Lima Tips Sehat Ala Mahmud Abad (Mamah Muda Anak Baru Dua)

Tips sehat

Lima Tips Sehat Ala Mahmud Abad (Mamah Muda Anak Baru Dua).

 

 

Sejak menjadi ibu dari dua anak, saya merasakan betul betapa menjadi sehat itu penting. Apalagi adik yang memang masih menyusui, kasihan sekali bila saya sampai sakit. Ditambah lagi saya yang memang orangnya panikan, bila melihat sesuatu pekerjaan belum selesai atau tertunda karena sakit. Kami memang tinggal jauh dari keluarga, sementara di rumah tidak ada ART (Asisten Rumah Tangga). Jadi mau tak mau semua harus dikerjakan sendiri. Kalaupun ada sesuatu, penolong pertama dan terdekat adalah teman dan sahabat.

Makanya mungkin itulah salah satunya alasan mengapa dalam Islam kita harus senantiasa baik kepada tetangga. Karena mereka lah pengganti keluarga kita.

Alhamdulillahnya, selama menikah dan memiliki anak, sakit terparah yang pernah saya alami adalah flu. Jadi sejak memiliki anak saya semacam alergi dengan dingin. Setiap pagi harus selalu siap dengan hidung yang meler. Selain itu bila sampai begadang dan kurang minum, maka saya hampir bisa dipastikan flu berat. Nah, bagi kamu atau para ibu yang mungkin sedang mencoba untuk terus sehat, mungkin bisa menerapkan apa yang saya lakukan selama ini.

  1. Banyak mengaji, berdo’a dan berdzikir

Pernah suatu ketika saya coba merutinkan dzikir pagi dan petang. Alhamdulillah waktu itu jarang sekali pilek. Dari yang biasanya setiap pagi hidung selalu keluar air, sejak merutinkan dzikir itu saya jadi sehat. Tapi sayang kini mulai bolong lagi, huhu.

Di lain waktu pernah juga saya rasakan. Flu melanda. Setelah dicari-cari salah satu penyebabnya adalah saya beluk mengaji sama sekali. Setelah mengaji, rasanya badan agak enak. Karena memang Alqur’an itu juga bisa berfungsi sebagai penyembuh ya, terutama penyakit hati.

  1. Tidur yang cukup

Saya sering sekali memperhatikan, bila saya begadang, besoknya pasti flu. Apalagi siangnya saya tidak tidur siang. Jadi sekarang saya jarang sekali begadang kecuali benar-benar terpaksa. Tidur paling malam pun maksimal jam 11 malam. Karena besok pagi-pagi harus banhun lagi.

  1. Minum air putih yang cukup

Sama seperti tidur, bila saya kurang minum, pasti efeknya adalah badan akan flu atau radang tenggorokan. Karena itu setiap bangun tidur, saya merutinkan minum segelas air dan dalam sehari kalau bisa minum 8 gelas air.

  1. Konsumsi herbal

Madu, jamu, propolis, jadi teman saya di kala sakit. Bila flu biasanya saya minum rebusan kunyit, jahe, gula merah, dan madu dijadikan satu. Karena repot, biasanya saya sedia jamu praktis yang sudah jadi. Saya pilih yang homemade agar lebih aman. Biasanya kalau sudah flu berat, minum jamu, ditambah propolis, lalu tidur, Alhamdulillah besok sudah segar.

  1. Keep positive thinking

Ini penting juga menurut saya. Setiap sakit dan rasanya tak enak sama sekali saya selalu mengikrarkan dalam hati “saya sembuh, saya bisa sembuh. Ayo Julia, kamu bisa sembuh, lawan sakitnya!” Dan Alhamdulillah sedikit banyak ini mempengaruhi cepatnya penyembuhan. Bila kita terus berpikir positif tubuh akan bekerja lebih optimal untuk memaksimalkan perannya

 

Itulah beberapa tips sehat ala Mahmud Abad. Ada yang juga menerapkannya? Atau kamu lunya tips lain? Sharing di kolom komentar ya.Semoga kita senantiasa diberi kesehatan, Aamiin. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *