Liburan Seru dan Tanpa Ribet di Lombok bersama Traveloka

 

Sejak dulu saya ingin sekali berkeliling ke luar negeri. Bahkan saya sering menuliskannya di buku diary maupun catatan, bahwa suatu saat saya akan melancong ke luar negeri. Apalagi setelah membaca buku-buku yang ada kisah luar negeri di dalamnya,  seperti laskar pelangi, sang pemimpi, negeri lima menara, bumi cinta, dan lainnya. Rencana demi rencana saya ikrarkan dalam hati. Mulai dari mengikuti seleksi beasiswa, pertukaran pemuda, dan lainnya. Namun pada akhirnya tertunda karena kampus tidak terlalu memberi lampu hijau. Belum lagi sepertinya cuti kuliah hanya untuk kegiatan seperti itu masih agak sulit ketika itu.

Alhamdulillah kemudian saya menikah dan memiliki anak. Mimpi untuk berkeliling ke luar negeri pun sedikit redup. Belakangan saya temukan hikmahnya, mengapa saya belum bisa melaksanakannya. Dalam hati saya berkata, mungkin suatu saat saya akan menemani anak-anak saya ke luar negeri. Who knows kan ya? 🙂

Lalu mimpi keliling dunia pun bergeser menjadi mimpi keliling Indonesia. Bagaimana bisa saya begitu ingin mengenal negeri orang, sementara saya belum tahu negeri sendiri. Mimpi mengelilingi Indonesia ini pun mendapat lampu hijau dari suami. Ternyata mas suami juga tak kalah antusias ingin melancong ke seluruh daerah di Indonesia. Selama menikah dan memiliki anak, kami baru mengunjungi Bangka, Malang, dan Jogjakarta. Kalau pengalaman saya untuk single trip sih, saya sudah pernah ke Samarinda, Maluku, Palembang, Aceh, Jakarta, dan Belitung.

Daerah selanjutnya yang ingin sekali kami kunjungi adalah Lombok. Bahkan sudah sejak dulu mas suami membelikan buku travel guide tentang Lombok, agar bisa dipelajari sebelum berangkat ke Lombok.

Buku pegangan tentang wisata Lombok yang sudah lama dibeli.

Mengapa memilih Lombok?

Suatu ketika di perjalanan Probolinggo-Mojokerto dengan kereta api, saya bertemu dengan sepasang traveler dari Prancis. Saya pun bertanya dari mana dan mau kemana mereka? Lalu mereka menjawab, baru saja dari Bromo, setelah ini mau jalan-jalan ke Bali, lalu Lombok. Saya yang memang ingin pergi ke Lombok menambahkan dengan exited. “Ya, Bali dan Lombok memang bagus. Wisata alam di sana bagus-bagus sekali. Cocok bila mau snorkeling atau diving.” Cerita saya sekenanya.

Lalu si turis bertanya lagi ,”Have you been there?,”

Dan jawabannya adalah, “No, I haven’t.” Lalu raut wajah si Mba’ turis pun agak sedikit berubah. Haha.

Duh, agak malu juga kala itu, sudah gembar-gembor bilang tempat wisatanya bagus, eh ternyata belum pernah melihat langsung. Ya, jadi saya memang belum pernah melihat Lombok secara langsung. Selama ini hanya sering lihat di internet kalau Lombok memiliki pantai yang indah, suasananya tenang dan nyaman untuk jadi tempat wisata keluarga.

 

Mau kemana saja kalau ke Lombok?

 

Berdasarkan review dari buku travelious Lombok, ada beberapa tempat yang mau saya kunjungi bersama suami dan krucils.

1. Gili Trawangan

Objek wisata yang satu ini pasti sudah tak asing lagi, ya. Salah satu primadona di Lombok. Di sini kita bisa menikmati serunya berkeliling dan main di pantai yang airnya jernih dan bersih. Selain itu bisa juga mengajak si kecil melihat penakaran penyu di sini. Kalau lelah berjalan, bisa naik cidomo, semacam delman, wih si Abang pasti senang sekali kalau naik kerera kuda. Kalau pagi bisa jalan-jalan santai atau bersepeda di sana.

2. Masjid Kuno Bayan Beleq

Sambil wisata alam, bisa wisata religi juga di sini. Masjid kuno bayan beleq ini sudah berusia lebih dari 300 tahun, sekaligus menjadi jejak peninggalan Islam yang masuk ke Pulau Lombok sekitar abad ke-16. Wih, bisa wisata sejarah juga dong ya. Dari buku travelious Lombok ini desain masjid masih terbuat dari anyaman bambu.

3. Air Terjun Sendang Gile

Sendang artinya sumber mata air, sedangkan gile artinya gila. Jadi air terjun sendang gile ini maksudnya sumber mata air gila. Konon katanya, air terjun ini ditemukan ketika penduduk setempat memburu singa gila (singang gila) yang laru ke hutan setelah merusak desa. Seru nih kayaknya bisa mandi sepuasnya di sini bersama krucils.

4. Gunung Rinjani

Agak nekat sebenarnya, tapi mimpi boleh kan ya? Naik gunung dengan ketinggan 3.762 mdpl bersama para bocah? Mungkin harus banyak sekali pemanasan agar bisa  ke sini. Mulai dari naik gunung yang lebih rendah atau lainnya. Kayaknya seru kalau bisa berkemah di danau segara anak. Meski mungkin pulangnya gempor untuk gendong bocah, haha.

5. Gerabah Penakak

Penakak merupakan salah satu perajin gerabah di Lombok. Di sini kita bisa menemukan banyak vas bunga, mangkok, gentong, hiasan rumah tangga dan lainnya yang dibuat langsung oleh pengrajin. Harus kekepin dompet kalo ke sini ya, haha.

6. Tete Batu

Panorama alam Desa Tetebatu yang memukau (sumber: www.lombokbulanmadu.com)

Tete Batu terletak di dalam area lembah Gunung Rinjani. Tempatnya berada di ketinggian 700-800 mdpl. Mungkin kalau belum bisa ke Rinjani, kami akan berkemah di sini saja. Suasana khas di daerah pegunungan pastilah sejuk dan segar, serta banyak pepohonan hijau. Membayangkannya saja sudah membuat saya bolak balik menarik napas dalam untuk merasakan sensasi segar.

7. Jalan-jalan di Kute

Di Lombok juga ada Kute ternyata. Jadi di sini kita bisa juga membaur dengan nelayan setempat, ngobrol, atau kalau beruntung ikut melaut bersama mereka.

8. Masjid Kuno Rembitan

Secara keseluruhan mirip dengan Masjid kuno Bayan Beleq, hanya di sini ada Alqur’an bertuliskan tinta emas dan genta kuda.

9. Wisata kuliner

Suami penyuka pedas, ayam taliwang, plecing kangkung,dan beberapa makanan Lombok yang terkenal pedas lainnya tentu saja jadi daya tarik tersendiri bagi kami.

 

Setelah menentukan destinasi wisata yang ingin dituju, saatnya merencanakan perjalanan. Saya pun mulai mencari tiket hotel dan pesawat. Awalnya saya cari terpisah antara pesawat dan hotel, satu persatu mencocokkan harga pesawat dan  hotel yang ramah kantong.

Ternyata ribet juga ya, bila harus mengecek satu persatu dan terpisah antara harga tiket pesawat dan hotel. Mata harus jeli sekali mencatat jam, harga, dan lokasi.

Pesan terpisah, isi data dua kali, harga lebih mahal.

Saya baru ingat kapan hari ketika membuka aplikasi traveloka di hp, ada promo pesan paket tiket pesawat dan hotel lebih murah. Iseng saya pun mencoba memesan paket tiket pesawat dan kamar hotel. Ternyata benar. Pesan hotel dan tiket pesawat dalam satu paket jadi lebih mudah, praktis dan hemat.

Jadi dengan memilih pilihan paket hotel+pesawat di aplikasi traveloka ini, kita langsung akan dipilihkan dengan maskapai plus beberapa hotel yang ada. Harga yang tertera sudah termasuk harga tiket pesawat dan harga kamar. Praktis kan? Pesan tiket pesawat dan hotel selalu lebih mudah di traveloka.

Pesan digabung, lebih praktis, langsung dipilihkan maskapai dan hotel.

Pesan digabung, total harga sudah termasuk tiket pesawat dan hotel.

Bagaimana, kamu juga mau mencoba pilihan paket tiket pesawat+hotel di traveloka? Oh ya, buruan, sedang ada promo untuk pembelian paket hotel+pesawat di traveloka lho! Diskonnya sampai dengan 400 ribu. Wih, mayan ya, hehe. Atau kamu punya destinasi wisata Lombok lainnya? Boleh sharing di kolom komentar ya, sembari kami mulai menabung untuk liburan ke Lombok, hehe.

Semoga bermanfaat. 🙂 [Sponsored post]

3 comments

  • Mupeng banget ke Lombok.
    Iya ihh, Traveloka emang “nggemesin” bgt paket iritnya

  • Mba Juli, Traveloka memang salah satu tempat andalan untuk pesan hotel dan tiket. Ketika traveling, saya selalu pesan hotel via traveloka karena banyak discount yang mereka tawarkan. Begitupun dengan tiket pesawat, memudahkan dalam hal reschedule dan banyak pilihan jika mau ganti maskapai.
    Baca tulisan destinasi wisata di Lombok, jadi pengen ke sana ihhh.

  • Wah lebih mudah dan murah ya kak?
    Aisyah jadi ingat teman yg dari Lombok, suka deh lihat foto-foto pemandangan di sana.. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *