Ini Dia 8 Kategori dari Blog Sepradik.com

Ini Dia 8 Kategori dari Blog Sepradik.com ( picture credit to pixabay)

 

Sejak pertama membuat blog, saya tak pernah memikirkan apa yang akan saya tulis di blog nantinya. Apalagi waktu itu cuma iseng. Tapi makin ke sini, saya makin tahu bahwa membuat blog dengan niche yang spesifik akan memudahkan penulis dan orang lain mengenang blog tersebut. Misalnya saja seorang blogger yang sering menulis traveling di blognya. Bila suatu saat seorang pembaca butuh tulisan-tulisan tentang traveling, tentu dia akan langsung menuju blog traveling tadi. Apalagi bila gaya penulisannya khas, akan semakin bagus untuk performa blog tersebut.

Tapi sayangnya, saya orangnya cukup moodian, sehingga gampang ingin gonta ganti tulisan. Kadang menulis tentang parenting, kadang traveling, atau lainnya. Akhirnya saya kelompokkan sebagian besar isi blog ini menjadi 8 kategori utama. Apa saja itu?

  1. Cerita emak

 

Sesuai dengan tagline blog ini, curhatnya emak rempong, maka sebagian besar isi blog ini adalah curhat saya sebagai emak-emak, haha. Mau bagaimana lagi, saya bukanlah ahli dalam satu bidang tertentu. Dulu kuliah saya di jurusan teknik elektronika. Nilai saya lumayan bagus, but I’m not perfect at that. Lalu saya pernah menjadi guru kursus  bahasa Inggris, tapi sama juga, yang saya bisa masih sedikit, haha. Akhirnya daripada takut salah, lebih baik saya menulis tentang keseharian saya saja. Tentang pemikiran, dan lainnya. Pernah suatu waktu saya menulis tentang cara membuat akte kelahiran, dan respon pembaca sangat baik. Bahkan tema ini sempat jadi top rank writing di blog ini.

Yang mau baca tulisannya: Cara Membuat Akta Kelahiran Gratis 2017.

 

2.Curhat parenting

 

Alhamdulillah akhirnya Allah memberikan kami kesempatan untuk menikmati indahnya jadi orang tua. Setelah dua tahun menikah, anak pertama kami lahir. Lalu sekitar tiga tahun setelahnya si adik lahir juga. Cerita tentang saya membersamai kedua buah hati inilah, yang kemudian saya tulis di blog untuk katogeri traveling. Meski memang bukan pakarnya, tapi saya menuliskannya berdasarkan pengalaman. Tulisan ini lumayan sering diposting, sehingga ada lumayan banyak tulisan parenting di blog ini.

 

  1. Review produk

 

Sebagai emak-emak penyuka barang gratis, tentu saya akan sangat senang sekali bila ada yang menawarkan produknya untuk direview. Mulai dari makanan, aplikasi, hp, kamera, dan lainnya. Meski kadang reviewnya berbayar, tapi tetap saya usahakan untuk menulisnya dengan jujur, sesuai dengan apa yang saya rasakan. Makanya saya jarang dan tak jago membuat review produk kecantikan, karena untuk melihat hasilnya membutuhkan waktu dan saya tidak telaten, haha.

 

  1. Lomba blog

 

Dulu saya sering sekali mengikuti lomba blog. Melihat orang lain menang dan ketika membaca tulisannya, kok sepertinya saya juga bisa menulis seperti dia (pede banget ya, haha), membuat saya lebih yakin saat mengikuti lomba blog. Tapi sayangnya saya jarang sekali menang lomba blog. Mungkin karena tulisannya kurang mendalam dan infografis yang kurang. Akhirnya makin ke sini saya makin jarang ikut lomba blog, karena sadar, saya belum bisa maksimal untuk tulisan yang bagus seperti para pemenang lomba blog tersebut. Bisa menulis blog di tengah kesibukan sehari-hari saja sudah merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya. Saya mencoba berpikir positif, barangkali bukan di lomba rezeki saya. Bisa dari suami misalnya, haha.

 

  1. Traveling

 

Saya lahir dan besar di Bangka Belitung. Lalu menikah dan berdomisili di Paiton Probolinggo. Sementara keluarga suami ada di Mojokerto. Setiap tahun, kami usahakan untuk pulang bersilaturrahim dengan ayah dan ibu di Pangkalpinang. Lalu maksimal dua bulan sekali kami pulang ke Mojokerto. Karena sering wara wiri inilah, kami jadi keluarga yang lumayan sering traveling. Terutama untuk daerah Probolinggo, Mojokerto hingga Bangka Belitung. Daripada foto-foto yang diambil hanya memenuhi memori hp, maka saya putuskan untuk menuliskannya di blog, hingga lahirlah kategori traveling di blog ini.

 

  1. Resep emak

Saya sering masak. Sekarang dibandingkan beli, saya lebih sering masak sendiri. Tapi tentu bukan menu yang berat, masih seputar menu ringan seperti cah kangkung, mie goreng, lodeh, rawon, soto, aneka tumisan dan lalapan. Sesekali saya juga membuat makanan ringan seperti pempek, bakso, roti, dan lainnya. Karena itu, kategori ini saya buat juga di blog sepradik.com. Salah satu tujuan terbesarnya adalah agar saya tak lupa resep, haha. Jadi kalau mau masak lagi, tinggal cari di blog sendiri.

 

  1. Review buku

 

Saya memang bukan penggila buku. Tapi sebagai seseorang yang bercita-cita menjadi penulis buku, tentang saya harus sering dan banyak-banyak membaca buku. Sedikit dari buku yang saya baca saya tuliskan reviewnya di blog ini dengan kategori review buku. Selain ada juga tentang buku anak. Dengan begini suatu saat bila saya membutuhkan ringkasannya lagi, saya bisa mencari di blog. Sayangnya masih agak malas menulis tentang review buku, hehe.

 

  1. Kisah sahabat

 

Kalau kategori ini semata agar saya lebih semangat lagi mendalami kisah para sahabat kemudian menuliskannya. Meski sampai saat ini baru ada tiga tulisan di kategori ini.

 

Itulah 8 kategori isi blog yang ada di sepradik.com. Ini merupakan jawaban atas #BPN30daysChallenge dengan tema tulisan tema blog yang disukai. Jadi kamu paling suka kategori tulisan yang mana? Sharing di kolom komentar ya. Semog bermanfaat. 🙂

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *