Prive Uricran, Sahabat Emak Rempong Kala Anyang-anyangan Melanda

 

Prive Uricran, Sahabat Emak Rempong Kala Anyang-anyangan Melanda.

Sejak menikah, lalu memiliki dua anak dan memutuskan tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga, otomatis waktu saya untuk melakukan me time semakin berkurang.
Jangankan mau me time, mau melakukan aktivitas di dapur saja saya harus berlomba dengan waktu. Kalau tidak cepat, si Abang yang baru berusia 3 tahun akan menjahili adiknya yang baru berusia 4 bulan. Pernah suatu ketika saya tinggalkan para krucil berdua ketika tidur untuk bersih-bersih, tak lama kemudian tangis adik pun terdengar. Begitu saya lihat ke kamar, adik sudah tidak di kasur lagi, tapi di lantai, didorong Abangnya. Saya terkejut sekali dan sejak saat itu tak pernah meninggalkan si Abang dan adik hanya berdua saja.

Sementara saya tidak bisa memasak sambil menggendong, selain karena faktor bahaya, juga karena rasanya pegal sekali. Walau pada akhirnya bila terpaksa  terkadang saya harus memasak sambil menggendong si adik, atau bahkan si Abang bila ia sedang rewel.
Kadang bila suami sedang di rumah, saya percayakan kedua krucils kepadanya. Kalau seperti ini saya bisa lebih leluasa. Tapi tetap tak bisa terlalu lama, karena suami harus kembali bekerja atau istirahat sepulang kerja.

Akhirnya, saya hanya bisa melakukan aktivitas pribadi seperti mandi, ke kamar kecil, dan lainnya ketika para krucils tidur. Atau bila sudah tak tahan lagi, harus bisa dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Pernah suatu hari saya kebelet buang air besar. Lalu si adik saya letakkan di kamar tamu, kemudian ditutup, sementara Abang di kamar lain. Baru 5 detik saya masuk kamar mandi, si Abang sudah gedor-gedor pintu sambil teriak-teriak dan menangis. “Ummi, Ummi, Ummiiiiiii!”

Maka terpaksa, saya paksakan selesai urusannya dan segera keluar.

Sehingga bila tidak terlalu kebelet, saya tidak akan ke kamar mandi, apalagi bila hanya sedikit mau buang air kecil.

Akibatnya, saya jadi sering menahan untuk buang air kecil.

Ternyata, kebiasaan saya sering menahan buang air kecil ini bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan. Bila dibiarkan, bahkan bisa berlanjut menjadi penyakit infeksi saluran kemih.

Anyang-anyangan sendiri merupakan salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Gejalanya antara lain di saat sedang buang air kecil, air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul juga nyeri.

Alhamdulillah, saya belum sampai merasakan sakit buang air kecil. Hanya saja sekarang yang saya rasakan, bila buang air tidak bisa langsung selesai. Setelah buang air, ada lagi keinginan untuk buang air, tapi yang keluar cuma sedikit.

Saya pun jadi khawatir, mungkin ini juga adalah gejala awal anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Karena umumnya, penyebab anyang-anyangan karena sering menahan kencing, sementara saya sering sekali menahan kencing.

Penyebab anyang-anyangan.

Penyebab lain adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan:

° Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
° Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
° Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
° Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
° Rasa perih ketika buang air kecil.
° Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
° Merasa lelah dan kurang sehat.
Demam

Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:

√ Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
√ Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
√ Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.

 

Salah satu cara mengatasi Anyang-anyangan adalah dengan menggunakan ekstrak Cranberry, yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Cranberry untuk mengatasi anyang anyangan.

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Riset Mengenai Cranberry

Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Untuk emak rempong seperti saya, repot sekali ya, bila harus mencari buah cranberry, lalu membuat jus.  Apalagi buah cranberry tidak mudah ditemukan di Indonesia.

Nah, agar tidak ribet, kini hadir prive uricran dari Combiphar yang dipercaya berkhasiat mengatasi anyang-anyangan karena mengandung ekstrak cranberry.

Produknya terdiri dari dua macam, berupa kapsul dan bubuk.

1. Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul mengandung 250 mg Ekstrak cranberry dalam setiap kapsulnya. Untuk yang kapsul tinggal diminum seperti minum obat pada umumnya.

Prive uricran dalam bentuk kapsul.

2. Prive Uri-cran Plus dalam bentuk sachet  mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus. Untuk yang sachet, diseduh bersama air terlebih dahulu.

Prive uricran dalam bentuk bubuk.

Alhamdulillah, kini tidak perlu risau lagi bila anyang-anyangan melanda. Lakukan beberapa hal ini bila anyang-anyangan kembali melanda.

1. Jaga kebersihan toilet dan miss V, jangan biarkan lembab sehingga bakteri senang berkembang biak. Bilas dengan benar sehabis buang air besar atau buang air kecil, dari depan ke belakang, lalu lap sampai kering.

2. minum air yang cukup,

3. Jangan menahan kencing,

4. Bantu dengan minum prive uricran, produk uricran yang mengandung cranberry. Cara penyajiannya gampang sekali. Untuk yang kapsul tinggal minum, untuk yang bubuk tinggal dicampur minum. Saya coba minum yang bubuk. Ini dia step by step penyajiannya.

Step by step penyajian. 1. Siapkan segelas air putih. 2. Ambil sebungkus prive uricran bubuk. 3. Buka bungkusan, tak perlu gunting, tinggal robek. 4. Tuang ke dalam gelas berisi air putih, 5. Aduk sampai rata, 6. Prive uricran siap diminum.

5. Bila ditemui tanda bahaya lebih lanjut, seperti berdarah atau nyeri yang sangat, segera hubungi dokter.

6. Selalu jaga pola hidup sehat.

Sekarang bisa lega ya, kalau sewaktu-waktu terkena anyang-anyangan. Jadi Emak rempong emang nggak boleh sering-sering sakit.Kalau tubuh selalu sehat, emaknya kan bisa fokus mengasuh para krucil dan mengurus rumah. Semoga kita selalu sehat ya Moms! Semoga bermanfaat. 🙂

Sumber gambar dan referensi: uricran.co.id

17 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *