Resep Simpel Ala Ibu Mertua: Ayam Tumis Kecap

Resep Simpel Ala Ibu Mertua: Ayam Tumis Kecap

Saya tidak jago masak. Sewaktu belum menikah dulu, saya sering khawatir  apakah anak-anak akan suka masakanku atau tidak? Bagaimana anak-anak akan makan bila aku tidak pandai memasak? Dan berbagai kekhawatiran lainnya.

Namun ternyata semua tidak seburuk yang saya bayangkan. Alhamdulillah, setelah menikah ada chef google yang senantiasa membantu. Jadi di awal menikah dulu, setiap kali mau memasak, pasti saya akan buka google, mencari berbagai resep masakan di sana.

Tidak semua masakan sih, karena kalau hanya untuk masakan sederhana seperti tumis, goreng menggoreng, membedakan bumbu, saya masih bisa. Tapi kalau sudah tentang masakan yang agak ngejelimet,  seperti kare ayam, rendang, aneka olahan ayam, dan lainnya, saya akan selalu bertanya pada google.

Selain google, sesekali saya juga bertanya pada ibu dan ibu mertua. Apalagi saya dan suami beda daerah, otomatis saya akan bertanya pada ibu mertua via telepon tentang resep kesukaan suami.

Nah, suatu ketika, saat kami sedang menginap di rumah mertua, ibu memasak ayam ditumis yang rasanya pedas manis. Belakangan saya tahu namanya tumis kecap.

Saat tukang sayur tidak membawa ikan dan hanya membawa daging ayam, saya pun bertanya pada mertua tentang resep ini. Biasanya kalau saya beli daging ayam, akan diolah untuk digoreng, dimasak kare, dipanggang atau disop. Dengan adanya resep ini, sekarang bertambah satu olahan ayam di rumah. Resepnya simpel, tinggal potong-potong, ulek, tumis, jadi deh.

Agar ada tambahan nutrisi, kadang saya tambahkan kentang, wortel, tahu atau tempe. Kamu juga mau tahu resepnya? Saya tulis di sini ya, selamat mencoba. 🙂

Resep Ayam Tumis Kecap

Bahan dan bumbu ayam tumis kecap.

Bahan:

Ayam potong 500 gram

Kentang 250 gram

Wortel 250 gram

Tahu 250 gram

Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu:

Bumbu halus:

Bawang putih 5 siung atau secukupnya

Tomat 1 buah ukuran sedang atau sesuai selera,

Cabe merah sesuai selera,

Cabe rawit sesuai selera (karena saya masak untuk balita, cabe rawit saya skip)

Tambahan:

Bawang goreng secukupnya,

Bawang bombay 1 buah,

Kecap

Garam

Gula

Cara memasak:

Cara memasak ayam tumis kecap.

  1. Cuci bersih semua bahan dan bumbu.
  2. Potong dadu semua bahan, mulai dari ayam, kentang, wortel, dan tahu. Tapi ini tergantung selera ya. Mas suami suka yang dipotong dadu, kalau suka potongan yang agak besar ya tidak masalah.
  3. Untuk ayam, setelah dipotong, biasanya saya ungkep dulu, rebus ayam di dalam air, masukkan garam, bawang putih dan ketumbar, tunggu sekitar 20 menit. Sebenarnya kalau tidak diungkep bisa saja, soalnya kadang ada bau amis kalau tidak diungkep terlebih dahulu.
  4. Goreng semua bahan, ayam, kentang, tomat, dan tahu.
  5. Sambil menggoreng, kita bisa siapkan bumbu. Ulek halus bawang putih, cabe, dan tomat. Potong tipis bawang bombay.
  6. Setelah bahan selesai digoreng dan bumbu siap, kita bisa mulai memasak.
  7. Tuangkan sedikit minyak untuk menumis ke dalam kuali. Masukkan bawang bombay, bumbu halus, lalu tunggu sebentar sampai harum.
  8. Setelah harum, masukkan bahan yang sudah digoreng. Tambahkan kecap, bawang goreng, garam, dan gula.
  9. Tumis sebentar saja, karena semua bahan kan sudah matang, jadi tidak perlu lama.
  10. Oh ya, untuk bawang goreng, saya beli jadi di tukang sayur, sebungkus cuma seribu rupiah, murah kan? Hehe. Kalau tidak ada, biasanya saya goreng sendiri bawang merah 8 siung yang telah dipotong tipis.
  11. Setelah bumbu rata, cicipi, lalu masakan siap disajikan.

Ayam tumis kecap siap disantap.

Bagaimana, mudah sekali kan? Sekarang kalau masak ayam, bertambah lagi menu olahannya di dapur saya. Si kecil juga suka, karena ada tambahan wortel dan kentang kesukaannya.

Untuk resep kali ini, saya menggunakan ayam potong so good. Ayam potong so good yang saya pilih ini terdiri dari ayam potong paha dan dada yang beratnya 1 kg.

Ayam potong so good, paha dan dada ayam.

Jadi kita tidak perlu repot lagi memotong ayam, langsung masak. Selain itu, ayam potong so good ini terjamin kualitas dan kesegarannya.

Kreasi ayam potong so good: ayam tumis kecap.

Ayam potong so good diambil dan diolah langsung dari peternakan Japfa sendiri, yang terjaga kebersihan dan kesehatan ayamnya. Keunggulan lainnya adalah, tidak disuntik hormon, dipotong di rumah potong ayam bersertifikasi NKV, dan ayam potong so good sudah bersertifikasi halal MUI, diproses dengan cara IQF, Individually, Quickly Frozen, begitu dipotong langsung dibekukan sempurna dalam waktu 45 menit.

Kelebihan teknologi IQF pada ayam potong so good.

Jadi, lebih praktis dan tenang kan, kebersihan,kesegaran dan nutrisi lebih terjaga, ditambah bersertifikat halal MUI pula.Memasak jadi lebih mudah dan simpel. Selamat berkreasi. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *