Mendadak Masak Kolak Kacang Hijau dengan Rice Cooker

Masak kolak kacang hijau di ricecooker

Mendadak masak kolak kacang hijau dengan ricecooker.

Senin tanggal 19 Februari kemarin, saya mendapat tugas membuatkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk anak-anak yang ikut kegiatan posyandu. Rencananya, saya akan membuat yang praktis saja, kolak kacang hijau. Seharian kemarin memang dipenuhi drama. Dari pagi hingga sore.

Drama pertama: kehabisan kacang hijau

Paginya, saya ke toko kelontong dekat rumah, untuk membeli kacang hijau, ternyata habis. Lalu saya pun santai, karena mas suami dijadwalkan masuk siang, sekitar jam setengah 3 sore, sementara posyandu dimulai jam 3 sore. Itu berarti saya masih punya waktu yang cukup panjang untuk minta ditemani suami membeli kacang hijau di toko yang lain yang lebih lengkap.

Drama kedua: suami mendadak harus masuk pagi

Ketika saya lagi memasak untuk sarapan, suami tiba-tiba ditelpon pihak kantor. Katanya seharusnya pagi ini suami masuk jam 7. Dan waktu ditelpon sudah pukul 07.30. Jadilah suami kelabakan, dan saya juga kebingungan. Kacang hijau belum dibeli, sementara suami harus masuk pagi. Soalnya belinya agak jauh, kalau harus menggendong bayi dan membawa balita, pasti berat sekali, huhu. Akhirnya saya meminta suami membelikan kacang hijau terlebih dahulu, baru boleh berangkat. Alhamdulillah ada di toko retail terdekat.

Drama ketiga: Elpiji habis

Ketika mau masak kolak kacang hijau, saya ketar-ketir. Angka di tabung gas menunjukkan hampir ke ujung kiri, yang tandanya sudah mau habis. Duh, motor dibawa suami, toko terdekat biasanya tutup. Dan terjadilah apa yang saya khawatirkan. Baru sekitar setengah jam merebus kacang hijau, kompornya mati, kehabisan elpiji. Waktu itu sekitar jam 11 siang, si adik baru saja tidur. Saya pun lalu menghubungi toko kelontong dekat rumah. Ternyata di tokonya elpiji sedang kosong. Sementara toko yang satunya lagi masih tutup. Saya pun agak panik waktu itu. Mau bilang ke Ibu-ibu yang lain nggak enak. Mau numpang masak ke tetangga sebelah sungkan. Saya pun menelepon suami dan dia juga bingung, haha.

Penolong dikala elpiji habis: masak kolak di ricecooker

Entah darimana saya dapat ilham untuk masak kolak di ricecooker. Akhirnya air dan kacang yang masih panas tadi, saya masukkan ke dalam ricecooker. Airnya saya kurangi sedikit, agar bisa lebih cepat mendidih. Sambil dengan perasaan takut tidak matang, saya pun menghubungi suami. Akhirnya suami diizinkan untuk pulang sebentar. Tapi agak nggak enak juga, karena tadi datang terlambat.

Saya pun mulai googling resep masak kolak di ricecooker. Ternyata banyak yang mencoba. Bahkan ada yang masak nasi goreng, roti bakar, mie instan, jeli, dan telur dadar di rice cooker. Wih, mantap juga si ricecooker ini ya, bisa digunakan untuk masak selain nasi. Saya pun semakin yakin untuk masak kolak kacang hijau di ricecooker. Untuk jaga-jaga, saya minta suami pulang bila hingga jam 12 kolak belum masak.

Masak kolak di ricecooker

Dari panci, air kacang hijau yang belum matang dipindahkan ke wadah ricecooker.

Setelah memasukkan air kolak ke dalam wadah ricecooker, langsung di tekan tombol cook. Sekitar 20 menit kemudian, air pun mendidih. Alhamdulillah. Suami pun akhirnya tak jadi pulang.

Masak kolak di ricecooker

Air kolak telah mendidih. Tambahkan sedikit garam dan gula, lalu aduk.

Setelah air mendidih, masukkan sedikit garam dan gula sesuai selera. Lalu masukkan santan. Saya pakai santan instan. Diaduk-aduk, lalu tutup sebentar. Sekitar 7 menit kemudian, air pun mendidih, kolak siap disantap.

Masak kolak di ricecooker

Masukkan santan, lalu aduk sebentar.

Masak kolak di ricecooker

Setelah dimasukkan santan, aduk sebentar, lalu tutup ricecooker. Beberapa menit kemudian, airnya mendidih.

Masak kolak di ricecooker

Kolak pun siap disantap.

Tapi resiko yang harus ditanggung bila mau memasak kolak kacang hijau di ricecooker, harus siap bila ricecooker jadi agak kecoklatan karena airnya yang menempel. Ini untuk bagian atasnya saja sih, tinggal dilepas lalu dicuci dan dilap, langsung bersih seketika. Tak perlu googling, karena ini mudah sekali. Kecuali bila mau tahu cara membersihkan botol susu bayi yang baik, mungkin perlu bertanya dulu dengan Mbah google.

Drama penutup: Adik pup ketika mau berangkat posyandu

Kolak sudah disiapkan untuk dibawa ke lokasi posyandu. Anak-anak sudah mandi dan wangi. Jam 3 kurang, kami pun berangkat. Eh, tiba-tiba mencium bau busuk dari popok si adik. Benar saja, setelah dicek, ternyata adik pup. Padahal kolaknya belum dituang ke dalam gelas plastik. Posyandunya mulai jam 3 sore. Akhirnya urusan membersihkan pup si adik dinomor duakan. Kolak pun diantar ke tempat posyandu, lalu saya pulang ke rumah untuk membersihkan popok si adik.

Alhamdulillah, akhirnya berlalu dengan damai hari penuh drama kala itu. Ricecooker jadi penolong saya hari itu. Untungnya, listrik juga tak padam. Kalau padam, bingung juga saya gimana, haha.  Ibu-ibu juga pernah masak selain nasi di ricecooker? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *