Ini yang Kami Lakukan Agar Bisa Traveling Murah Sekeluarga

Traveling murah

Ini yang kami lakukan agar bisa traveling murah sekeluarga.

Kami sekeluarga suka sekali traveling. Setiap Abinya anak-anak liburan kerja, selalu kami sempatkan untuk keluar. Entah itu ke pantai terdekat, ke kolam renang gratis, atau sekedar muter-muter melihat-lihat sawah.

Karena suami liburnya tak tentu, jadi bila mau liburan yang agak jauh seperti ke luar kota atau lainnya, kami sudah merencanakan perjalanannya jauh hari sebelumnya. Bahkan sampai setahun sebelumnya. Jadi pas awal bulan seperti sekarang ini, kalender sudah ditandai mana yang waktunya libur, mana yang enak untuk ambil cuti, dan lainnya.

Untuk traveling sendiri, kami tak mematok harus yang mahal atau jauh. Yang penting bisa sama-sama. Bila bisa lebih murah, ekonomis dan praktis, lebih disuka, haha. Selama ini tempat luar kota yang sudah kami kunjungi baru Malang, Bangka, dan Jogja. Alhamdulilllah, selama ini traveling yang kami lakukan lumayan low budget. Mulai dari penginapan, transportasi, hingga itinerarynya.

Bagaimana agar bisa traveling murah sekeluarga? Ini beberapa cara yang kami lakukan.

Rencanakan mau traveling kapan dan kemana

Jadi perencanaan ini penting sekali. Kita bisa tahu berapa kira-kira budget yang harus dikeluarkan, mulai dari transportasinya (ini termasuk transportasi selama di tempat ya, becak, angkot, dan lainnya), penginapan, makan, biaya masuk, dan lainnya. Dengan begini, kita jadi tahu berapa budget yang harus kita keluarkan untuk rencana liburan kali ini. Setelah tahu budgetnya, pastikan kita juga merencanakan waktunya. Agar lebih mudah mempersiapkan dana liburannya.

Mulai menabung

Setelah tahu kapan dan kemana liburannya, ini khusus untuk liburan jarak jauh ya, kalau cuma 30 km dari rumah mah, langsung cuss aja, nggak perlu ribet sama persiapan. Tapi kalau mau nabung juga nggak masalah sih, jadi tidak terlalu mengganggu biaya bulanan.

Kan sudah tahu mau kemana dan kapan, maka mulailah menabung, rencanakan berapa yang mau ditabung per bulan atau per harinya. Dengan begitu, ketika hari H, kita hanya sedikit mengambil dari anggaran bulanan. Jadi terasa lebih ringan, bukan?

Download aplikasi traveling

Dengan mendownload aplikasi traveling di hp atau gadget lainnya, kita jadi tahu promo apa yang sedang berlangsung saat itu. Bila dirasa cocok, langsung pesan saja, karena biasanya promo hanya berlaku untuk waktu-waktu tertentu. Kami pernah sama-sama menginap di sebuah hotel di Sidoarjo dengan traveler yang lain. Mereka membayar seharga Rp 280.000 per malam, sementara kami hanya membayat Rp 198.000 per malam. Untuk kualitas kamar yang sama. Waktu itu kamarnya hanya untuk kamar transit untuk ke bandara pagi harinya.

Jangan pergi di saat weekend atau liburan panjang

Agak susah ya untuk yang sudah sekolah. Karena anak-anak masih kecil dan belum sekolah, sementara mas suami juga kadang libur di saat weekday, jadi mudah bagi kami bepergian di saat weekday atau hari kerja. Biasanya biaya masuk atau tiket akan lebih murah dibandingkan saat weekend atau liburan.

Sharing biaya dengan keluarga

Jadi liburannya rame-rame, tidak hanya kita. Biasanya untuk penginapan, ada harganya yang terjangkau namun fasilitasnya oke. Seperti waktu di Pantai Utama Raya Situbondo yang kami kunjungi beberapa waktu lalu. Cottage dengan dua kamar hanya Rp 600 ribuan per malam. Kalau mengajak keluarga besar, tentu jauh lebih murah, bukan? Kita bisa sharing cost dengan yang lain.

Bergabung di grup traveler

Di media sosial ada banyak grup traveler. Mulai dari yang backpacker sampai kelas mewah. Jangan malu bertanya kepada traveler lain yang sudah pernah mengunjungi tempat yang mau kita kunjungi, tentang info harga yang murah atau lainnya. Saya join grup backpacker’s Indonesia, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, Ibu Ibu Doyan Nulis, yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, bisa sebagai tempat bertanya.

Begitulah sedikit trik yang kami lakukan agar bisa traveling murah sekeluarga. Maklum, kantongnya masih pas-pasan, jadi harus bisa hemat sana sini, hehe. Kamu punya tips lainnya? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *