Melepas Penat Sejenak di Pantai Utama Raya Situbondo

Kalau kamu sedang dalam perjalanan darat dengan mobil atau motor dari Surabaya menuju Situbondo atau Bali lewat jalur pantura, lalu kamu lelah di perjalanan, maka sebaiknya kamu merapat ke salah satu rest area yang terletak di Kabupaten Situbondo ini, Pantai Utama Raya.

Pantai Utama Raya Situbondo terletak di dalam kawasan pom bensin utama raya. Awalnya, pantai ini merupakan view yang terlihat hanya bagi pengunjung hotel. Jadi di dalam pom bensin ini tersedia hotel untuk melepas penat para pengunjung.

Lengkapnya, pantai utama raya ini terletak di Jl. Raya Banyuglugur KM 2, Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68359.
Lalu sekitar dua atau tiga tahun belakangan, kawasan hotel dibangun menjadi semacam tempat wisata bagi umum. Untuk masuk ke sini, kita tidak perlu membayar tiket masuk atau lainnya. Cukup datang dan parkir motor atau mobil, kita bisa menikmati view pantai yang disajikan di sini.

Baru dua kali kami ke sini. Tapi ketika kedua kali kami ke tempat ini, fasilitasnya sudah semakin lengkap. Tersedia cafe yang menjual aneka makanan dan minuman, mulai dari kopi, jus, dan lainnya. Sambil makan, kita bisa menikmati pemandangan pantai dan lingkungan utama raya yang asri.

Utama raya Situbondo

Suasana di kafe. Ini lantai bawah.

Setelah parkir kendaraan di tempat parkir, kita akan berjalan kaki sedikit untuk menuju cafe dan pantai. Bila lelah, kita bisa naik mobil terbuka cukup dengan membayar Rp 3.000.

Utama Raya Situbondo

Nuansa hijau di Pantai Utama Raya Situbondo.

Utama raya Situbondo

Bila lelah, bisa naik kendaraan ini. Cuma Rp 3.000 per satu kali angkut.

Di sini juga tersedia mushola dan toilet. Jadi sambil melepas penat, kita bisa sekalian sholat atau ke kamar mandi. Kamar mandinya bersih, mungkin karena masih baru. Semoga ke depan selalu bersih.

Utama raya Situbondo

Mushola di Pantai Utama Raya Situbondo.

Juga tersedia beach mart yang menyediakan aneka camilan atau lainnya serta tersedia atm.

Utama raya Situbondo

Beach mart di Pantai Utama Raya Situbondo.

Agar lebih menyenangkan, sebaiknya datang ke sini di waktu sore atau malam. Karena di siang hari akan panas sekali dan kita tidak bisa menikmati suasana di tepi pantai.

Bila mau mengajak keluarga menginap sambil menikmati suasana pantai, kita bisa mencoba menginap di cottage yang disediakan. Ada 3 macam cottage yang disediakan. Ada cottage dengan dua kamar yang harga per malamnya 600 ribuan, ada cottage dengan 3 kamar harga sewanya 800 ribuan per malam. Bila membawa banyak rombongan, ada juga cottage dengan harga 1,5 jutaan per malam dengan jumlah 4 kamar. Di dalam cottage ada dapur, ruang tamu, tv, ac, dan lainnya. Selain itu, tersedia juga breakfast. Begitu penjelasan yang saya dapat dari supir mobil terbuka yang kami tumpangi.

Utama raya Situbondo

Cottage dengan 4 kamar.

Kita juga bisa menginap di kamar hotel dengan rate hanya Rp 250 ribu semalam. Untuk pemesanan, bisa langsung menghubungi kontak Utama Raya atau bisa memesan melalui aplikasi pemesanan hotel seperti traveloka, booking.com atau lainnya.

Waktu ke sini kami mencicipi kebab dan minuman coklat. Rasanya lumayan. Pilihan menunya banyak, namun untuk rasa sepertinya perlu peningkatan lagi. Ke depan, rencananya akan dibangun water boom dan villa di area ini.

Utama raya Situbondo

Suasana tepi pantai.

Wah, kalo ke sini lagi nanti fasilitasnya tambah lengkap ya. Semoga biaya masuk tetap gratis ya, hehe. Lumayan lah, untuk anak pantai seperti saya, cukup menempuh perjalanan 30 menitan dari Paiton, sudah bisa mampir ke sini.

Bagaimana, tertarik untuk mampir ke sini? Atau kamu sudah pernah ke sini? Sharing di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. 🙂

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *