Resep Soto Babat Ala Emak Rempong

Saya tak pandai memasak. Sejak kecil saya membantu Emak di dapur, masak nasi, masak air, mencuci piring, menyiapkan bumbu, tapi tidak memasak. Soalnya masakan saya sering tidak enak dan dikomentari orang serumah. Jadilah saya cuma bagian menyiapkan bumbu atau tukang ngulek.

Begitu menikah dan tinggal berdua saja dengan suami, mau tidak mau saya harus memasak. Minimal seminggu sekali. Karena saya saya meyakini, masakan istri bisa menjadi perekat dalam rumah tangga. Apalagi bila ketika masak, masakan dipenuhi dengan do’a kebaikan oleh sang istri.

Meski tak pandai masak, bukan berarti tidak bisa masak sama sekali. Apalagi di zaman sekarang. Tinggal ketik resep yang masakan yang mau dimasak, langsung ratusan atau ribuan resep kita jumpai. Tinggal pilih, mau resep apa? Soto? Rawon? Atau tips memasak makanan berlemak? Semua ada di google.

Masalah lainnya ketika saya masak adalah, rasanya tak selalu sama. Bila hari ini enak, belum tentu besok bisa begitu. Padahal saya sudah mencatatnya di grup whatsapp yang anggotany hanya saya dan suami, tapi sering tertutup dengan chat kami berdua, haha. Saya juga mencatatnya di kertas, tapi kemudian dirobek Abang atau adik.

Nah, kemarin, tukang sayur membawa kesukaan suami, babat sapi. Saya pun iseng menawarkannya pada suami, dan dia mau. Saya pun berencana akan mengolahnya menjadi soto babat. Karena saya tak terlalu suka babat, saya tambahkan daging sapi agar saya pun bisa menikmati. Alhamdulillah rasanya enak dan mantap. Supaya tidak lupa, saya catat kembali di sini.

Resep ini hasil dari gabungan beberapa resep yang saya lihat di instagram. Beberapa ada yang pakai lengkuas dan serai, yang lainnya pakai serai saja. Akhirnya saya pilih yang pakai keduanya, serai dan lengkuas. Rasanya sudah pas di lidah saya.

Resep Soto Babat

Resep soto babat

Bahan dan bumbu minus daging dan babat, soalnya sudah direbus dsn lupa difoto, hehe.

Bahan:

250 gram babat sapi

250 gram daging sapi

100 gram kentang potong tipis atau sesuai selera

Lengkuas digeprek, Serai digeprek, daun jeruk

Garam, gula, kaldu jamur

Bawang pre  dipotong kecil-kecil

Bumbu halus:

Bawang merah 10 siung

Bawang putih 3 siung

Merica secukupnya

Kemiri 1 butir

Kunyit

Jahe

Pelengkap:

Cabe, kecap dan kerupuk

Cara memasak:

1. Cuci bersih babat dan daging sapi. Kemarin saya beli di tukang sayur sudah putih, jadi tinggal dicuci dengan air. Potong-potong daging dan babat sesuai selera. Lalu rebus sampai empuk.

2. Cuci bersih bumbu, haluskan.

3. Tumis bumbu halus, masukkan lengkuas, serai, dan daun jeruk.

4. Lalu masukkan bumbu ke dalam rebusan daging dan babat.

5. Bila dirasa hampir masak, masukkan potongan kentang.

6. Tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Koreksi rasa, soto babat siap disantap.

Resep soto babat

Soto babat ala emak rempong pun siap dinikmati.

Alhamdulillah, akhirnya saya pernah masak soto babat. Rasanya enak dan semua suka. Bila sudah ditulis di blog seperti ini, saya akan mudah mencarinya bila suatu saat mau masak soto babat lagi. Tapi syaratnya harus punya kuota internet, haha. Apakah Bu Ibu juga pernahpernah soto babat? Sharing di kolom komentar ya, resep atau trik lainnya. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *