Ini Dia Beberapa Nutrisi yang Harus Ada Pada Makanan Bayi 7 Bulan Sebagai Pendamping ASI

 

Bayi baru lahir hingga ia menginjak usia 6 bulan sebaiknya hanya diberi ASI saja sebagai asupan nutrisinya. Hal ini dikarenakan system pencernaan bayi yang masih belum maksimal sehingga memberikan makanan lain sangat rentan dan bisa menyebabkan gangguan saluran cerna dikemudian hari. Pemberian makanan selain ASI bisa dilakukan mulai bayi berusia 6 bulan atau lebih. Tentu saja makanan pertama non ASI yang bisa diberikan adalah makanan yang lembut karena bayi belum memiliki gigi untuk mengunyah dan lambungnya pun belum tumbuh maksimal. Kehati-hatian memilih makanan bayi 7 bulan diperlukan agar tidak salah saat memberikan makanan pada bayi yang bisa berakibat fatal.

Selain memiliki tekstur lembut, bahan makanan yang digunakan untuk membuat makanan bayi perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan karena melalui makananlah manusia mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Apalagi bayi berada dalam masa pertumbuhan dimana nutrisi yang diperlukan haruslah tercukupi agar tidak terjadi mal nutrisi. Sayangnya bayi sendiri belum bisa meminta makanan ketika lapar atau menolak makanan yang membuat tubuhnya sakit sehingga Anda sebagai orang tua mesti pintar dalam memilih jenis makanan yang bermanfaat dan mana yang kurang bermanfaat atau bahkan dilarang untuk diberikan.

Bayi usia 7 bulan belum memiliki gigi yang bisa ia gunakan untuk membantu memotong atau mengunyah. Karenanya makanan yang lembut merupakan syarat mutlak makanan bayi yang boleh diberikan padanya. Melembutkan bahan makanan sebelum diolah bisa dilakukan dengan cara dikukus, di tim hingga di blender terlebih dahulu. Selain itu memilih makanan yang sudah memiliki tekstur halus juga bisa dilakukan misalnya buah pisang matang atau buah alpukat matang yang diambil sedikit demi sedikit menggunakan sendok.

Selain tekstur, bahan makanan bayi 7 bulan juga perlu diperhatikan untuk memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Berikut ini adalah beberapa jenis kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi oleh makanan bayi:

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi atau tenaga. Bayi usia 7 bulan lebih banyak bergerak sehingga dibutuhkan sumber karbohidrat selain ASI. Namun jumlah asupan karbohidratnya juga tak boleh berlebih untuk menghindari bayi menjadi gemuk atau obesitas.

2. Lemak sehat
Lemak diperlukan dalah jumlah cukup untuk sumber panas tubuh.

3. Mineral
Mineral yang paling banyak dibutuhkan adalah zat besi sebagai katalisator pembentukan sel darah. Selain zat besi, kalsium, fosfor dan mineral lain juga diperlukan terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

4. Vitamin
Berbagai vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Sumber vitamin yang baik adalah buah dan sayur.

Berikut ini adalah contoh menu makanan yang sehat dan baik untuk bayi berusia 7 bulan:

✓ Beras merah.
✓ Beras putih.
✓ Hati ayam.
✓ Tempe.
✓ Labu kuning.
✓ Kentang.
✓ Buah pisang.
✓ Buah alpukat.
✓ Dsb.

Beberapa bahan makanan bayi 7 bulan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah dipasar tradisional. Namun jika Anda kesulitan membuat makanan bayi sendiri, kini Anda juga sudah bisa membeli makanan sehat untuk bayi melalui pemesanan di toko online ataupun di situs belanja online. Anda bisa membeli bubur bayi instan atau makanan organik bayi yang sehat dan dibuat dari bahan menyehatkan. Pastikan Anda memberikan makanan untuk bayi yang mengandung gizi lengkap dan seimbang dengan cara memberi makanan dengan bervariasi. Selain makanan tetap berikan ASI untuk bayi hingga ia berusia 2 tahun. Teruslah semangat dalam memberikan ASI kepada sang buah hati. Meski kelihatannya sangat melelahkan, tapi manfaatnya akan jauh terasa. Anak lebih cerdas, tidak gampang sakit, lebih hemat dan praktis.

Jadi, adakah Bu Ibu yang bulan ini anaknya baru mulai makan makanan tambahan selain ASI? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *