Rawat Kamera Digital dengan Cara Sederhana Berikut Ini!  

Rawat Kamera Digital dengan Cara Sederhana Berikut Ini!(Photo credit to pixabay)

 

Aktivitas memotret kini sudah bukan lagi pekerjaan dari seorang fotografer, mengingat semua orang kini juga bisa memotret dengan kamera yang ada di ponsel. Namun jika ingin mendapatkan hasil jepretan maksimal, maka kamera smartphone seolah belum bisa mencukupi sehingga butuh kamera dengan kualitas terbaik. Kamera digital  bisa menjadi pilihan karena hasil kualitas fotonya yang jernih dan maksimal. Namun bila para pengguna kamera ini tidak mengetahui cara perawatannya, akan menyebabkan kamera mudah sekali kotor atau bahkan rusak.

 

Untuk menjaga performa kamera selalu baik, maka menjaga kamera tentu juga menjadi PR bagi setiap pemilik kamera. Untuk itu, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini untuk merawat kamera jenis digital yang Anda miliki:

 

1. Bersihkan kamera dan lensa Setiap seminggu sekali, lakukan pembersihan pada kamera dan juga bagian lensa. Lakukan hal ini secara teratur memakai lap kering bersih serta halus serat permukaannya. Jangan lupakan untuk membersihkan bagian dalam di elemen kecil memakai peniup atau blower kecil yang biasa dijual di toko online.

 

2. Hindari goresan

Ada baiknya jika lensa memiliki filter ulir yang bisa terpasang dengan permanen di bagian depan. Filter umum bisa menjadi pelindung adalah filter UV atau skylight dan sedang untuk bisa menghindarkan goresan bagian belakangnya, maka jagalah dengan memasang bodycup penutup ketika lensa dilepas dari bagian badannya.

 

3. Hindarkan dari sinar matahari

Mungkin hal ini terdengar sepele, namun kamera jika sampai terkena sinar matahari secara berlebihan akan menjadikan bagian dalamnya rusak jika terkena panas tinggi. Mengingat kebanyakan elemen yang ada di kamera digital terbuat dari plastik dan juga karet menjadikannya harus dijaga lebih dari sinar matahari.

 

4. Jaga dari goncangan

Apabila Anda seorang traveler yang suka sekali memburu foto di luar ruangan atau dimanapun, maka pasti sering membawa kamera dalam kondisi apapun. Jika demikian, ada baiknya untuk menyediakan tas khusus kamera dan jaga kamera agar tidak terkena goncangan berlebihan karena bisa menyebabkan elemen dalamnya menjadi terbentur atau lainnya.

 

5. Waspada kapur barus

Perlu diketahui jika kapur barus merupakan perusak yang ampuh untuk kamera. Hal ini mengingat beberapa bagian kamera  terbuat dari karet sehingga akan ada pengaruh jika ada kapur barus di dekatnya. Untuk jenis kamera elektronik, kapur barus akan mampu merusak bagian PCB yang mengakibatkan chip dan elemen di bagian itu tidak bekerja maksimal. bahkan kapur barus juga mampu menjadikan noda hingga flek hitam.

 

6. Servis berkala

Mungkin banyak yang menganggap jika servis kamera hanya akan membuang uang dan waktu. Padahal jika diteliti lebih jauh, banyak sekali manfaat ketika Anda mau menservis kamera karena banyak bagian dalam yang tidak bisa dijangkau perawatannya meski Anda rutin dalam melakukannya. Teknisi kamera akan membersihkan dan mengecek semua perangkat kamera secara lebih mendalam ke bagian terkecil sekalipun sehingga akan membuat performa kamera tetap maksimal.

 

Itulah beberapa tips dalam merawat kamera digital yang perlu Anda ketahui. Lakukan perawatan secara berkala dan jangan sampai malas merawat kamera karena bisa mempengaruhi pada performa. Mengingat kamera adalah senjata Anda untuk menangkap semua momen, maka mempertahankan performa dengan melakukan perawatan juga sudah menjadi tugas Anda sebagai pemilik sekaligus pengguna. Semoga bermanfaat. 🙂

[Sponsored Post]

 

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *