Manfaat Collablogging untuk Emak Rempong

Bila kamu pembaca yang sering mengunjungi sepradik.com (#ngarep haha), pasti tahu bahwa beberapa tulisan saya di sini adalah hasil dari collablogging yang diadakan KEB (Kumpulan Emak Blogger).

Jadi nanti setelah dibentuk tim yang terdiri dari 6 atau 7 orang, akan dipilih satu orang ketua kelas lalu dibuatkan grup WA. Nama grup kami adalah Najwa Shihab dan saya sendiri yang terpilih menjadi ketua kelasnya. Padahal dari awal sudah menolak, huhu.

Nah nantinya, setelah tema tulisan dipilih, seorang anggota wajib menuliskan tulisan trigger di blog KEB. Kali ini temanya adalah tentang manfaat collablogging. Kalau menurut Mak Idah Ceris salah satu manfaat collablogging baginya adalah mencoba keluar sejenak dari zona nyaman. Mak Idah yang tak pernah terpikirkan mau menulis tentang poligami, akhirnya mau tak mau menulis tentang itu karena tulisan trigger kala itu adalah tentang poligami. Dan hasilnya, ternyata semuanya bisa.

Kalau untuk saya sendiri, selain memang untuk mencoba menulis tema yang jarang dibahas di blog sendiri, ada banyak manfaat lainnya.

1. Menambah kawan baru

Bila biasanya di grup facebook KEB, saya hanya sharing hasil tulisan di blog atau sedikit blog walking, tidak terlalu kenal lebih dalam bersama anggota lainnya, dengan adanya collablogging ini kami jadi sedikit lebih tahu tentang anggotanya. Saya jadi tahu Mba’ Anindita berasal dari Bengkulu, Mba’ Aya dari Jogjakarta, Mba’ Alfu dari Makasar, Mba’ Awie itu suka DIY dan juga dari Makasar, Mba’ Idah blogger sekaligus PNS dari Banjarnegara, Mba’ Sumayyah yang ternyata pernah kuliah di Malaysia. Meski hanya sekilas, karena saya juga jarang aktif di grup (Duh, ketua kelas kok jarang hadir 🙁 ).

2. Update blog

Sejak ada collablogging, blog saya jadi tidak sepi, haha. Biasanya update semaunya, kali ini minimal dua minggu sekali bisa update blog dengan tema baru.

3. Punya teman blog walking

Setiap selesai menulis satu tema di blog, pasti teman-teman collablogging akan blog walking ke blog teman yang lain. Memberi tanggapan, komen, dan lainnya. Jadilah blog yang biasanya sepi pengunjung, kini ada pengunjung tetapnya, hehe.

4. Mengamankan DA

Untuk yang memonetize blognya, pasti tahu apa manfaat nilai DA untuk memburu job. Nah, dengan collablogging, nilai DA saya konsisten, beberapa kali bahkan naik, Alhamdulilllah. Dulu sempat naik, lalu turun, sejak ikut collablogging lalu naik lagi dan sekarang masih konsisten.

5. Belajar dari blogger lain

Saya jadi tahu blog lain tulisannya begini, ternyata bila ditulis seperti ini jadi keren ya, atau dengan template dan design blog seperti ini, blognya jadi simpel ya, semacam ilmu kecil-kecilan tentang blogging. Saya juga jadi tahu cara menyimpan gambar untuk blog yang tidak menyita space di blog kita terlalu banyak dari collablogging. Karena kadang kami juga sedikit diskusi tentang blogging atau lainnya.

6. Melihat suatu masalah dari berbagai sisi

Kalau menulis sendiri, jadinya pemikiran kita tentang sesuatu ya hanya menurut kita. Nah, bila dengan collablogging, kita jadi bisa melihat suatu permsalahan atau kondisi dari beberapa sudut pandang. Karena yang menulis bukan hanya satu, tapi bertujuh.

Itulah beberapa manfaat yang saya rasakan sejak ikut collablogging bersama KEB grup Najwa Shihab. For your information, ini adalah postingan trigger terakhir untuk grup kami. Alhamdulilllah meski kadang telat, kami bisa konsisten menyelesaikan satu puteran collablogging. Jadi, kita mau lanjut nggak nih gaes?  Aku sih yes! 🙂

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *