Inilah 4  Software HRIS yang Populer di Indonesia 2018

Software HRIS

Picture credit to pixabay.

 

    Software HRIS kini tengah menjadi tanda kemajuan teknologi di bidang manajemen sumber daya manusia pada suatu perusahaan. Penggunaan software HRIS sudah cukup banyak di Indonesia. Bagi kamu yang masih belum mengerti apakah software HRIS itu, software HRIS itu merupakan sebuah  software yang  berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan mengidentifikasi data dari karyawan maupun calon karyawan pada suatu perusahaan. Software HRIS dinilai memiliki keuntungan yang cukup baik karena dapat membantu pekerjaan Human Resource Development (HRD) menjadi lebih terfokus dan maksimal. Meski begitu, ada berbagai jenis software HRIS yang bisa kamu temukan di berbagai tempat di Indonesia. Dan sayangnya, setiap software HRIS memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk kamu yang hendak memiliki perusahaan atau kamu seorang HRD yang ignin menggunakan Software HRIS sebagai solusi dalam mengelola data para karyawan, pastikan kamu mengetahui 4 tipe software HRIS yang popular di Indonesia pada tahun 2018.

  • Tactical HRIS

Memberikan data pendukung kepada manajer dengan tujuan mengambil keputusan unuk menekan pemborosan sumber daya merupakan fungsi utama dari tipe software yang satu ini. Fungsi dari software HRIS sendiri ada berbagai macam mulai dari rekrutmen, analisis, sampai data manajemen. Pada Tactical HRIS, kamu bisa melakukan beberapa hal antara lain menyediakan data yang berasal dari internal maupun external perusahaan, membuat dan menjalankan rencana perekrutan, membantu HRD dalam memberikan pelatihan dan pengembangan pada karyawan. Jenis HRIS yang satu ini dapat membantu perusahaan dalam mengarahkan orang dengan tepat dan mudah.

  • Strategic HRIS

 Untuk tipe HRIS yang satu ini memiliki fokus dengan negosiasi karyawan dan software pendukung pada posisi tertentu. Tujuan utama dari tipe software yang satu ini adalah untuk mengetahui dengan jelas mengenai sumber daya manusia serta perencanaan pekerjaanya. Strategic HRIS ini bisa kamu manfaatkan untuk membantu merencanakan strategi jangka panjang perusahaan, menyediakan banyak informasi dan laporan guna melakukan negosiasi terhadap vendor, serta membantu dalam perencanaan pengembangan wilayah baru pada suatu perusahaan.

 

  • Comprehensive HRIS

 

Pengoperasian HRIS sudah sangat terintegrasi dan komprehensif karena semua data mengenai perusahaan dan karyawan sudah terdaftar di dalam sana. Tak hanya data mengenai sumber daya manusianya saja yang bisa kamu temukan. Kamu juga bisa menggunakan HRIS untuk analisis perencanaan kerja, job description pada masing-masing posisi, dan masih banyak lagi. Semua itu disimpan dalam  bentuk data yang tertata dengan manajemen basis data yang rapi agar menghasilkan laporan yang komprehensif dan terpercaya. 

  • LinovHR

Software HRIS Terbaik LinovHR bisa menjadi jawaban atas kebutuhan pengelolaan administrative di perusahaan. LinovHR merupakan salah satu aplikasi HRIS yang sudah berbasis cloud yang berarti cukup untuk terhubung ke internet, aplikasi sudah bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi HRIS LinovHR juga memiliki nilai keakuratan dan ketelitian yang cukup tinggi sehingga mempermudah pengelolaan data SDM di perusahaan. Software HRIS LinovHR juga menawarkan berbagai kemudahan yang sangat membantu perusahaan salah satunya user friendly. Tampilan software yang jelas dan simple membuat software ini menjadi pilihan. Payroll software HRIS LinovHR juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga sangat minim terjadinya kebocoran informasi.

 

Nah, itulah 4 tipe software HRIS yang ada di Indonesia saat ini. Kamu pilih yang mana? Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaanmu ya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *