Melalui Para Blogger Ini Saya Belajar untuk Jadi Lebih Baik

Blogger favorit

Melalui Para Blogger Ini Saya Belajar untuk Jadi Lebih Baik

 

 

Saya selalu percaya bahwa belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Tak melulu duduk manis di kelas dengan seorang guru yang sedang menerangkan. Belajar bisa dari guru, supir, koki, dan lainnya. Tempatnya bisa di pasar, jalan, perpustakaan, pantai, dimana saja. Salah satunya adalah belajar melalui blogger lewat blog mereka.

Meski saya termasuk jarang blog walking, tapi kadang bila sedang berselancar di dunia blog, ada beberapa blogger yang tulisannya mengena dan nancep di hati. Siapa saja?

 

  1. Mba’ Meutia dari blog aisyafra.wordpress.com

Blog ini adalah blog pertama yang saya baca ketika awal-awal menulis di blog. Waktu itu blognya masih gratisan. Saya sering komen, like, bahkan pernah merepost tulisannya Mba’ Meutia ini di blog saya. Tulisannya enak dibaca, kadang  seperti menyuarakan isi hati pembacanya. Jadi setiap membaca, seperti, “iya nih, bener banget. Aku juga gitu”. Dari sini saya belajar sedikit tentang menyuarakan pendapat lalu menuangkannya menjadi tulisan. Masih belum sebagus Mba’ Meutia sih, tapi saya mencoba terus belajar.

  1. Mba’ Rahayu Sulistyorini dari ukhtishalihah.wordpress.com

Ini juga blog pertama yang sering saya baca di awal-awal karir sebagai blogger. Malah saya tahu blog Mba’ Meutia ya dari Mba’ Rahayu ini. Tapi sekarang sepertinya sudah jarang update, karena tulisan terakhir adalah April 2016 yang lalu.

Sebenarnya blog Mba’ Rahayu sama juga seperti Mba’ Meutia sih, tapi kalau punya Mba’ Rahayu ini lebih ke curhat tentang kesehariannya. Tapi curhatnya tidak yang alay atau gimana gitu. Jadi meskipun tulisan curhat, tetap dikemas menjadi sebuah tulisan yang apik. Nah, dari sini saya sedikit belajar mengenai menulis curhat yang baik.

  1. Mba’ Annisaae dari blog www.anisae.com

Ketika mulai serius untuk monetize blog, saya mencoba pindah dari blog gratisan ke blog berbayar. Tak lama kemudian saya juga mengikuti seminar tentang menghasilkan uang dari blog bagi ibu rumah tangga yang pematerinya adalah Mba’ Annisa ini. Dari sini saya belajar tentang bagaimana menaikkan DA, kiat menulis, tips agar dilirik brand, dan lainnya. Saya ingat betul waktu itu Mba’ Annisa bilang dalam sehari ia menargetkan bisa blogwalking 20 blog. Itulah salah satu trik menaikkan nilai DA ala Mba’ Annisa kala itu.

  1. Mba’ Shintaries dari blog shintaries.com

Tulisan yang paling saya suka adalah tentang a new life as entrepreneur , di tulisan itu Mba’ Shinta menjelaskan mengenai perjalanan panjangnya dalam dunia blogging, hingga akhirnya ia mantap pindah dari kesehariannya sebagai engineer lalu sebagai blogger dan pendiri komunitas blogger perempuan.

Saya suka tulisan mendalam yang sebelum menulis penulis terlebih dahulu melakukan riset panjang, berhari-hari bahkan berbulan-bulan lamanya. Dan tulisan Mba’ Shintaries ini adalah salah satunya. Banyak sih blogger yang seperti ini. Dan saya belajar untuk bisa seperti itu, meski masih jauh dari harapan.

  1. Mba’ Yuniari Nukti dari blog mamamintapiknik.com

Saya sering membaca blog Mba’ Yuni tentang traveling dan kisah lucu beliau saat traveling. Lewat tulisan Mba’ Yuni pembaca seakan diajak melihat sisi lain yang tak terlupakan dari sebuah perjalanan. Seperti tulisan beliau yang pernah ditahan sebentar di bandara Changi, gara-gara bawaannya terlalu berat karena brosur. Sebenarnya mungkin ada banyak orang yang mengalami hal ini. Tapi Mba’ Yuni menuliskannya dengan lucu, menarik dan tanpa perlu mengusik orang lain (ini yang saya pernah bilang tentang melucu yang membawa agama sama sekali tak lucu, karena ada yang bisa melakukannya).

Dari Mba’ Yuni saya belajar menuliskan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Meski belum bisa sebagus Mba’ Yuni, tapi saya juga terus berusaha.

 

Itulah beberapa blogger yang blognya kadang saya jadikan tempat belajar. Sebenarnya ada banyak sih, cuma ketika diminta menuliskannya, yang terkenang baru mereka berlima. Apalagi sejak rempong dengan dua balita, saya tak begitu sempat blogwalking dan banyak melihat perkembangan dunia blogging. Bisa mengikuti challenge dan menulis setiap hari seperti ini saja sudah merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi saya. Kamu juga punya blogger favorit? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *