Menelusuri Keindahan Pantai Tampora Situbondo, Pantai Cantik yang Bersembunyi di Balik Bukit

Pulau Bangka, tempat kelahiran saya adalah daerah yang banyak sekali pantainya. Pasirnya putih, airnya jernih, angin sepoi-sepoi, cocok sekali untuk main air atau sekedar menikmati keindahan dan ketenangan alam di sana. Cukup menempuh perjalanan mulai dari 15 menit hingga 1 jam, kita sudah bisa menemukan pantai cantik di Bangka.

Karenanya, tak heran bila orang Bangka senang sekali mandi atau sekedar main ke pantai. Biasanya, anak pulau yang sedang merantau, ketika kembali ke Bangka, tidak boleh melewatkan pantai Bangka untuk dikunjungi sebelum pulang. Dan itu juga berlaku untuk saya, hehe. Setelah sekitar 6 tahun menikah ikut suami di pulau Jawa, ketika sesekali pulang, tempat yang harus kami kunjungi adalah pantai. Kalau di dekat rumah, yang paling dekat adalah Pantai Pasirpadi Pangkalpinang. Bila mudik, pasti kami sempatkan mandi di sini.

Alhamdulillah, kabar baiknya, ternyata tempat tinggal saya sekarang, Paiton Probolinggo juga daerah yang dikelilingi banyak pantai. Di dekat rumah ada Pantai Duta, agak jauh sedikit ada Pantai Tampora, Utama Raya,  lebih jauh sedikit ada Pantai Pasir Putih. Tiga pantai terakhir terletak di Kabupaten Situbondo.

Kali ini, saya akan menceritakan sedikit tentang perjalanan kami beberapa waktu lalu, ketika main ke Pantai Tampora Situbondo. Dari rumah, kami cukup menempuh perjalanan dengan motor sekitar 30 menit. Pantai ini terletak di Desa Kalianget, Banyuglugur, Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Sebenarnya sudah beberapa kali kami berkunjung ke pantai ini. Hanya saja, sekarang jalannya sudah bagus dan sudah disediakan beberapa fasilitas tambahan seperti mushola, dan kamar mandi, namun belum beroperasi.

Pantai Tampora Situbondo

Pendopo untuk istirahat.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Bila hendak mengunjungi Pantai Tampora, kita harus mendaki bukit yang sedikit tinggi, kemudian menuruni jalan yang menurun lumayan lama (istilahnya landai ya?), barulah nanti akan bertemu dengan pantai ini.

Pantai Tampora Situbondo

Jalan masuk yang sudah diaspal di Pantai Tampora Situbondo.

Dulusebelum kondisi jalan sebagus sekarang, setiap ke sini saya selalu merasa uji nyali. Jalannya naiknya tak terlalu bagus, banyak batu-batu dan berlubang. Sementara ketika turun, jalannya masih alami sekali. Masih terjal dengan bebatuan dan tanah. Alhamdulillah sekarang sudah diaspal dan mulus.

Pantai Tampora Situbondo

Pintu masuk Pantai Tampora Situbondo.

Pantainya masih asri sekali. Di bibir pantai tumbuh banyak pohon. Jadi ketika di sini kita merasakan sensasi ada pantai di tepi hutan. Orang yang berjualan juga masih belum terlalu banyak, hanya ada 2 atau 3 toko yang berjualan. Untungnya, tersedia toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan, cukup membayar Rp 4000 untuk mandi. Jadi bila ke sini jangan lupa untuk membawa bekal, karena yang dijual hanya gorengan, jagung bakar, es kelapa, dan bakso.

Pantai Tampora Situbondo

Laut Pantai Tampora sewaktu pasang.

Pantai Tampora Situbondo.

Pantai Tampora dari atas bukit.

Biasanya, ketika berkunjung ke sini laut selalu dalam keadaan pasang. Jadi kami bisa mandi di atas pasir tanpa takut kesakitan menginjak karang. Tapi ketika terakhir ke sini beberapa waktu yang lalu, lautnya sedang surut, sehingga karang dan tanaman laut lainnya bisa kelihatan dengan jelas. Ada beberapa orang juga sedang berkemah. Lalu agak siang sedikit ada sekumpulan pembalap motor uji nyali dengan melintasi semak bukit menggunakan motor.

Salah satu keunikan lainnya di pantai ini adalah ada goa kucing yang terletak di atau bukit di bibir pantai. Sayangnya kami belum berhasil menemukannya. Tapi dari atas bukit kita bisa mendapatkan view yang lebih bagus, kelihatan seluruh pantai dan sedikit tampilan PLTU Paiton.

Pemandangan dari atas di jalan masuk pantai.

Segitu aja sih catatan perjalanan kali ini. Sayangnya, karena sudah bolak-balik ke sini, kami tak sempat mengambil foto pantai dan sekitar  yang agak bagus, karena hp dan power  banknya keburu mati. Sebenarnya stok foto masih tersimpan di harddisk, tapi entah berada di  mana, haha. Suatu saat bila sudah dapat foto yang bagus, saya update lagiya, hehe. Semoga ke depan saya bisa membuat tulisan traveling yang lebih baik lagi ya. Jadi, setelah membaca postingan ini, apakah kamu jadi tertarik untuk main ke Pantai Tampora Situbondo? Atau sudah pernah ke sini? Silahkan sharing di kolom komentar ya, terima kasih. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *