Prol Tape Cara Lezat Menikmati Tape

image

    Prol Tape Kismis Keju ala Chef Julia

Jadi ceritanya mas suami baru saja membelikan oven di rumah. Maka saya pun keranjingan bikin kue yang menggunakan oven, hehe. Kemaren-kemaren saya membuat roti unyil, resep menyusul ya. 🙂
Hari ini, saya jadi kepingin bikin prol tape. Btw, adakah yang belum tahu apa itu prol tape? Eh sebelumnya, for your information, daerah saya tinggal dekat sama Bondowoso yang oleh-oleh khasnya tape. Jadilah di dekat rumah lumayan banyak penjual  “Tape Manis Bondowoso”. Tadi ketika mau membuat prol tape ini, saya beli tape nya sekilo harganya 8000 rupiah. Gimana? Murah kan? 😁
Oke, back to the topic, prol tape adalah sejenis kue yang bahan utamanya adalah tape. Semacam bolu tape gitu ya gampangannya. Forgive me if I’m wrong. 🙈
Rasanya manis legit trus ada aroma terapinya, eh aroma wangi tape maksudnya. Haha.
Pembukaannya panjang ya, langsung cuss yuuk. 😁
Enjoy baking!!😄

                Prol Tape Kismis Keju

image

           
              Bahan yang diperlukan.

Bahan yang diperlukan:
1. 300 gram tape singkong, haluskan
2. 3 butir telur & 1 kuning telur untuk olesan
3. 70 gram terigu
4. 50 gram margarin, lelehkan
5. 100 ml susu cair
6. 75 gram gula pasir
7. 1/2 sdt garam
8. Keju parut untuk taburan
9. Kismis untuk taburan dan isian

Cara membuat:
1. Campurkan tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut.
2. Masukkan telur, aduk rata.
3.Tambahkan tepung terigu, aduk rata.
4. Masukkan susu dan margarin leleh, aduk rata.
5. Campurkan kismis bersama adonan, aduk merata. Taburkan kismis di bagian atas adonan.
6. Tuang di loyang brownies yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung biar tidak lengket. (Ini cara saya, sebagian pakai kertas roti).

image

Adonan siap dimasukkan ke dalam oven.

7. Panggang dalam oven (yg sebelumnya sudah dipanaskan) dengan suhu 160°C selama sekitar 15menit atau sampai permukaan atasnya agak kering (jangan sampai matang).

image

Permukaan atas sudah kering, lalu oleskan kuning telur dan taburi keju.

8. Olesi permukaan atasnya dengan kuning telur. Taburi keju parut.

image

Siap untuk dipanggang ronde kedua.

9. Panggang lagi selama sekitar 20 menit sampai matang.
10. Tunggu agak dingin baru dipotong karena saat panas bagian dalamnya masih tampak agak ‘basah’ jd agak sulit dipotong.

image

           Prol tape siap disantap.

Pesan dan kesan:
Karena baru memakai oven, saya awalnya cuma pake api atas (bener nggak ya istilahnya). Jadinya, yang atas udah hampir gosong, yang dalem masih basah kayak masih mentah. Barulah kemudian saya panggang lagi dengan api bawah dan Alhamdulillah matang sempurna. 😂
Yeay!
Jadi kalo yang mau nyoba resep ini, jangan lupa perhatikan tingkat kematangannya ya, (ceilah bahasanya) haha.
Eit, satu lagi, karena masih chef amatiran, jadi ini bukan resep asli dari saya ya, resepnya nyomot dari sini.
Hasilnya gimana? Yummy. *nom-nom*
Jadi, mau makan tape dengan cara lezat? Ya prol tape jawabannya. Nggak percaya? Bikin aja! :mrgreen:

12 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *