Liburan ke Malang Lebih Hemat dan Praktis Bersama Traveloka

 

Libur telah tiba,

Libur telah tiba,

Hore, hore, hatiku gembira

 

Yang lahir tahun 90an, pasti ingat dong ya lagu libur telah tiba yang dinyanyikan Tasya di atas? Dulu setiap liburan semester tiba, selalu dipasang lagu ini dimana-mana. Euforia liburannya berasa sekali. Apalagi liburan akhir tahun begini, anak sekolah pada liburan, yang kerja juga liburan.
Setelah berbulan-bulan berkutat dengan pelajaran di sekolah, tugas kantor, dan rutinitas yang itu-itu saja, kini akhirnya tiba saatnya menyegarkan pikiran. Menjauh sejenak dari rutinitas yang biasanya.
Karena suami saya bekerja dengan sistem shift, yang tidak bisa libur panjang kecuali dengan ambil jatah cuti, maka liburan akhir tahun kali ini bagi saya ya biasa aja. Sama seperti hari-hari lain sebelumnya. Apalagi anak-anak belum ada yang sekolah. Jadi aroma liburnya tak begitu terasa. Ditambah lagi setiap Abinya libur kerja, kami sering keluar jalan-jalan. Jadilah bagi kami setiap minggu seperti liburan.
Tapi saya punya keponakan yang sudah sekolah. Yang kalau liburan panjang begini, biasanya dia hanya di rumah saja. Nah, suatu saat kalau saya punya rizki dan keluarga yang di Bangka berkenan, saya mau mengajak mereka liburan ke Jawa Timur. Kemana? Kalau di seputaran Jawa Timur, tentu saya akan memilih Malang.

Mau kemana kalau ke Malang?

Menurut saya, Malang itu tempatnya orang kreatif. Industri kreatif pergerakannya bagus sekali di sini. Selain itu, makanan di Malang terkenal dengan kelezatannya. Makanya saya mau mengajak orang-orang Bangka mencicipi sedikit kelezatan makanan di Malang. Tapi berhubung kali ini niatnya mengajak keponakan sekaligus wisata edukasi, tentu akan kami pilihkan destinasi yang cocok untuknya. Ke mana saja?

1. Bakso Kota Cak Man
Tentu sudah tak asing lagi kalau Malang terkenal dengan baksonya. Bakso Malang sudah berkeliling ke seluruh penjuru nusantara bahkan mungkin manca negara. Nah, kurang lengkap rasanya bila ke Malang tak mencoba bakso Malang. Setelah mencari beberapa referensi di google, saya mungkin akan mengajak keluarga ke bakso kota Cak Man ini. Bakso yang katanya sudah jadi jajanan legendaris khas Kota Malang ini, tentunya patut dicoba keluarga saya yang sudah terbiasa dengan bakso di Bangka. Bakso kota Cak Man ini mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu porsi lengkap yang di dalam seporsi mangkok selain tersedia bakso juga ada jeroan, sate telur puyuh, bakso goreng, sampai gorengan berlilit usus ayam pun ada.
Bakso kota Cak Man beralamat di Jl. WR. Supratman C1 Kav. 13-14, Jl. Jendral S. Parman No.1, Jl. Bantaran, Jl. Ciliwung, Jl. Soekarno Hatta No.22
2. Bakso bakar Cak Man
Kalau tadi bakso biasa, kali ini saya akan mengajak keluarga mencicipi bakso bakar yang memang masih jarang di Bangka. Bakso bakar Cak Man ini juga sepertinya mantap, karena dari beberapa review di google mengatakan bahwa tempatnya selalau ramai.
Bakso bakar Cak Man terletaj di Jl. Diponegoro 19, Malang.
3. Bakso President
Selain dua bakso di atas, ada satu lagi outlet bakso yang ingin saya kenalkan kepada keluarga, bakso presiden. Bakso yang terletak di belahan rel kereta api ini juga jarang sepi pembeli. Selain itu, bisa sekalian mengajak keponakan menikmati bakso sambil melihat kereta api yang lewat.
Bakso presiden terletak di Jl. Batanghari No. 5, Malang.
4. Rawon Brintik
Kalau tadi bakso, sekarang saatnya mengajak keluarga mencicipi masakan khas Jawa Timur, rawon. Nah, salah satu warung rawon yang ingin saya cicipi bersama keluarga adalah rawon brintik, yang katanya sudah berdiri sejak 1942. Warung ini terletak di Jl. Kh. Ahmad Dahlan 39, Malang.
5. Warung makan inggil

Liburan ke Malang Lebih Hemat dan Praktis Bersama Traveloka

Bisa mengenal aneka telepon zaman dulu di warung inggil.

Saya sudah pernah makan di warung ini bersama suami dan si Abang. Rasa ayam gepuk dan dawetnya lumayan enak. Selain itu, di sini juga ada museum Malang tempo doeloe. Jadi sambil makan, keluarga bisa tahu sejarang Malang tempo dulu.

Liburan ke Malang Lebih Hemat dan Praktis Bersama Traveloka

Ayam gepuk dan dawet ayu yang maknyus di warung Inggil Malang.

Warung ini terletak di Jl. Gajahmada No.4, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.
6. Jalan-jalan keliling Malang dengan Macito
Macito alias Malang City Tour adalah sebuah bus kota yang mengajak penumpangnya menikmati kota Malang dari dalam bus. Bus ini terdiri dari dua bagian, bagian dalam dan atas. Beroperasi setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga 12.00 kecuali hari minggu. Tentu akan menyenangkan mengajak keluarga berkeliling menikmatu kota Malang dari atas bus.
7. Alun-alun kota Malang

Liburan ke Malang Lebih Hemat dan Praktis Bersama Traveloka

Si Abang senang bermain di alun-alun Malang tahun 2016 yang lalu.

Setelah kuliner, kali ini saya akan mengajak keluarga mengunjungi ikon wisata khas Malang yang murah meriah, alun-alun kota Malang. Keponakan akan bermain di area playground untuk anak-anak, sembari Ayah dan Emak akan duduk-duduk santai sambil memberi makan burung yang ada di alun-alun.
8. Kampung warna-warni Malang
Kampung Jodipan yang awalnya merupakan kampung kumuh ini, kini akhirnya jadi terlihat menarik bahkan dapat menjadi salah satu tujuan wisata, setelah dicat warna-warni atas inisiasi dari seorang mahasiswa Universitas Muhammadiah Malang. Kabar baiknya, sejak banyaknya orang beekunjung ke kampung ini, sanitasi dan kebersihan kampung Jodihan perlahan mulai terawat.
9. Batu Secret Zoo

Liburan ke Malang Lebih Hemat dan Praktis Bersama Traveloka

Bisa lihat flamingo di Batu Secret Zoo.

Sayang sekali ya rasanya kalau ke Malang tapi tak main ke Batu. Nah, karena kali ini tema wisatanya sekalian wisata edukasi, maka saya akan mengajak keluarga ke Batu Secret Zoo. Melihat aneka hewan lengkap dengan arena permainannya.
10. Eco green park Batu
Setelah puas melihat-lihat aneka hewan, kali ini akan mengajak keluarga ke eco green park di Batu. Di sini juga keponakan bisa belajar tentang daur ulang sampah, serta pertunjukkan burung lainnya.
11. Museum Angkut
Ini mungkin akan jadi kegiatan yang seru, karena biasanya kan anak laki-laki akan suka melihat aneka mobil, sekaligus mengenalkan beberapa tokoh besar atau lainnya.
12. Batu Night Spectacular

Liburan ke Malang Lebih Hemat dan Praktis Bersama Traveloka

BNS setahun yang lalu.

Malam harinya, saya akan mengajak keluarga berkeliling melihat aneka lampion di Batu Night Spectacular, Batu.
Dengan berbagai destinasi di atas, rasanya tidak akan bisa selesai bila hanya satu malam. Jadi kami harus mencari penginapan atau hotel di Malang dan juga Batu. Karena keluarga berangkat dari Pangkalpinang, otomatis juga harus dengan tiket pesawatnya.
Awalnya, saya coba pesan terpisah antara tiket pesawat dan hotel. Ternyata lumayan ribet ya, karena kita harus mencocokkan budget yang ada dengan harga tiket pesawat dan hotel. Selain itu juga lumayan makan waktu.

Pesan tiket pesawat terpisah, harga tiket per orang Rp 1.575.000

Pesan tiket hotel terpisah, per kamar jadi Rp 898.200

Ternyata traveloka bisa langsung pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus lho, langsung bisa dapat potongan hingga 20% tanpa promo apapun. Selain itu, bisa menghemat waktu pula, karena bisa sekaligus pesan keduanya, tiket pesawat dan hotel. Bila pesan terpisah antara tiket hotel  dan pesawat, total harga jadi Rp 2.473.200. Lalu kita bandingkan bila langsung memesan paket tiket hotel dan pesawat sekaligus.

Pesan langsung tiket hotel dan pesawat lebih hemat.

Total harga dengan tiket pesawat dan hotel yang sama adalah Rp 1.568.449 per orang. Jadi bisa diskon 14% dari harga awal ya. Wah, kalo gini sih, oke banget ya, bisa hemat, sekaligus praktis. Apalagi untuk saya ibu beranak dua, jadi nggak bisa terlalu lama pegang hp hanya untuk pesan tiket.
Jadi, kamu mau liburan ke luar kota dalam waktu dekat? Nggak perlu ribet, pesan tiket pesawat dan hotel langsung di Traveloka dan dapatkan potongan harga hingga 20%. Sharing destinasi wisata tujuan kamu liburan akhir tahun ini di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *