Resep Tahu Tek Ala Ummu Uwais

image

Tahu tek ala Ummu Uwais. (Dok. Pribadi)

Assalamu’alaikum, apa kabar semua? Hari ini saya mau berbagi resep simple tapi maknyus ala saya. (Cieeh, kayak chef mahir wae).
Salah satu hikmah menikah dengan pasangan yang berbeda daerah adalah bisa mencicipi menu-menu baru yang sebelumnya belum pernah kita temui.

Nah, sebagai seorang istri dengan suami dari daerah Jawa Timur, salah satu kuliner yang banyak digemari orang-orang disini adalah tahu tek. Tahu tek adalah makanan berbahan utama tahu serta dicampur dengan kentang goreng dan telur ceplok yang dipadu dengan petis. Bumbunya mirip pecel tapi agak cair sedikit. Pada mulanya, agak berat untuk lidah saya menyesuaikan dengan makanan ini, namun lama kelamaan karena suami sering beli dan suka, mau nggak mau akhirnya saya juga ikutan seneng deh. Eh, suatu hari, waktu pulang ke rumah mertua, ternyata Ibu mertua bikinin tahu tek buat suami. Ternyata resepnya simpel lho, yuk bikin juga! 🙂

Resep Tahu Tek Ala-ala Umminya Uwais

image

Beberapa bahan yang harus disiapkan. (Dok. Pribadi)

Bahan Isi:
Tahu
Kentang
Telor
Bumbu:
Bawang putih
Kacang tanah
Cabe rawit
Petis Jawa
Gula merah
Bahan Tambahan (Optional):
Lontong
Kerupuk

Cara Masak:
1. Cuci bersih semua bahan dan bumbu, kecuali telor, petis dan gula merah.
2. Potong dadu tahu dan kentang (atau sesuai selera ) kemudian goreng. Untuk kentang, saya kukus dulu baru digoreng, kata suami biar lebih mantep. Hihi.

image

Potong dadu tahu, cuci, lalu goreng. (Dok. Pribadi)

image

Potong dadu kentang, cuci, kukus, lalu goreng. (Dok. Pribadi)

3. Ceplok telor, jangan lupa bubuhi garam.

image

Ceplok telor. (Dok. Pribadi)

4. Goreng kacang tanah atau bisa langsung beli kacang yang sudah di goreng di tukang sayur.
5. Sambil menunggu proses goreng-goreng selesai, kita bisa sembari mengulek-ngulek bumbu tahu tek. Ulek bawang putih, cabe dan kacang tanah jadi satu. Jangan lupa bawang putih dan cabe juga harus digoreng biar lebih mantap. Agar tidak terkena letusan cabe saat menggoreng, tusuk sedikit badan cabe dengan pisau atau garpu. Tambahkan garam dan gula merah sesuai selera. Setelah halus, masukkan petis dan sedikit air. Bumbu pun jadi deh.
6. Terakhir, campurkan tahu, kentang dan telur jadi satu bersama bumbu ulekan tadi, jadi deh tahu tek ala Ummu Uwais.

image

Campurkan semua bahan di ulekkan, lalu sajikan di piring. (Dok. Pribadi)

PS.Eh, tahu nggak kenapa masakan ini namanya tahu tek? Karena pada saat menyajikannya, Bapak-bapak penjual biasanya memotong tahu dan telur dengan gunting, sehingga terdengar lah bunyik tek, tek. Haha. Jadi kalau mau dibilang beneran tahu tek ya motong tahunya pakai gunting. Hihi. Tapi guntingnya dibersihkan dulu ya.
Petis adalah bumbu makanan olahan dari kerang atau udang yang warnanya kehitaman. Rasanya ada yang manis dan asin, biasa dicocol bersama gorengan kalau di Jawa. Menurut saya bagian terpenting dari tahu tek adalah petis, bila petisnya enak, maka tahu teknya jadi enak, begitu juga sebaliknya.
Kalau di Bapak-bapak penjual, biasanya tahu diceplok bersama telor. Telor dipecah, diaduk-aduk bersama tahu, trus diceplok. Tapi so far rasanya sama aja kok, jadi tergantung selera ya.
Happy cooking Moms! 😍😍

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *