Kriteria Sekolah Ideal Menurut Emak Rempong

Sebagai orang tua, tentu selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita. Mulai dari pakaian, fasilitas, hingga pendidikannya. Untuk pendidikan, memang tugas orang tua adalah memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anaknya. Namun ada kalanya orang tua butuh bantuan orang lain ketika memberikan pendidikan yang baik bagi anaknya. Dalam hal ini orang tua kemudian menitipkan anaknya kepada lembaga sekolah untuk dapat dididik dengan baik.

Namun satu hal yang perlu diingat, meski anak-anak sudah sekolah di sekolah terbaik, bukan berarti orang tua lepas tangan mengenai pendidikan anak-anaknya, karena di hari akhir nanti, yang dimintai pertanggung jawaban tentang pendidikan anak-anak kita bukanlah para guru atau kepala sekolah, melainkan orang tuanya.

Karena itu, menurut saya, penting sekali bagi orang tua untuk bisa memilihkan sekolah yang baik bagi anak-anaknya. Baik di sini bukan hanya secara duniawi ya, tapi agamanya juga, syukur-syukur ilmu dunianya bisa mengikuti.

Sebagai seorang ibu yang semoga suatu saat bisa mengantarkan anak-anak ke jenjang pendidikan yang sebaik-baik dan setinggi-tingginya, saya punya kriteria tersendiri mengenai sekolah ideal untuk anak-anak kami kelak. Tidak muluk-muluk sih, karena sebagus apapun sebuah sekolah, tentu akan memiliki kekurangan. Namun ada beberapa hal yang setidaknya dimiliki sebuah sekolah untuk tempat anak-anak kami kelak.

1. Mengutamakan akhlak dibanding nilai

Tentu kita tidak asing lagi dengan kejadian heboh baru-baru ini. Seorang siswa SMA, tega menganiaya gurunya sendiri, hanya karena tak terima dirinya ditegur oleh guru tersebut karena mengganggu ketika belajar di kelas. Penganiayaan ini kemudian menyebabkan meninggalnya si bapak guru tersebut. Na’udzubillah.

Hal ini terjadi tentu karena buruknya akhlak si anak tersebut. Guru yang harusnya dihormati, malah dihajar dan dianiaya. Tapi sebetulnya kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada anak tersebut. Ada peran orang tua dan sekolah di dalamnya. Bisa jadi, ini terjadi karena gaya pendidikan di sekolahnya, lebih mementingkan nilai dibanding akhlak. Terkadang sekolah seperti ini lebih senang bila anak muridnya nilainya baik meskipun mencontek, dibanding nilainya jelek tapi mereka berusaha jujur. Bahkan mirisnya, sekolah malah memfasilitasi siswanya agar bisa mencontek.

Pada akhirnya, bila sekolah di sekolah seperti ini, anak-anak hanya fokus pada nilai. Mereka akan melakukan apapun agar nilainya baik, karena tanpa sadar, mereka dipaksa untuk itu. Padahal tolak ukur keberhasilan sebuah pendidikan bukan hanya nilai, bisa jadi tingkah laku, kedisiplinan, dan lainnya.

Nah, sekolah yang mengedepankan akhlak dibanding nilai inilah yang akan menjadi inceran kami bila kelak menyekolahkan anak-anak.

2. Mengajarkan akidah yang benar

Saya akui saya belum mampu melakukan home schooling kepada anak-anak kami. Meski saya meyakini ini lebih baik di tengah carut marutnya dunia pendidikan saat ini.

Karenanya, kami akan memilih sekolah yang mengajarkan akidah yang benar.  Akidah yang lurus, tidak belok-belok atau lainnya.

3. Sistem pengajaran yang fun learning

Agar anak-anak betah belajar, tentu kita perlu sistem pengajaran yang fun learning. Sistem pengajaran yang guru membaca lalu siswa mencatat, sudah tidak terlalu relevan lagi dengan kondisi anak zaman now yang sepertinya lebih aktif dan kreatif.

Selain itu, dengan sistem ini, anak-anak bisa senang dan dapat mengurangi stres pada anak.

4. Mengajarkan Al-qur’an dan menghapalkannya

Saya bercita-cita agar anak-anak dapat menjadi penghapal al-qur’an, meski kedua orsng tuanya belum bisa. Karena itu, mungkin kami akan mencari sekolah yang fokus mengajarkan al-qur’an dan juga menghapalkannya.

5. Ramah kantong

Ini juga penting. Bila ada sekolah yang sama baiknya, lalu yang satu lebih murah, makan kami akan memilih sekolah tersebut, haha. Meski saya berniat dalam hati, bila nanti anak-anak sekolah, mereka tak boleh pusing dengan biayanya. Tak perlu takut uangnya kurang, kami yang akan mengupayakannya.

Itulah beberapa kriteria sekolah ideal menurut saya. Alhamdulilllah, untuk sekolah TK dan SD, kami sudah menentuka  sekolah mana yang akan jadi pilihan kami. Meski masih terbatas dari sisi fasilitas, tapi sekolah ini memiliki lima kriteria yang saya sebutkan di atas. Ada hafalan Qur’an, tidak terlalu mementingkan nilai, mengajarkan tentang agama yang lurus, sistem belajar yang tidak monoton, serta biayanya terjangkau. Semoga kita semua senantiasa bisa menjadi pendidik yang terbaik untuk anak-anak kita, memberikan mereka kehidupan dan sekolah yang terbaik, Aamiin. 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *