Rencanakan Liburan Keluarga dengan Baik Bersama #GSAstraDelivery

Saya selalu percaya segala sesuatu yang direncanakan dengan baik hampir selalu dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak dipersiapkan atau persiapannya kurang matang. Kendati terkadang memang ada beberapa hal yang meski tidak dipersiapkan dengan matang dan baik dapat juga memberikan hasil yang baik, tapi setidaknya segala sesuatu yang sudah dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan kepuasan tersendiri. Kalau istilah kerennya sih, hasil tidak akan membohongi proses. Begitulah.
Tentang perencanaan yang baik, seharusnya ini berlaku untuk semua lini kehidupan, mulai dari perencanaan yang baik untuk pernikahan, kelahiran si buah hati, rumah idaman, studi, ibadah haji, bahkan hanya untuk sekedar liburan bersama keluarga di pantai yang tak jauh dari rumah.
Ya, meski kelihatannya sepele, bahkan hanya untuk sekedar jalan-jalan sebentar di taman kota, setidaknya saya sudah memulai perencanaannya paling lama semalam sebelum berangkat. Karena bila tidak begitu, rasanya ada saja yang kurang dan tidak sreg di hati. Apalagi sekarang di rumah sudah bertambah seorang balita lincah dan super aktif, sehingga bila tidak dipersiapkan dengan baik, bisa jadi rencana jalan-jalan hancur berantakan. Perencanaan yang dilakukan juga tidak terlalu rumit sih, mulai dari menyiapkan baju ganti, persiapan bekal yang akan dimasak untuk kemudian dibawa, sampai mempersiapkan si kecil agar bisa tidur di awal karena besok mau berangkat pagi-pagi.
Perencanaan liburan keluarga terlama yang pernah kami lakukan adalah ketika kami sekeluarga berlibur ke Jogjakarta Februari yang lalu.

Rencanakan Liburan Keluarga dengan Baik Bersama #GSAstraDelivery.

Saat liburan keluarga di Gembira Loka Zoo Jogjakarta.

Sedari setahun sebelum keberangkatan, kami sudah mempersiapkan semuanya. Dimulai dari menyisihkan uang bulanan untuk ditabung, cicil packing baju, mencari tempat penginapan, hingga list tempat yang akan dikunjungi sekaligus rencana cadangan bila rencana awal gagal.
Nah, mengenai perencanaan liburan keluarga, berikut beberapa hal yang selalu saya persiapkan bila ingin berlibur bersama keluarga:
1. Pastikan waktu liburan sesuai dengan jadwal cuti atau libur
Mas suami kerjanya menggunakan sistem shift, jadi tidak ada liburan pasti untuk mas suami. Kadang pada hari minggu ia harus masuk kerja, terkadang libur. Karenanya, bila merencanakan berlibur ke suatu tempat, kami selalu mencocokkan jadwal keberangkatan dengan jadwal libur suami. Bila ternyata mas suami tidak libur, terpaksa harus mengajukan sedikit cuti. Mumpung sekarang si kecil belum sekolah, jadi lebih leluasa menentukan waktu liburan.
2. Persiapkan dana atau budget jauh-jauh hari
Pada mulanya, setiap bulan kami sudah menganggarkan anggaran liburan. Bila nanti sudah terkumpul banyak, barulah digunakan untuk liburan. Seiring berjalan waktu, karena lupa dan banyak anggaran baru, akhirnya anggaran liburan tidak diisi lagi. Akibatnya, bila mau menentukan liburan ke suatu tempat, agar tidak ada anggaran yang membengkak, jauh sebelum waktu liburan kami sudah menentukan perkiraan dana yang akan dikeluarkan, sehingga bisa dicicil sejak jauh jari.
3. Pesan tiket hotel atau pesawat ketika promo
Agar anggaran tidak terlalu tinggi, perlu dilakukan penghematan di berbagai sisi ketika menentukan liburan. Salah satunya adalah memesan tiket hotel atau pesawat jauh sebelum keberangkatan dan usahakan pas sedang promo sehingga lebih murah.
4. Cheklist tujuan wisata
Karenan biasanya tempat liburan adalah tempat baru bagi keluarga, agar liburan lebih efisien, pastikan sebelum keberangkatan kita sudah tahu ke tempat mana saja kita dan keluarga akan berkunjung. Selain itu pastikan juga kita tahu perkiraan biaya masuk dan syarat khusus bila hendak ke tempat tersebut. Sehingga waktu liburan tidak akan terbuang percuma. Ada sedikit cerita tentang mencari tahu tempat wisata sebelum berangkat. Ketika ke Jogja dulu, kami bertiga menuju sebuah taman bermain anak-anak yang ada di Jogja. Lokasinya agak jauh dari penginapan, sehingga kami harus menyewa sepeda motor. Selain itu ternyata biaya masuknya juga mahal. Sayangnya, ketika berada di dalam taman, ada banyak sekali wahana yang tidak bisa dimainkan si kecil karena belum cukup umur. Jadi cuma beberapa wahana saja yang boleh dimainkan si kecil. Rugi sekali rasanya, makanya penting untuk mencari tahu syarat dan ketentuan sebuah tempat wisata sebelum berangkat agar tak menyesal di kemudian.
5. Checklist barang bawaan
Beberapa bulan sebelum berangkat saya sudah mendata barang apa saja yang akan dibawa untuk berlibur. Bila waktu itu sedang hujan, jangan lupa membawa jaket cadangan agar si kecil tak kedinginan. Untuk masalah bawaan saya jadi heboh sendiri semenjak punya balita. Diaper, baju ganti, celana panjang, jaket, minyak telon, dan masih banyak lagi. Pastikan tidak ada barang yang ketinggalan ya. Terutama obat tertentu bila si kecil menderita sakit tertentu. Bisa gawat bila ternyata di perjalanan sakitnya kambuh dan kita lupa membawa obatnya.
6. Jangan lupakan benda kecil namun penting
Misalnya saja KTP, buku nikah (untuk yang belum punya anak), kartu atm atau paspor (bila liburan ke luar negeri) yang sewaktu-waktu akan ditanyai petugas pemeriksa.
7. Bila berangkat dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam performa baik dan siap pakai. Bila menggunakan sepeda motor, jangan lupa untuk diisi full bensin, diservis dan bila perlu dicuci sebelum dibawa berlibur. Sediakan selalu jas hujan di jok motor untuk antisipasi cuaca yang tak menentu.
Bila berangkat dengan menggunakan mobil, jangan lupa juga untuk memeriksa terlebih dulu semua kelengkapan, diservis, dan lain-lain. Nah, bila ternyata menemukan aki yang bermasalah dan perlu diganti, jangan takut, tinggal hubungi #GSAstraDelivery dari Shop and Drive di line call 15-000-15.

Apa itu #GSAstraDelivery ?

Rencanakan Liburan Keluarga dengan Baik Bersama #GSAstraDelivery.

Outlet #GSAstraDelvery dari Shop and Drive yang tersebar di seluruh Indonesia.(Sumber: Shop &Drive)

#GSAstraDelivery adalah sebuah layanan antar aki selama 24 jam dari Shop and Drive, yang masih merupakan bagian dari PT Astra Otoparts. Bisnis ini pertama kali didirikan pada tahun 1998 dengan nama “Super A”, sebuah bisnis retail modern otomatif pertama di Indonesia. Pada awal berdiri, fokus bisnis ini adalah pada produk suku cadang roda empat. Barulah pada tahun 2000, “Super A” berubah nama menjadi Shop&Drive yang fokus pada fast moving parts, quick service, dan related service hingga saat ini.
Jumlah outket yang ada saat ini sudah berjumlah lebih dari 300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam menjalankan bisnis ini, Shop and Drive berlandaskan 5 pilar utama, yaitu Trustworthy, Uniformity of service, Quick & Reliable, Personalized, dan Green Company, serta berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik.

Bagaimana cara menghubungi #GSAstraDelivery dari Shop and Drive?

Caranya mudah sekali. Cukup hubungi call center Shop and Drive di 15-000-15, nanti kita akan dipandu oleh operator, ditanyai seputar nama, merk kendaraan, jenis aki yang mau dibeli, posisi pengantaran, harga, dan perkiraan lama pengantaran. Bila wilayah kita masuk dalam kawasan antar aki selama 24 jam, aki kita akan segera diantar oleh petugas. Sayangnya wilayah Probolinggo tempat kami tinggal belum masuk dalam 24 jam siap antar. Jadi bila menghubungi #GSAstraDelivery, petugas baru bisa mengantarkannya di jam kerja mulai dari jam 9 pagi hingga 4 sore. Untuk pembayaran sendiri, bisa dengan cash atau debit lho. Nanti petugas yang akan membawakan alat bantu pembayaran langsung ke tempat kita.

Dengan layanan #GSAstraDelivery dari Shop and Drive, tak perlu takut lagi rencana liburan akan berantakan hanya gara-gara aki mobil bermasalah. Karena cukup dengan menghubungi line call yang aktif selama 24 jam, petugas akan segera datang dan memberikan bantuan. Jadi, jangan ragu, rencanakan liburan keluarga dengan baik bersama #GSAstraDelivery!

Tulisan ini diikutkan pada lomba Storytelling Competition #GSAstraDelivery

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *