Rekomendasi Alat Masak Untuk Mendukungmu di Dapur

Rekomendasi alat masak di dapur

Picture credit to pixabay.

 

Dapur adalah salah satu tempat di mana seorang wanita bisa berlama-lama di sana, sampai-sampai mereka bisa menghabiskan waktunya seharian berada di dapur. Apalagi paska menikah, biasanya wanita lebih sering di dapur daripada melakukan hal-hal yang biasa dilakukan saat masih sendiri seperti dandan misalnya. Dapur sendiri  identik dengan alat-alat masak yang selalu digunakan oleh kaum wanita ini.

 

Nah bagi kamu yang mungkin baru saja melangsungkan pernikahan, dan belum mengenal alat masak seperti panci presto, pemanggang, serta beberapa alat masak di bawah ini akan mendukungmu memberikan hasil karya terbaik untuk suami dan keluarga yang lain dirumah.

 

Berbagai macam Panci

 

Ada banyak sekali  pilihan panci yang bisa kamu gunakan untuk memasak di dapur. Baik dari ukuran, bentuk, sampai pilihan warna yang lucu-lucu yang sekarang banyak dijual di toko-toko konvensional maupun toko online seperti Bukalapak. Meskipun begitu, sebaiknya kamu memilih panci sesuai kebutuhanmu sekarang. Ukuran pancipun sangat beragam, jika  Kamu adalah pengantin baru sebaiknya kamu memilih panci minimalis yaitu dengan 1 sampai 3 ukuran saja.

 

Jenis panci yang harus kamu miliki diantaranya adalah, sauce pan, panci biasa, serta panci pengukus. Sauce pan biasanya memiliki satu gagang panjang untuk pegangan. Panci ini berguna banget buat merebus air untuk membuat kopi atau teh. Selain itu, sauce pan juga berguna banget buat bikin makanan instan seperti mie, membuat jelly, agar-agar ataupun sereal.

Sauce pan

Berbagai sauce pan yang ada di bukalapak.

Kemudian panci biasa dengan 2 gagang sebelah kiri dan kanan. Panci ini bisa dipakai untuk memasak sayuran seperti sayur bening, soto ayam, asem-asem daging ataupun sayuran yang lain. Kemudian jenis panci yang lain adalah panci pengukus atau orang jawa sering menyebutnya dengan dandang. Belilah panci pengukus ini dengan ukuran yang sesuai. Biasanya, untuk ibu rumah tangga baru, kebutuhan mengukus bahan makanan tidak terlalu sering. Jadi, saya sarankan untuk membeli panci pengukus dengan ukuran kecil saja.

 

Saat baru memulai rumah tangga, sebaiknya kamu tidak perlu memiliki banyak panci dengan beragam bentuk. Tapi jika kamu adalah orang yang suka memasak, memiliki satu buah panci presto dengan ukuran kecil juga bisa jadi solusi. Dengan panci presto, memasak akan jadi lebih mudah. Daging yang biasanya harus direbus selama satu hingga dua jam agar benar-benar empuk, dapat direbus cukup sekitar 15 hingga 30 menit agar empuk dengan panci presto.

Panci presto

Aneka panci presto di bukalapak.

Beberapa jenis wajan atau teflon

Aneka wajan

Aneka wajan di bukalapak.

Barang yang harus kamu miliki selanjutnya adalah wajan. Wajan atau teflon ini berbeda dengan jenis panci presto ataupun panci-panci yang lainnya. Kamu harus memiliki wajan dengan berbagai macam ukuran. Dengan begitu, jika kamu sedang memasak dengan jumlah yang tidak banyak, kamu bisa menggunakan wajan dengan ukuran kecil, begitupun sebaliknya. Karena banyaknya jenis bahan dan ukuran pilihan wajan, sebaiknya kamu memilih wajan dari bahan stainless steel yang akan kamu gunakan untuk memasak sayur mayur. Sebaliknya, untuk menggoreng, pilihlah wajan dari bahan keramik yang sudah bebas  PTFE & PFOA agar memasak jauh lebih sehat.

 

Pemilihan bahan alat masak ini sangat penting karena segala masakan yang kita hasilkan, hasilnya dari alat yang kita gunakan. Kebanyakan bahan alat masak yang terbuat dari aluminium atau besi, mereka akan bereaksi saat terkena zat-zat yang terkandung dalam sayuran ataupun bahan makanan lainnya seperti zat besi.

 

Tips membeli peralatan Masak

 

Tips ini dari pengalaman saya pribadi bagaimana saya memilih alat masak yang akan saya gunakan seperti panci presto, teflon, panci kukus dan lain sebagainya. Saya lebih suka menggunakan panci yang terbuat dari stainless steel karena bahan ini aman untuk mengolah masakan. Hal berikutnya saya menggunakan panci atau wajan dengan beberapa ukuran, dari yang kecil sampai yang besar.

 

Saya lebih sering membeli alat masak melalui toko online seperti Bukalapak untuk mendapatkan harga hemat dan tentu saja dengan banyak pilihan. Agar tak menyesal di kemudian hari, jangan lupa baca review pembeli terhadap produk yang akan kita beli di calon penjual online. Selain itu, pastikan kita membaca spesifikasi alat masak yang ingin dibeli. Jangan sampai yang kita mau wajan ukuran 23 cm, tapi yang datang ukuran 18 cm, hanya karena kita kurang teliti.

 

Itulah beberapa rekomendasi alat masak untuk mendukung kinerja kita sebagai ratu di dapur. Jadi, alat masak apa saja yang sudah kamu punya? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *