Ibu, Miliki Beberapa Hal Ini Saat Mengasuh Si Buah Hati

Assalamu’alaikum pembaca sepradik.com semua. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah ya, Aamiin.

Ini adalah postingan pertama saya di bulan Juli (kayak judul film ya? Haha). Sejak memiliki dua anak, yang satu berusia 3 tahun, yang satu usia 5 bulan, waktu saya untuk ngeblog semakin terbatas(padahal mah sebenarnya males, huhu). Gimana nggak terbatas, setiap hari, mulai dari membuka mata sampai menutup mata lagi, dunia saya dipenuhi dengan segala sesuatu tentang duo krucils. (Ya iyalah, saya Emaknya haha). Bangun tidur, setelah sholat subuh, saya harus bersiap-siap masak, jika tidak itu berarti Abang akan terlambat makan pagi dan tidak ada masakan saya untuk orang serumah kala itu. Karena saya nggak bisa masak bila duo krucils terbangun, kecuali terpaksa, haha. Bila ini terjadi, akhirnya menu masakan warung yang akan tersaji di meja. Sayangnya warung makan di tempat tinggal kami menunya kadang itu-itu saja, sehingga kadang si Abang suka bosan dan menolak makan.

Sambil masak, saya harus pintar-pintar mengatur waktu untuk juga mencuci piring dan baju. Karena lagi-lagi, bila tidak segera dicuci, maka terbitlah tumpukkan baju dan piring di dapur. Untung ada bantuan mesin untuk urusan cuci baju.

Setelah masak dan mencuci beres, saya harus berlomba dengan waktu bangun para krucils untuk selanjutnya mandi dan menjemur baju. Setelah itu barulah bermain dengan si kecil sembari menyuapi lalu memandikan mereka. Sampai jam tidur siang datang, dan kami pun tidur bersama, haha. Itu adalah kegiatan rutin ideal bila saya sedang rajin. Nah, bila sedang malas, rutinitas di atas, banyak sekali yang melenceng, huhu. Saya memang masih terus belajar untuk jadi ibu dan istri yang baik. Walau seringnya jauh dari sempurna, huhu. Nah, menurut saya, untuk bisa menjadi ibu yang baik, setidaknya ada 10 checklist ideal yang harus dimiliki. Sehingga Ibu bisa memaksimalkan perannya sebagai ibu sebaik mungkin.

1. Taat kepada Allah

Allah lah yang mengatur segala apapun yang ada di dunia, termasuk di dalamnya peran sebagai ibu dalam keluarga. Nah untuk memudahkan pekerjaan sebagai ibu, salah satunya adalah berdo’a. Sebagaimana firman Allah dalam Alqur’an, “Berdo’alah padaku, niscaya kukabulkan”, maka InsyaAllah bukan hal yang sulit untuk Allah memudahkan semua pekerjaan kita sebagai ibu.

2. Stok sayang dan sabar yang berlimpah

Kalau sayang ibu mah jangan ditanya ya. Nah, soal sabar ini yang saya masih terus belajar T_T. Tentunya ibu baik adalah ibu yang selalu sabar dalam mengasuh anak-anaknya. Kalau sayang dan sabarnya berlimpah, kemungkinan ibu bisa mencetak generasi yang bahagia. Apalagi bila anaknya sudah lebih dari satu dan masih balita, harus bisa punya kadar sabar to the max!

3. Standar rapi yang rendah

Saya acungin jempol untuk rumah para ibu yang memiliki balita di rumahnya, apalagi yang lebih dari satu, rumahnya kling-kling tanpa noda dan debu, serta rapi. Kadang baru saja dibersihkan, langsung berantakan seketika. Makanya, ibu harus punya standar kebersihan yang rendah agar tidak mudah stres bila rumahnya mudah berantakan.

4. Suami yang mau diajak bekerja sama

Bila suami mau diajak bekerja sama, ibu lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya. Misalnya, ibu memasak, sementara ayah menjaga anak.

5. Stok makanan yang berlimpah di dalam kulkas

Biasanya, ibu dengan banyak anak lebih gampang stres dibandingkan yang punya anak sedikit. Salah satu penawarnya bisa dengan selalu menyediakan makanan kesukaan  di kulkas. Begitu emosi menegang, langsung cemal cemil agar tetap Ibu tetap waras.

6. Rajin

Ibu yang rajin akan membuat pekerjaan cepat selesai. Sehingga pekerjaan segera beres dan tidak menumpuk.

7. Kreatif

Agar anak-anak senang, ibu harus bisa mengupayakan kegiatan-kegiatan bermain sambil belajar yang optimal. Ibu kreatif akan lebih mudah melakukannya.

8. Gampang bahagia

Jadi ibu dengan banyak anak itu gampang stres. Anak yang satu nangis, anak yang lain ikut nangis. Ditambah anak yang ini minta ini, anak yang itu minta ini. Kadang-kadang perilaku mereka tidak seperti yang kia harapkan. Adakalanya marah dan kesal melanda (itu mah saya, huhu). Karenanya, untuk selalu waras, perlu sekali bagi ibu untuk menjadi pribadi yang gampang bahagia. Melihat tawa anak-anak, pelukan mereka, celotehan mereka, dan lainnya. Sehingga emosinya bisa langsung reset ke emosi baik.

9. Mudah memaafkan

Kadang anak-anak memecahkan barang yang kita suka. Mengotori rumah yang baru dibersihkan. Berteriak marah-marah kepada kita di depan umum, dan lainnya. Bila ibu tak bisa menjadi pribadi yang gampang memaafkan, setiap hari rumah akan dipenuhi kemarahan kita.

10. Fisik yang kuat dan sehat

Ini yang paling penting: Ibu nggak boleh sakit. Bila ibu sakit, semua pekerjaan akan terbengkalai dan menumpuk. Namun yang namanya manusia, tentu pernah sakit.  Bila ini terjadi, ibu harus melakukan beberapa hal diantaranya istirahat, makan makanan bergizi, bila perlu minum vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Adalah Theragran M multivitamin yang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Theragran M untuk membantu mempercepat pemulihan saat Ibu sakit.

Kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

Komposisi vitamin dalam Theragran M

Kesemua checklist di atas adalah hal-hal yang menurut saya seharusnya dimiliki ibu agar bisa maksimal melaksanakan tugasnya, apalagi bila anaknya banyak. Untuk mendapatkannya ada proses panjang yang harus dilalui. Jadi ibu itu emang nggak gampang ya, tapi pasti bisa bila kita mau terus belajar dan terus belajar. Semoga kita semua bisa jadi ibu yang baik untuk anak-anak kita, Aamiin.  Semoga bermanfaat. 🙂

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *