Manfaat Menulis di Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

manfaat menulis di blog bagi ibu rumah tangga

Manfaat Menulis di Blog Bagi Ibu Rumah Tangga.

Sejak menikah kemudian memiliki anak, saya pun memutuskan menjadi SAHM (Stay At Home Mom). Terbiasa aktif ketika kuliah dan sempat merasakan hiruk pikuknya dunia kerja (gaya lebai haha), rasanya bosan sekali bila keseharian hanya diisi dengan kegiatan mengurus rumah dan anak. Akhirnya saya pun mencari beberapa kesibukan agar tetap merasa produktif sekaligus menghasilkan.
Mulailah saya dengan berjualan online. Mulai dari jualan gamis, kaos anak, jilbab, tiket pesawat, keripik pisang, gendongan bonceng, dan lain sebagainya. Setelah agak lama menjalaninya, rasa-rasanya kok hasil yang didapat tidak setara dengan perjuangannya, apalagi ketika jualan gamis online. Saya harus sering-sering foto produk sedetil-detilnya agar pembeli tidak merasa kecewa dan salah membeli, lalu harus rajin-rajin upload di sosial media, belum lagi harus membalas banyaknya chat yang masuk menanyakan produk, bila ada yang membeli, harus membungkusnya dan sebagainya. Kadang dengan semua kesibukan itu, anak dan urusan rumah jadi keteteran.
Nah, sembari berjualan online tersebut, sesekali saya juga masih menulis di blog. Awalnya Cuma sekedar menulis curhat sehari-hari, namun lama kelamaan setelah bergabung dengan beberapa grup blogger seperti KEB (Kumpulan Emak Blogger), Blogger Perempuan, dan Blogger Muslimah, saya jadi tahu ternyata blog juga bisa jadi sarana mencari rupiah. Hingga akhirnya setelah ngeblog sejak 2011, Mei 2016 lalu saya beranikan diri pindah ke self hosted domain, blog berbayar. Bila dibandingkan hasil dan usahanya, ternyata menulis di blog jauh lebih menghasilkan dan tidak terlalu melelahkan seperti ketika berjualan online. Itu menurut saya ya, hehe. Bila berjualan online saya harus selalu aktif dan online, ketika menulis di blog saya hanya perlu online sesekali dan semuanya bisa dilakukan ketika krucils sedang tidur, sehingga tidak mengganggu quality time ketika saya bersama krucils. Eh tapi bukan berarti mereka yang jualan online tidak memiliki quality time bersama keluarga, ya, maybe this only happen to me. Apalagi sekarang krucilnya ada dua, tambah berkurang waktunya.
Alhamdulillah, kini sudah hampir setahun saya menulis di rumah baru ini. Setelah lumayan lama menulis di blog, saya rasakan sekali manfaat yang didapatkan terutama bagi saya ibu rumah tangga. Apa saja itu? Saya coba uraikan ya.

  1. Sebagai media menyampaikan pendapat

Seringkali dengan status hanya sebagai ibu rumah tangga, kesempatan untuk menyampaikan pendapat kemudian didengar semakin kecil. Nah, dengan menulis, terutama di blog, kita ikut menyuarakan pendapat kita tentang suatu permasalahan, entah itu setuju atau tidak setuju. Di zaman yang segala sesuatu bisa viral seperti sekarang ini, bukan tak mungkin suara seorang IRT yang kemudian menulis bisa sangat didengar dan dipertimbangkan.

  1. Sebagai pengingat

Ini terutama untuk yang pelupa seperti saya. Sebagai pengingat, kadang saya juga menuliskan resep masakan yang pernah dikreasikan di blog ini. Salah satu kelebihan bila menulis di blog adalah bila kita ingin mencari sesuatu yang kita perlukan, tinggal ketik saja kata kuncinya di mesin pencari google, dalam sekejap akan segera ditemukan yang kita mau. Beda bila harus menulis resep di buku catatan, sering hilang atau dirobek si kecil. Huhu.

  1. Media dakwah

Sama yang seperti alasan pertama ya, karena blog ini pembacanya luas sekali, bahkan bisa dibaca oleh hampir seluruh penduduk bumi bila memiliki akses internet. Karenanya, bila kita isi dengan tulisan-tulisan tentang kebaikan, InsyaAllah penyebarannya juga akan luas sekali. Selain itu, setiap tulisan yang tersimpan di blog tidak menguap atau mengendap begitu saja. Tulisan ini akan selalu ada selama tidak dihapus atau domainnya expired. Selain itu, bila ada sedikit saja kata kunci yang terkait, tulisan kita juga akan keluar di mesin pencari. Nah, tentu ini jadi nilai plus untuk ibu rumah tangga kan? Kelihatannya hanya sibuk di rumah saja, tapi ternyata tulisan tentang kebaikannya, telah menginspirasi banyak orang di mana-mana. Asyik kan?

  1. Media terapi

Bukan hanya sekali saya pernah mendengar menulis bisa juga menjadi media terapi bagi mereka yang sakit. Bahkan kalau tidak salah sudah ada buku yang menuliskan tentang hal tersebut. Ketika saya membuat tulisan tentang Mba’ Tri Wahyuni Zuhri, yang mengidap kanker kemudian tetap aktif menulis, Beliau merasakan sendiri bahwa menulis memang menjadi salah satu media terapi untuknya. Nah, bagi para ibu rumah tangga yang sering merasa suntuk atau bosan dengan kegiatannya, mungkin bisa mencoba terapi menulis ini untuk menguranginya.

  1. Menambah penghasilan

Kalau manfaat yang satu ini saya rasakan sekali. Terutama ketika saya sudah pindah ke domain berbayar sepradik.com ini. Tawaran dari beberapa brand mulai muncul. Meski tidak terlalu sering dan banyak, tapi saya anggap ini sebagai salah satu bonus dari ngeblog. Semoga dengan begitu gairah saya menulis di blog ini bukan hanya karena rupiah ya, Aamiin.

  1. Membantu orang lain

Kadang kala ada orang yang sama sekali tidak tahu cara melakukan sesuatu atau tidak tahu alamat dari suatu tempat. Nah, dengan menuliskan pengalaman kita, setidaknya sedikit banyak, kita telah membuka jalan bagi orang tersebut. Misalnya saja ketika saya menuliskan tentang pengalaman membuat akta kelahiran kemarin, setidaknya bila ada yang belum tahu kemudian membacanya, minimal ketika ia mau membuat akta kelahiran juga, tidak terlalu kebingungan lagi.

  1. Menambah pertemanan baru

Ketika menulis di blog, bisa saja ada yang merasakan senaasib dengan kita, kemudian komunikasi semakin intens, dan terjalinlah persahabatan. Tapi khusus yang lawan jenis jangan sampai terjerumus dengan hal yang tidak diperbolehkan agama ya, bahaya!

Sejak aktif menulis di blog, saya pun mulai aktif di beberapa komunitas blogger seperti Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, Blogger Muslimah, dan lainnya. Sejak itu hingga kini saya jadi tahu dan kenal banyak penulis blog lainnya. Saya juga jadi banyak tahu dan belajar banyak hal dari mereka. Padahal dulunya kami tidak saling tahu dan mengenal.

Sepertinya itu dulu manfaat yang rasakan ketika saya mulai aktif menulis di blog. Bila ada tambahan lain, nanti saya update lagi. Atau kamu mungkin juga punya manfaat lain ketika menulis di blog? Sharing di kolom komentar yuk! Semoga bermanfaat. 🙂

 

 

9 comments

  • Setuju sekali untuk manfaat2nya mbak. Terutama sebagai pengingat itu. Saya suka lupa resep da googling dengan keyword supaya mengarah ke blog sendiri. Hihihi… ada nih kemarin mau bikin kue lumpur, udah lamaaa banget ga bikin. Bahannya ingat, takarannya lupa. Akhirnya cari di blog sendiri 🙂

    • juliaamrih

      Haha, iya Mba’, aku juga sering lupa resep. Untungnya masih nyimpen di blog ya, ketemu lagi deh 😉

  • Setuju banget dengan poin no. 7, mbak. Teman saya bertambah terutama di dunia maya. Seneeeeeng. Semoga punya kesempatan untuk bertemu secara langsung 😍😍😍

  • yess mba.. blog bisa menjelma jadi apa aja ya, tergantung kita maunya apa. Kalau saya yang paling dirasakan sejak aktif lagi ngeblog ya jadi punya banyak temans, heheee meskpun teman ga pernah bertemu tapi berasa dekat seperti degan mba Julia

  • Yesss… menulis mmg banyak manfaatnya ya mbak

  • Via blog saya juga merasakan dapat pundi2 rupiah. Waktu kemarin nulis tentang priceza.co.id misalnya. Senang yaa bisa berbagi cerita, kayak ada sesi curhat gitu. Terapi jiwa secara mudah 😊 mudah2an saya kayak mbak, konsisten ngeblog

    • juliaamrih

      Iya Mba’, senang bisa nambah uang jajan, ngobatin stress juga.:)
      Aku ini malah jarang, sibuk ama krucils 🙂

  • I agree w u mbaaa saya juga baru lahiran kyaknya distrust jadi mau jmput rezeki dari rumah cz baby os priority hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *