Mencicipi Durian Montong Asal Bali di Desa Alas Kandang Probolinggo

Durian montong Probolinggo

Rabu tanggal 14 februari yang lalu, saya, suami dan anak-anak menyempatkan diri pergi ke tempat penjualan duren montong khas Bali yang ada di Probolinggo.

Awalnya, saya tahu informasi ini dari teman di facebook, yang membagikan gambar poster promo, durian montong 2,5 kg ke atas hanya Rp 50.000 saja. Wih, saya yang memang belum pernah mencicipi durian montong, tertarik untuk datang.

Saya tahu jenis durian montong ini dari salah satu toko retail terbesar, indo****t. Hanya saja, di toko ini lumayan mahal bagi saya, satu kap isi 2 atau 3 duriang montong, harganya mulai dari 50 ribuan, alamak, mahalnya! Huhu.

Jadi berbekal informasi ini, saya pun mulai merayu Mas suami. Alhamdulillah, misi berhasil, suami mau diajak ke tempat penjualan durian montong, haha.

Setelah dzuhur, kami pun berangkat. Tempatnya terletak sekitar 4 km dari pertigaan Jabung, Paiton Probolinggo. Kalau dari arah Surabaya, belok kanan lurus, nanti akan menemukan plang selamat datang di desa Alas Kandang. Sekitar 300 meter dari plang, akan ada spanduk durian motong, dan di sanalah tempatnya.

Durian montong Probolinggo

Spanduk promo durian montong yang terpasang di depan warung durian.

Untuk sampai ke tempat ini, kami harus melewati jalanan banjir terlebih dulu. Alhamdulillah, banjirnya hanya sampai mata kaki, jadi kaos kaki saya tak sampai basah. Setelah melewati banjir, kita akan disuguhi pemandangan sawah hijau sepanjang mata memandang. Lalu baru ada perumahan, dan plang desa Alas Kandang.

Waktu sampai di sana, tempatnya tidak terlalu ramai, namun ada banyak durian di sana. Harganya mulai dari 35 ribuan hingga 300 ribuan. Dari yang agak kecil sampai yang besar sekali. Sayangnya, ketika kami ke sana, penjaganya mengatakan bahwa durian yang kecil belum terlalu masak, harus menunggu sekitar 2 atau 3 hari lagi. Sementara untuk durian besar, ada promo diskon 20%. Wah, ternyata bukan hanya supermarket atau toko online yang bisa memberikan potongan harga, toko durian juga, haha.

Durian montong Probolinggo

Suasana di warung durian montong.

Bapak penjaganya mengatakan, bahwa durian montong yang dijual di sana merupakan kualitas ekspor. Beberapa waktu yang lalu baru saja mereka mengirimkan pesanan ke salah satu toko retail besar, indo****t di Jakarta. Durian montong yang mereka jual ini, asli datang dari Singaraja Bali.

Durian montong Probolinggo

Ada banyak durian di sini, tinggal pilih mau yang besar atau kecil.

Durian montong Probolinggo

Dus ini awalnya berisi durian, tapi waktu kami ke sini, sudah habis terjual.

Ketika memilih, sebenarnya saya agak ragu, bila saya membeli yang mahal, nanti kalau zong dapat yang jelek seperti dulu, rugilah saya.

Baca juga: Agar tidak zong saat makan durian.

Beberapa kali Bapak penjaganya menawarkan durian besar dengan harga 200 ribuan kepada kami. Karena yang akan makan mungkin hanya saya sendiri, saya pun enggan membelinya. Akhirnya setelah berpikir panjang, jatuhlah pilihan pada durian ukuran sedang seharga Rp 70.000 saja, haha.

Yang membuat saya suka membeli durian di sini (meski baru pertama kali ini), kita bis minta tolong dikupaskan oleh bapak penjaganya. Bila ternyata duriannya mentah atau tak enak, kita bisa minta ganti atau batal membeli, sesuai dengan kata-kata di spanduknya, berkualitas dan bergaransi. Setelah dikupas, saya diminta mencicipi terlebih dahulu. Setelah saya bilang oke, barulah durian dibungkus di mika yang telah disediakan.

Durian montong Probolinggo

Bapak penjual mengupas dan memasukkan durian ke dalam mika.

Alhamdulillah, baru kali ini saya mencicipi durian montong. Tipikal daging buahnya tebal, bijinya kecil dan rasanya manis dan legit. Jadi rasanya tak rugi bila harus membayar dengan harga agak mahal sedikit. Daripada saya beli agak murah, namun ternyata hanya zong belaka, mentah atau anyep, haha.

Durian montong Probolinggo

Daging buahnya tebal, biji tipis, dan rasa manis, begitulah kesan yang saya dapatkan ketika menikmati durian montong dari Singaraja Bali ini.

Jadi, apakah tulisan saya berhasil membuat pembaca mau mencicipi durian montong asli Singaraja Bali ini? Kalau iya, segera datang ke desa Alas Kandang, Kabupaten Probolinggo. Semoga bermanfaat. 🙂

9 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *