebihan muatan akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

 

3. Memilih Mobil Berdasarkan Harga Sewa yang Pas

Setelah memastikan kebutuhan dan kapasitas orang yang akan diangkut, langkah selanjutnya adalah menentukan harga sewa. Pilihlah mobil dengan harga sewa yang sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Jika budget terbatas maka sewalah mobil dengan spesifikasi yang standar saja, asal dapat memenuhi kebutuhan dan bisa mengangkut jumlah orang yang akan ikut dengan mobil kita. Tak perlu khawatir, karena layanan sewa mobil dari Trac Astra menyediakan berbagai macam pilihan mobil beserta harganya sehingga kita bebas memilih mobil yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

 

4. Cek Kondisi Mobil

Setelah menentukan mobil mana yang akan disewa, langkah selanjutnya adalah memeriksa keadaan mobil. Cek dari kondisi mesinnya, remnya dan masih banyak lagi. Agar keamanan kita dan keluarga selama di perjalanan menjadi terjamin. Jangan lupa  untuk memastikan mobil yang disewa harus dalam keadaan yang benar-benar baik.

 

5. Cek Kelengkapan Surat-Surat Mobil

Selanjutnya adalah mengecek kelengkapan surat-surat mobil. Surat-surat mobil tersebut meliputi BPKB, STNK dan dokumen penting lainnya. Pemeriksaan kelengkapan surat-surat mobil dilakukan agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa saja terjadi.

Setelah memastikan tata cara sewa mobil, kini saatnya untuk memesan mobil yang ingin disewa. Di trac ini kita diberi dua pilihan, sewa dengan supir atau setir sendiri. Untuk kamu yang memilih setir sendiri, terlebih dahulu harus mendaftar sebagai member, dan mengisi kelengkapan data, diantaranya: nama lengkap, kartu kredit, alamat, sim, KTP, dan lokasi rental.

Sementara untuk sewa dengan supir, ada dua pilihan, yaitu 4 jam dan 12 jam. Saya coba pesan sewa mobil dengan kedua pilihan tersebut. Setelah memilih pilihan waktu sewa dan lokasi, kita akan dipilihkan pilihan mobil sesuai lokasi. Jadi saya coba pesan untuk 4 jam dari tanggal 10-12 Januari di Malang. Pilihan mobilnya adalah innova dan avanza. Dengan perbandingan harga, innova Rp 800.000 per 4 jam dan avanza Rp 620.000 per 4 jam. Itu sudah termasuk biaya supir, bensin, dan parkir. Untuk jam tambahan, innova Rp 163.000 dan avanza Rp 138.000.

Sementara untuk pilihan sewa 12 jam, pada hari yang sama dan lokasi yang sama, harganya adalah Rp 1.580.000 untuk innova dan Rp 1.260.000 untuk avanza.

Cara pesannya cukup mudah, cukup pilih jam, lokasi sewa dan lokasi penjemputan. Setelah itu, kita akan diminta mengisi data diri dan pembayaran.

Menurut saya ini jauh lebih menyenangkan dibanding harus merental manual. Karena saya pernah punya pengalaman tidak menyenangkan dengan sewa mobil manual. Sopirnya sembarangan meminta tambahan biaya sewa. Kalau tidak diberikan, alasannya dimarahin tuannya lah, dan sebagainya, padahal di awal kita sudah deal dengan si pemilik. Tapi antara pemilik dengan supir sepertinya tidak terjalin komunikasi yang baik, sehingga kadang seenaknya sendiri dengan penumpangnya. Kalau harga sudah tertera di awal begini, kan kita jadi nggak sungkan. Semua info terkait pembayaran sudah beres di awal. Jadi kita tinggal liburan aja, asyik kan?

Demikianlah beberapa tata cara yang harus diperhatikan ketika kita akan menyewa mobil di Trac Astra. Untuk info lebih lanjut mengenai layanan sewa mobil ini, kamu bisa mengunjungi website resminya di trac.astra.co.id. Semoga bermanfaat dan enjoy your holiday! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *