Olahraga yang Paling Sering Dilakukan ketika Menjadi Ibu Rumah Tangga

Saya bukanlah orang yang hobi berolahraga. Meluangkan waktu seminggu sekali hanya demi aktifitas olahraga, it’s not really me. Saya lebih senang duduk santai nonton film kartun, atau sekedar main air di pantai.

Tapi semakin ke sini, saya semakin paham, bahwa sehat itu penting. Apalagi sejak hadirnya anak-anak di antara kami. Saya selalu berdo’a agar saya dan suami bisa terus membersamai mereka bersama hingga mereka menikah dan kemudian kami memiliki cucu, hehe. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan terus sehat, salah satunya dengan banyak olahraga.

Sebagai ibu rumah tangga dengan dua balita di rumah tanpa ART, memiliki aktifitas olahraga rutin sepertinya hal yang sangat berat untuk ibu rumah tangga seperti saya. Karenanya, satu-satunya olahraga yang paling sering saya lakukan adalah jalan kaki. Mengapa? Karena selain praktis, mudah, jalan kaki juga sangat menyehatkan.

Bahkan menurut informasi yang saya dapat dari www.alodokter.com, dengan berjalan kaki rutin selama 30 menit dalam sehari, dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Mulai dari kesehatan jantung, menurunkan kolestrol, mencegah diabetes tipe 2, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, hingga mencegah osteoporosis. Wah, walau kelihatannya sepele, ternyata jalan kaki memberikan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Bisa jadi kebanyakan penyakit aneh yang datang belakangan ini, karena kita kurang berjalan kaki, kemana-mana naik kendaraan, padahal hanya untuk jarak beberapa meter dari rumah (itu mah saya, haha). Sementara orang-orang zaman dulu, berkilo-kilo jauhnya perjalanan, kadang hanya ditempuh dengan berjalan kaki.

Meski sadar betul manfaat jalan kaki dan olahraga, saya tetap tak bisa rutin selalu jalan kaki 30 menit setiap hari. Kadang karena sibuk dengan aktifitas di rumah, menunggu para bocah yang tak kunjung bangun, atau karena banyak jadwal keluar (padahal jarang keluar, haha). Walaupun begitu, saya tetap mengusahakan minimal dalam seminggu ada aktifitas jalan kaki. Melalui kegiatan-kegiatan sederhana sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Apa saja itu?

Menemani anak-anak main ke rumah tetangga

Jadi rumah kami itu terletak di bagian ujung, sementara teman bermain si Abang, ada di sebelah ujung juga. Karena itu, bila mengajak Abang bermain ke rumah temannya, saya usahakan tidak naik motor atau kendaraan lainnya. Bila ditotal, perjalanan pergi pulang ke rumah temannya si Abang hampir mencapai 30 menit.

Jalan-jalan keliling perumahan

Setiap mas suami masuk sore, saya usahakan mengajak anak-anak berkeliling perumahan. Pas sekali karena perumahan kami masih baru, jadi sambil jalan-jalan kami bisa mengintip bagaimana bentuk calon rumah tetangga kami, hehe.

Belanja ke toko kelontong

Bila tak sedang buru-buru, saya usahakan membeli keperluan sehari-hari di toko kelontong terdekat. Selain bisa sambil silaturrahim, bisa juga sekalian membantu tetangga sendiri, bonusnya tubuh sehat karena jalan kaki.

Tidak menggunakan alat bantu saat traveling di tempat tertentu

Seperti di kebun binatang atau lainnya, yang terkadang menyewakan kendaraan untuk mempercepat sampai di tempat tujuan. Sekali-sekali boleh “mencicipi” seperti apa rasanya, tapi bila untuk menjadikan sebuah kebiasaan, sebaiknya tidak. Toh dengan berjalan kita bisa mendapatkan banyak manfaat seperti yang saya sebutkan di atas.

Jalan-jalan keliling sawah atau kampung

Dulu waktu masih belum punya anak atau ketika hamil, saya dan suami sering sekali berjalan keliling kampung atau sawah. Katanya, jalan kaki juga bagus untuk ibu hamil guna memperlancar proses persalinan. Alhamdulillah kedua anak saya lahir dengan persalinan yang normal dan lancar, meski ada banyak faktor penyebabnya, saya yakin jalan kaki adalah salah satunya.

Beberapa waktu yang lalu bahkan saya, suami dan anak-anak mengikuti jalan santai 5K yang diselenggarakan perusahaan tempat kerja suami. Lumayan, jalan sambil gendong bayi, baju pun basah keringat.

Begitulah sedikit hal yang saya lakukan agar bisa senantiasa berjalan kaki walau cuma sebentar. Pekerjaan ibu rumah tangga memang tak ada habisnya, tapi jangan sampai karena alasan ini, kita lupa untuk selalu mengupayakan pola hidup sehat. Jadi, Bu Ibu semua, sudah jalan kaki belum hari ini? 🙂

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *