Jerawat, Oh Jerawat!

 photo 20190515_080818_0000_zpsniivomwl.png

Assalamualaikum, Alhamdulillah tak terasa ya ramadhan sudah memasuki minggu kedua. Kali ini tema challenge ramadhan dari Blogger Perempuan adalah tips menghilangkan jerawat. Memangnya kenapa dengan jerawat?

Sejak dulu, yang namanya jerawat ini kemungkinan besar musuhnya adalah perempuan. Laki-laki juga berjerawat, tapi hanya sebagian kecil yang peduli atau risih dengan ini. Sering saya melihat para wanita berjerawat ketika di media sosial, saat mereka posting foto atau video tapi berjerawat,  ada sisipan kalimat, plis jangan fokus ke jerawatnya, atau abaikan saja jerawatnya. Kesannya jerawat adalah sesuatu yang sangat harus dijauhi untuk perempuan.

Jerawat sendiri adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Ada beberapa penyebab jerawat, diantaranya bakteri, kosmetik, obat-obatan, dan hormon. Nah, saya sendiri paling sering dikunjungi jerawat ketika menjelang menstruasi, yang mana mungkin itu jerawat karena hormon.

Satu-satunya hal yang paling tidak saya sukai dari jerawat adalah karena sakit bila disentuh. Mungkin kalau jerawat tidak menyebabkan sakit saat disentuh, saya tidak akan risih dan mengabaikannya. Lalu, bagaimanakah cara  agar jerawat tidak hadir?

 

1.Sering-sering membasuh wajah dengan berwudhu

Sebelum tidur atau setelah menggunakan makeup, cucilah muka. Sehingga kulit wajah tetap bersih. Yang paling bagus lagi adalah bila mencuci wajahnya dengan cara berwudhu, lalu sholat. Sudah bersih, berpahala pula.

2.Tampil lah seadanya

Makeup yang tebal, bahan kosmetik yang aneh-aneh, tentu akan lebih memicu hadirnya jerawat. Sederhanakan penampilanmu, maka akan lebih mudah bagi kita untuk membersihkannya dan juga menghilangkannya.

3.Jaga pola makan

Gorengan, lemak, dan semacamnya tentu akan lebih mudah memicu jerawat dibanding buah-buahan atau sayuran. Selain tubuh jadi sehat, wajah pun akan lebih bersinar.

4.Abaikan saja

Belum pernah ada sejarah yang mencatat, bahwa jerawat dari zaman usia kita 14 tahun dulu, hingga berpuluh-puluh tahun lamanya, tidak hilang. Semua jerawat akan hilang pada waktunya. Tak perlu grasak-grusuk dan takut jadi tak cantik hanya karena kita berjerawat. Kesopananmu, budi pekerti, itulah yang menentukan kecantikanmu, bukan ada atau tidaknya jerawat.

5.Positive Thinking

Salah satu pemicu jerawat adalah stres. Karenanya cobalah berpikiran positif sehingga aura positif itu juga akan muncul dari dalam diri kita.

Itulah beberapa hal sederhana agar jerawat tidak hadir. Dan kalaupun hadir, kita tidak terlalu panik. Karena andai kita tahu bahwa bahaya dosa lebih parah dibanding jerawat, mungkin kita tidak akan pernah sempat memperhatikan jerawat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *