DIY Menghias Sandal Japit Agar Lebih Cantik

DIY Menghias Sandal Japit Agar Lebih Cantik

DIY Menghias Sandal Japit Agar Lebih Cantik.

Assalamu’alaikum pembaca sepradik.com, apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Alhamdulilllah, walaupun hanya seminggu sekali blog ini masih diisi dengan postingan baru. (Kemudian tutup muka karena malu).
Setelah punya dua anak dan berusaha agar para bocah tidak kecanduan gadget, konsekuensinya adalah si Emak nggak boleh berlama-lama maen gadget. Lama sedikit muncul protes,” Mi, jangan main hp, nanti otaknya rusak!”
Jadilah saya hanya bisa sesekali sebentar-sebentar lihat notifikasi atau tawaran job (paling cepet kalo ini mah, hihi).
Agar tetap waras, saya pun masih ikut berbagai kegiatan di luar rumah bersama para ibu, arisan, pengajian dan lainnya. Seperti selasa kemarin, di paguyuban ibu-ibu istri karyawan tempat suami bekerja, diadakan arisan rutin bulanan. Kali ini agendanya adalah menghias sandal agar lebih cantik.

Pas sekali minggu ini tema collablogging kami adalah DIY. Nah, kalau Mba’ Alfu menulis cara membuat key cover, maka kali ini saya akan menulis step by step cara menghias sandal japit. Simak terus sampai selesai ya, hehe.

DIY Menghias Sandal Japit

DIY menghias sandal japit.

Alat dan bahan yang digunakan.

Alat dan bahan: 

1. Gunting
2. Lem tembak
3. Sepasang sandal japit
4. Pita
5. Potongan kain perca untuk bunga
6. Darkon
7. Jarum dan benang

Cara membuat: 

Untuk cara membuat, saya bedakan menjadi 3 langkah ya. Yang pertama melilitkan pita pada tali sandal, lalu membuat bagian tengah bunga, dan terakhir membuat kelopak bunga, lalu menempelkannya pada sandal.

1. Menghias tali sandal dengan pita.

Diy menghias sandal

Melilitkan pita pada sandal.

Ukuran pita tergantung ukuran sandal ya. Lilitkan pita menutupi tali sandal. Agar lebih rapi dan tidak mudah lepas, jangan lupa diberi lem tembak setiap melilitkan pita. Gambar nomor 3 adalah hasil jadi setelah dililit pita. Lebih rapi kan? Hehe. Jangan lupa kanan dan kiri yang dililit ya.

2. Membuat bagian tengah bunga

Diy menghias sandal

Menjahit bagian tengah bunga.

Untuk membuat bagian tengah bunga, potong kain perca dengan diameter kurang lebih 6 cm. Lalu jahit jelujur bagian kain yang tidak terang, mengikuti lingkaran (gambar 1, 2, dan 3). Setelah selesai, tarik benang hingga seperti gambar 4, lalu masukkan darkon seperti gambar 5, dan jadilah bagian tengah bunga. Ulangi untuk bagian tengah bunga satunya.

3. Menjahit kelopak bunga

Diy menghias sandal

Menjahit kelopak bunga.

Masih sama dengan cara membuat bagian tengah bunga, hanya saja kali ini dilipat dulu dan ada lima kain. Ambil kain perca, potong menjadi lima lingkaran dengan diameter kurang lebih 6 cm, kemudian lipat menjadi setengah lingkaran, lalu jahit jelujur mengikuti setengah lingkaran seperti gambar 1 dan 2. Tapi jangan dimatikan dulu benangnya, lanjut sampai lima kain perca setengah lingkaran (lihat gambar 3). Setelah selesai, tarik semua kain yang sudah dijahit, lalu satukan kemudian diikat (lihat gambar 4). Lalu, ambil bagian tengah bunga, masukkan ke bagian tengah kelopak, lalu jahit (lihat gambar 5). Setelah dijahit, jadilah sebuah bunga seperti di gambar 6. Ulangi lagi untuk bunga kedua.

Setelah bunga selesai dibuat, tempelkan bunga pada tali sandal. Posisinya terserah selera ya. Agar tidak mudah lepas, jahit bunga pada tali sandal. Dan jadilah sandal japit yang lebih cantik. Hehe.

 

Diy Menghias sandal

Sandal japit pun selesai dihias.

Selain untuk dipakai sendiri, sandal japit manis ini juga bisa jadi ide usaha lho!

Gimana? Menurut kamu sandalnya jadi lebih cantik kan? (Jawab iya aja ya, hehe). Kamu juga punya ide DIY seperti saya dan Mba’ Alfu? Sharing di kolom komentar yuk! Semoga bermanfaat ya. 🙂

14 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *