Miliki 4 Hal Ini untuk Optimalkan Kegiatan Bermain Bersama Si Kecil


Miliki 4 Hal Ini untuk Optimalkan Kegiatan Bermain Bersama Si Kecil

Miliki 4 Hal Ini untuk Optimalkan Kegiatan Bermain Bersama Si Kecil.

Sudah fitrahnya anak-anak itu dunianya bermain. Kesehariannya diisi dengan bermain dan bermain, dari bangun tidur lalu tidur lagi hingga nanti bangun lagi. Bahkan menurut psikolog Elly Risman, anak-anak yang mainnya kurang semasa kecil, berpotensi untuk tumbuh kekanak-kanakkan ketika dewasa. Bahkan masih menurut Beliau, insiden orang dewasa yang naik-naik meja ketika rapat beberapa waktu yang lalu, bisa jadi karena sewaktu kecil mereka kurang bermain.

Meskipun kelihatannya sepele, ternyata kegiatan bermain ini juga bisa jadi ajang belajar untuk anak-anak, terutama di usia pra sekolah. Misalnya saja ketika mau mengenalkan huruf kepada anak-anak, agar tidak bosan dan kaku, bisa diselipkan dalam kegiatan menempel huruf di dinding, atau mencari harta karun huruf alfabet di dalam pasir atau beras atau lainnya. Nah, kalau seperti ini jadinya yang didapat bukan hanya satu, mengetahui huruf alfabet, tapi bisa untuk melatih sensorinya juga.

Karena itu, agar anak tertarik, setiap orang tua dituntut untuk aktif dan kreatif. Sehingga bisa selalu menemukan metode bermain dan belajar yang seru dan menyenangkan untuk si kecil.

Sejak memiliki anak, saya pun berusaha walau tidak rutin, menyisipkan kegiatan-kegiatan seru untuk si kecil agar bisa bermain sambil belajar. Seperti membuat playdough homemade dari terigu dan pewarna, bermain rumah-rumahan dari playmat, dan lainnya. Biasanya inspirasi main ini kebanyakan saya ambil dari internet, buku, atau mengarang bebas. Walaupun kadang hasilnya si kecil kadang suka, kadang tak tertarik. Haha.

Miliki 4 Hal Ini untuk Optimalkan Kegiatan Bermain Anak

Mengenal warna sambil bermain bola.

4 Hal untuk Optimalkan Bermain Anak

Mengenal warna sambil bermain air dan melatih konsentrasi.

Berhitung sambil melatih konsentrasi dan mewarnai mutiara.

Berhitung sambil melatih konsentrasi dan mewarnai mutiara.

Untuk sekarang-sekarang ini, inspirasi main si kecil kebanyakan dari instagram. Saya banyak mengikuti akun ibu-ibu kreatif dalam membuat mainan untuk buah hatinya. Seperti Mba’ @ratnassaleh, @indonesiamontessori, @uchywidya, dan lainnya.

Beberapa akun instagram sebagai contoh kegiatan bermain.

Beberapa akun instagram sebagai contoh kegiatan bermain.

Dari kebanyakan akun instagram yang saya ikuti tersebut, akhirnya saya simpulkan apa saja yang harus kita miliki dan persiapkan agar bisa membuat sebuah kegiatan bermain sambil belajar yang menarik untuk si kecil. Apa itu? Chek it out!

  1. Niat yang kuat

Agar bisa terus konsisten untuk selalu membuat kegiatan bermain sekaligus membersamainya, orang tua harus punya niat dan tekad yang kuat dari awal. Sehingga tidak gampang mundur dan goyah. Semakin kuat alasan, semakin gigih kemauannya.

  1. Teman-teman dengan semangat yang sama

Bergabung di komunitas sesama orangtua pembelajar penting sekali untuk menjaga semangat agar tidak mudah turun. Atau ketika buntu dan kehabisan ide, kita bisa sedikit mencontek dari teman sesama komunitas. Bisa juga untuk tempat berbagi fasilitas.

  1. Buku

Selain ide sendiri dan internet, sumber ide yang lain yang bisa kita manfaatkan adalah buku. Semakin ke sini, semakin banyak buku-buku tentang berbagai kegiatan anak. Misalnya saja buku Rumah Bermain Anak oleh Julia Sarah Rangkuti, atau buku Montessori di Rumah oleh Evi Lim Kusumo, atau buku lainnya.

  1. Fasilitas yang memadai

Sebenarnya fasilitas yang memadai ini bukanlah yang terpenting. Yang paling penting adalah orang tua dengan niat dan semangat yang tinggi. Karena banyak sekali saya perhatikan orang tua yang mengajak anaknya bermain, kadang-kadang membuat mainan dari bahan-bahan bekas. Bahkan ada yang mengkhususkan semua mainan dari kardus bekas dan ternyata bisa jadi apa saja. Ada kamera dari kardus, kalkulator dari kardus, mesin kasir dari kardus, dan lainnya.

Tapi meskipun begitu, kita juga membutuhkan fasilitas untuk menunjang kegiatan bermain anak. Fasilitas ini di antaranya, aneka cat warna, krayon warna, kertas origami, kain flanel, aneka lem, gunting, jarum, benang, mesin jahit, hingga meja belajar.

Agar anak bermain optimal

Si kecil dan meja belajarnya.

Meja belajar juga perlu? Ya tergantung kebutuhan. Meja belajar ini bisa juga jadi tempat penyimpanan aneka harta karun si kecil atau bisa juga jadi tempat settle  saat si kecil bermain. Nah, kalau bingung mencari mode meja belajar, tinggal pilih dan beli di mataharimall.com, tersedia aneka model dan warna. Ada yang karakter, warna-warni, klasik, dan masih banyak lagi lainnya.

Agar anak optimal bermain

Pilihan meja belajar di mataharimall.com

Itulah beberapa hal menurut saya yang dibutuhkan agar bisa menciptakan suasana bermain sambil belajar bersama si kecil yang kondusif. Kadang kelihatannya memang merepotkan ya, buat ini itu untuk si kecil. Tapi lebih repot lagi bila ketika dewasa, kita seakan terlambat karena keengganan kita membersamai anak-anak bermain saat kecil. Semoga kita tidak menjadi orang tua yang seperti itu, ya. Semoga bermanfaat. 🙂

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *