Miliki Lima Hal Ini Untuk Melengkapi Harimu dalam Menutup Aurat

Indblack

Sudah fitrahnya wanita itu menarik. Bahkan bisa dibilang semua bagian yang ada pada diri wanita itu menarik untuk dipandang. Tambahannya lagi, wanita juga memiliki fitrah suka diperhatikan. Dalam hal Ini terkadang bisa jadi dalam bentuk suka dilihat.

Sebaliknya, laki-laki fitrahnya adalah makhluk visual, yang suka sekali melihat keindahan, terutama wanita. Dalam buku Wanita Berkarir Surga karya Felix Siauw dan tim digambarkan bahwa otak laki-laki memiliki ruang yang banyak untuk urusan seks dibanding yang lain.

Wanita berkarir surga

Sumber gambar: Buku Wanita Berkarir Surga karya Ustadz Felix Siauw dan tim.

Karenanya, agar tak terjadi interaksi yang berlebihan antara keduanya, Allah sang pencipta menciptakan panduan berupa menutup aurat untuk wanita (Qs. An-Nur ayat 31 dan Qs. Al-Ahzab ayat 59) dan menjaga pandangan bagi laki-laki (Qs. An-Nur ayat 30) Dan wanita.

Jadi saya sama sekali tidak setuju dengan pemikiran yang mengatakan bahwa yang menjadi masalah bukanlah wanita yang berpakaian seksi, melainkan laki-laki yang pikirannya selalu tentang birahi. Karena memang normalnya, laki-laki punya porsi yang banyak untuk hal ini. Sebelum menyuruh para lelaki menjaga pandangannya, terlebih dahulu kita para wanita harus menutup aurat Kita dengan sempurna.

Meski telah mengenakan kerudung yang menutup dada, lalu gamis yang menutupi seluruh tubuh, kecuali tangan dan muka bukan berarti tugas wanita selesai hanya sampai di sini. Menutup aurat bukanlah akhir, melainkan awal Dari langkah seorang wanita untuk senantiasa mengikuti perintah Rabbnya. Karenanya, selain menutup aurat, seharusnya wanita juga melengkapinya dengan beberapa hal lainnya. Apa saja itu?

 

  1. Diri yang tak pernah berhenti untuk terus belajar

 

Seorang wanita muslimah yang baik seharusnya sadar, bahwa perintah Allah bukan hanya sholat atau puasa, atau hanya tentang menutup aurat. Karenanya setelah menutup aurat, harusnya wanita jadi semakin semangat untuk memperbaiki dirinya agar sesuai dengan yang Ia perintahkan.

Sebagian orang keliru dengan pemikiran bahwa yang penting adalah hatinya baik, baru menutup aurat. Karena bila seorang muslimah yang menutup aurat melakukan keburukan, itu malah akan memperburuk citra hijab itu sendiri. Padahal setelah menutup aurat, InsyaAllah akan ada perbaikan diri yang terdorong karena kerudung dan gamisnya tersebut, setidaknya itu yang saya rasakan. Meskipun sifatnya Tak sama satu sama lain, ada yang cepat ada yang lambat.

Karenanya dibutuhkan jiwa yang selalu haus ilmu, agar kita senantiasa memperbaiki diri.

 

2. Rasa malu

 

Muslimah yang tak punya rasa malu akan mudah mengumbar kecantikannya di depan umum. Mereka akan mudah bergoyang, bertingkah centil, untuk memikat lawan jenis. Karena itu, selain ilmu rasa malu juga perlu.

 

  1. Sahabat taat

 

Satu lidi lebih mudah untuk dipatahkan dibandingkan sekumpulan lidi dalam sebuah sapu. Karenanya, sama seperti lidi, seorang muslimah butuh sahabat taat agar kita terus kuat tak gampang goyah.

Sahabat taatlah yang akan menjadi pengingat kita dikala kita mulai sedikit melenceng dari jalur yang semestinya.

 

  1. Lingkungan yang baik

 

Setelah sahabat, hal penting berikutnya adalah lingkungan yang baik. Meski ilmu sudah ada, malu terpelihara, sahabat selalu mengingatkan, kita perlu lingkungan yang baik agar dapat selalu istiqomah. Akan sulit sekali bertahan melakukan kebaikan, dalam lingkungan yang buruk, apalagi lingkungan maksiat. Ketika kita memakai kerudung, sementara di sekitar kita malah mengkampanyekan rok mini. Akhirnya lama kelamaan malah kita yang risih mengapa kita berbeda. Lalu menganggap orng lain tak menutup aurat itu biasa, akhirnya kitalh yang melakukannya.

 

  1. Beberapa perintilan sederhana

 

Beberapa benda kecil diperlukan untuk menyempurnakan menutup aurat. Meski kecil dan tidak wajib, rasany tanpa barang-barang ini ada yang kurang.

 

  1. Kaos kaki

Meski tak wajib, kaos kaki menjadi barang penting yang harus dimiliki muslimah saat menutup aurat. Karena ketika berjalan, kaki kita akan mudah terlihat. Kecuali kita menggunakan gamis yang panjang sekali dan itu jarang dijual.

 

  1. Ciput (dalaman jilbab)

Memang ada sebagian orang yang tanpa memakai ciput, rambutnya tak keluar. Tapi banyak lagi yang lainnya justru rambutnya keluar tanpa ciput. Pilihlah ciput yang enak dipakai, anti pusing dan pas di kantong.

 

  1. Handshock

Kadang ketika di luar kita melakukan sesuatu yang membuat kita mengangkat tangan, pergelangan tangan akan sedikit terbuka. Karenanya kita perlu handshock untuk menghindari aurat tangan terbuka.

 

Alhamdulillah, untuk ketiga bahan printilan ini sudah banyak yang menjual, online maupun offline. Bahan, model, harga, semuanya beraneka rupa. Tapi ada satu produsen handshock dan ciput yang selama ini sering memenuhi linimasa media sosial saya. Dia adalah Indblack oleh Indari Mastuti.

Saya dibuat agak penasaran dengan kedua benda ini, karena selain peminatnya banyak, ada donasi yang tak sengaja kita donasikan dengan membeli produk by indblack.

Akhirnya saya pun mencoba kedua produk ini. Setelah memakainya sendiri, saya pun mulai paham mengapa produk by indblack ini banyak peminatnya.

  1. Desain elegan, lucu dan cantik

Buat kamu yang tak suka polos, tapi tak mau berlebihan atau norak, bisa memilih handshock by indblack ini. Motifnya manis dan anggun.

  1. Bahannya oke

Setelah dipakai, bahannya nyaman dan pas di tangan. Saya pernah beli handshock merek lain, lebih murah dibandingkan indblack, tapi baru beberapa kali pakai, sudah banyak bolongnya. Kain yang dipakai di produk indblack termasuk kain yang awet dan tak gampang robek.

  1. Membantu para wanita di balik pembuatannya

Di beberapa statusnya Teh Indari sering bercerita bahwa sebagian pegawainya untuk produksi produk ini adalah perempuan-perempua  di dekatnya yang memang memerlukan pekerjaan itu. Ada yang janda, berhutang, dan lainnya. Karenanya dengan membeli produk ini kita tak hanya diri sendiri agar dapat menutup aurat, namun juga membantu para perempuan di balik layar indblack.

 

Itulah beberapa hal yang harus dimiliki untuk melengkapi muslimah ketika hendak menutup aurat. Ingat, jangan sampai penutup aurat pertama dan terakhirmu adalah kain kafan yang membungkus tubuh kala raga sudah tak bernyawa. Semoga bermanfaat. 🙂

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *