Napak Tilas sepradik.com Selama Tahun 2017

Napak Tilas sepradik.com Selama Tahun 2017.

Akhir tahun seperti sekarang ini cocok sekali bila membahas tentang refleksi dan resolusi ya. Seperti tema collablogging kami kali ini, tentang refleksi akhir tahun. Baca tulisan Mba’ Sumayyah Tsabitah tentang refleksi diri sebelum resolusi.
Sebenarnya saya agak bingung ketika harus menulis tentang refleksi ya. Tapi berhubung tagline blog sepradik.com ini adalah “ Curhatnya Emak Rempong”, yang merupakan cerita kegiatan saya sehari-hari di rumah atau lainnya, maka sepertinya lebih enak bila saya refleksi kegiatan blogging saja di sepradik.com selama tahun 2017 ke belakang.
Nah, agar lebih spesifik, saya akan menulisnya per bulan ya.
Januari
Di bulan ini hanya ada 4 postingan saja. Di bulan ini saya masih mengandung anak kedua kami. Waktu itu usianya hampir 9 bulan. Di bulan ini saya menulis tentang persiapan persalinan dan perbedaan kandungan yang pertama dan kedua. Di bulan ini pula ada satu kejadian sedih yang masih menyesakkan hati hingga saat ini, Abang kedua saya meninggalkan kami semua untuk selamanya. Sedih sekali rasanya bila ingat peristiwa itu. Tapi saya yakin dan percaya, selalu ada hikmah di setiap kejadian. Semoga Allah mengampuni dosanya dan melapangkan kuburnya, Aamiin.
Februari
Di bulan ini hanya ada 4 postingan di blog sepradik.com, yang lagi-lagi hampir kesemuanya curhat, hehe. Di bulan ini juga saya sedikit menuliskan tentang kepergian Abang. Betapa saya menyesal karena kami tidak begitu akrab ketika Beliau hidup. Di bulan ini saya juga menuliskan tentang sedikit kenangan kami bersama si Abang, anak pertama kami. Harusnya lebih banyak lagi tulisan tentangnya, karena ketika kami mulai marah padanya, harus lebih sering lagi kami baca tulisan tersebut.
Dan di minggu terakhir bulan ini, Alhamdulillah saya melahirkan anak kedua. Mau berapa kali melahirkan, tetap saja detik-detik pertemuan dengan sang buah hati itu menjadi momen-momen deg-degan tersendiri ya. Alhamdulillah lahiran kedua ini lebih lancar, cepat, serta bisa IMD sepuasnya.
Maret
Meski baru memiliki bayi dan beranak dua, Alhamdulillah saya masih bisa menulis di blog ternyata. Walaupun bulan maret cuma ada 3 postingan tentang cerita waktu melahirkan si adek, persiapan melahirkan normal, serta tulisan sponsored post.
April
Di bulan ini masih setia dengan 3 postingan, tentang lomba dan sponsored post. Alhamdulillah walau sedikit, masih ada receh yang masuk melalui sepradik.com
Mei
Di bulan mei sepertinya semangat ngeblog saya agak naik sedikit, ada 5 postingan di bulan mei. Karena di bulan ini tepat setahun saya pindah rumah ke domain berbayar sepradik.com ini. Ada postingan untuk memeriahkan giveaway, curhat tentang hutang, perbedaan melahirkan di klinik dan rumah sakit, manfaat blog bagi saya, hingga curhat tentang cara membuat akte kelahiran si adek. Dan Alhamdulilah sejak ada postingan tentang pembuatan akte kelahiran ini, page view sepradik.com meningkat drastis, dari yang awalnya hanya berapa ratus per bulan, bisa berapa ribu per bulan. Masih tetap blogger remahan rengginang sih, tapi ini saja sudah cukup membuat saya bahagia, haha.
Juni
Alhamdulillah di bulan ini semangat ngeblognya juga masih terjaga. Ada 6 postingan di bulan ini. Karena sebentar lagi puasa, di bulan ini saya menuliskan beberapa tulisan tentang puasa. Mulai dari sedikit tips puasa bagi ibu hamil dan menyusui dan ide berbagi di bulan puasa. Selebihnya tentang cerita pertemuan dengan suami, tulisan lomba, hingga sponsored post.
Juli
Bulan ini semangat ngeblognya mulai menurun. Hanya ada 4 postingan tentang lomba, review tempat makan, hingga postingan berbayar.
Agustus
Di bulan ini saya ikut program one day on post, lumayan bisa tembus 17 tulisan di bulan ini. Mungkin ini juga yang mengantarkan sepradik.com akhirnya bisa mencapai angka 22 untuk DA, sesuai resolusi di awal bulan Januari lalu, meskipun akhirnya turun lagi, huhu. Saya menulis banyak hal di bulan ini. Mulai dari review hotel sewaktu transit menginap untuk pulang kampung, rumah tangga, kematian, parenting, cerita sahabat Rasulullah SAW, blog, hingga investasi tanah.
Oh ya, bulan ini juga saya mudik ke Bangka. Akhirnya setelah sekian lama terpisah, bisa bertemu kembali dengan keluarga tercinta. Kali ini pulangnya dengan mengajak 2 bocah, hehe. Akankah kepulangan berikutnya bertambah lagi? Kita lihat saja, hehe.
Karena masih dalam suasana mudik, jadi saya tidak terlalu sibuk dengan blog. Menikmati masa-masa pulang kampung dan bertemu dengan kedua orang tua. Pulang kampung kali ini juga kami sempatkan menginap di rumah kakak pertama yang jauh dari sinyal, huhu.
September
Mungkin karena masih baru kembali dari liburan, setelah liburan ke Bangka kami langsung berangkat ke Blitar lalu pulang ke Paiton. Akhirnya bulan ini Cuma ada 2 postingan di blog, salah satunya tentang poligami, hehe. Ngeri-ngeri sedap nulisnya, haha.
Oktober
Bulan ini hanya ada 3 postingan, yang dua diantaranya masih tentang collabloging. Untungnya ikutan kegiatan seperti ini ya meski malas sedang akut, lumayan masih bisa menulis sedikit di blog.
November
Bulan ini juga hanya ada 2 postingan, salah satunya tentang DIY membuat sandal jepit. Bahagia sekali akhirnya bisa memperindah sandal sendiri, meski usia hiasannya Cuma berlangsung beberapa jam, karena dipreteli para bocah, haha.
Desember
Sampai sebelum postingan ini terbit, saya sudah menulis 6 postingan di bulan desember. Mulai dari resolusi, lomba, hingga review tempat liburan yang kami kunjungi beberapa waktu lalu, Trawas dan Kebun Binatang Surabaya.

Total secara keseluruhan ada hampir 60 postingan di tahun ini. Karena keterbatasan waktu, sebagian besar tulisan saya minim sekali infografis dan tembelan lainnya, mulai dari SEO dan kawan-kawannya. Sebenarnya bisa saja ya, saya belajar lebih serius lagi tentang itu. Tapi sepertinya saya tidak mau ngoyo lah untuk blog. Melihat pengalaman ke belakang kemarin-kemarin, saya jadi sering sakit bila terlalu sering begadang. Selain itu, bila kurang tidur saya juga jadi cepat marah kepada anak-anak dan suami. ke depan, saya hanya mau menulis dengan lebih santai, biar sedikit asal berkualitas, sambil pelan-pelan belajar tentang ilmu blog lainnya. Makanya resolusi saya tahun depan tidak ada yang spesifik tentang blog seperti tahun kemarin.

Bacajuga: My 2018 Year Plan.

Segitu dulu tentang refleksi blogging saya tahun ini. Semoga ke depan tulisan saya lebih bagus dan bermanfaat. Kamu juga punya refleksi atau resolusi? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

 

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *