Resolusiku di Tahun 2017

Assalamu’alaikum pembaca sepradik semua, apa kabar? (Mudah-mudahan ada yang baca ya, haha). Semoga senantiasa sehat dan dalam lindungan Allah YA, Aamiin. Alhamdulillah akhirnya kita semua bisa bertemu kembali dengan tahun 2017. Waktu rasanya memang cepart berlalu, sepertinya baru saja kemarin hiruk pikuk orang-orang merayakan awal tahun 2016, eh tahu-tahu sekarang sudah di awal tahun 2017 lagi.

Setelah sekian lama vakum dari memposting tulisan di blog ini, semoga tulisan pertama saya di tahun 2017 ini bisa menjadi awal yang lebih baik untuk ke depannya, Aamiin. Seperti tahun-tahun sebelumnya, agar lebih fokus dan semangat menjalani hari, tahun ini saya ingin membuat sebuah resolusi yang semoga bisa dijalani dengan baik, sehingga tidak sekedar sebagai tulisan di blog saja.
Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, setidaknya sekarang ada empat profesi tetap yang saya jalani, yaitu sebagai hamba Allah, istri sekaligus ibu, anak, dan blogger. Nah karena itu, resolusi kali ini saya juga ingin membuat 4 pencapaian yang berbeda dari keempat profesi tersebut. Bismillah.
1. Sebagai hamba Allah
Secara keseluruhan, semoga saja kualitas ibadah di tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemarin. Beberapa hal yang ingin sekali saya perbaiki di tahun ini, diantaranya:

1. Sholat di awal waktu
Setelah menikah dan punya anak, rasanya mengatur waktu agar bisa sholat di awal waktu itu sulit sekali. Apalagi si kecil tidak dibiasakan memakai diaper di rumah. Sehingga kadang-kadang bila saya sudah bersiap untuk sholat, tiba-tiba byur, pipis si kecil mengenai sajadah. Meski sudah hampir lulus toilet training, kadang bila sudah sangat kebelet dia tidak sempat lagi untuk bilang atau berangkat ke kamar mandi. Ditambah lagi dengan kesibukan sebagai emak rempong lainnya. Terutama di waktu sholat subuh, ashar, dan isya. Duh, berat sekali rasanya. Semoga di tahun ini bisa lebih berkualitas lagi sholat wajibnya.
2. Hafal juz 30
Dari beberapa tahun belakangan, hafal juz 30 ini selalu masuk dalam kategori resolusi tiap tahun. Sayangnya belum benar-benar kesampaian. Huhu. Gara-gara kurang rutin dan telaten dalam mengulangnya. Semoga bisa dikejar dalam sebelas bulan ke depan. Semangat!
3. Sedekah setiap hari
Tahun ini semoga lebih semangat lagi dalam bersedekah. Lebih banyak, lebih berkualitas.

2. Sebagai istri sekaligus ibu
InsyaAllah di tahun ini juga saya akan menjadi ibu dari dua anak. Saya merasa sekali kualitas saya sebagai istri dan ibu jauh dari sempurna. Pekerjaan rumah sering keteteran, anak dan suami kadang kurang terurus, apalagi ditambah ketika hamil yang kedua ini emosi saya gampang meluap-luap. Semoga di tahun ini saya bisa memperbaiki semuanya menjadi lebih baik. Beberapa hal yang ingin saya capai di tahun ini:

1. Lebih sabar
Sejak dianugerahi seorang balita, ditambah dengan kondisi hamil lagi, saya jadi lebih sering marah-marah. 
Ada sedikit saja yang tidak sesuai dengan keinginan hati, rasanya langsung gusar. Kadang si kecil juga terkena imbas kemarahan saya. Semoga di tahun ini saya lebih bisa mengontrol diri dan emosi. Kasihan anak dan suami yang sering kena sasaran kemarahan. 🙁
2. Rajin masak
Sejak ada balita di rumah, saya serba ingin praktis. Masak yang simpel, cepat, dan mudah. Sudah jarang mengotak-atik resep seperti awal nikah dulu. Kadang bahkan sering beli di warung karena sejak hamil jadi gampang lelah. Semoga di tahun ini kemauan untuk masak saya bertambah, tidak semalas tahun lalu.
3. Mengatur jadwal main si kecil
Sejak hamil lagi jadwal main si kecil jadi berantakan, karena saya jadi gampang lelah. Kalau sudah bosan main di rumah, kadang saya hanya mengajaknya jalan ke rumah tetangga. Tahun ini saya ingin mengatur waktu dan jadwal bermain si kecil, sehingga bisa mengisi kekosongan waktunya sembari menunggu waktu sekolah di usianya yang kelima tahun nanti.

3. Sebagai anak
Karena tinggal berjauhan dengan orang tua dan mertua, komunikasi yang paling intens kami lakukan adalah dengan menelpon. Sayangnya semenjak sibuk dengan si kecil, rutinitas menelpon orang tua dan mertua semakin berkurang. Tahun ini saya akan berusaha lebih rutin menelpon Emak dan ibu yang di seberang. Semoga tahun ini saya juga bisa rutin mengirimkan sejumlah rupiah untuk emak. Aamiin.
4. Sebagai blogger
Jujur saja, niat awal saya pindah domain menjadi dot com adalah agar bisa lebih maksimal memonetize blog. Sehingga meskipun di rumah, saya bisa tetap menghasilkan rupiah. Tentu tidak melupakan tugas utama saya sebagai istri dan ibu. Karenanya harap maklum ya, bila lumayan banyak postingan yang berlabel sponsored (semoga tahun ini lebih banyak, hihi). Tapi tenang saja, agar tidak hanya manfaat dunia yang bisa saya rasakan, saya akan berusaha untuk terus menuliskan tulisan bermanfaat yang tidak bersponsor. Nah, sebagai blogger, ini dia beberapa hal yang ingin dicapai di tahun ini.

1. Nilai DA naik jadi 20
Seperti yang saya tulis di atas, harapan saya dengan pindah blog saya bisa lebih maksimal dalam memonetize blog. Nah, seringnya job yang bertebaran meminta nilai DA minimal 20. Karena itu tahun ini semoga nilai DA sepradik.com bisa naik jadi 20.
2. Tulis konten yang bermanfaat sebanyak mungkin
Sebenarnya ada banyak sekali bahan tulisan yang telah saya siapkan untuk sepradik.com, mulai dari foto, ide, bahkan draf. Sayangnya beberapa dari mereka berakhir hanya di laptop, hape, atau pikiran, tak sempat tertulis di sini. Harapannya di tahun ini bisa lebih banyak tulisan yang bermanfaat yang bisa dibagi di sepradik.com. Semangat!!

The way to get it

Bila tahun-tahun sebelumnya saya hanya menuliskan harapan dan tujuan yang ingin dicapai, nah kali ini saya juga ingin menambahkan langkah-langkah yang harus ditempuh agar keinginan dan harapan yang ditulis di atas bisa tercapai, Aamiin.

1. Sebagai hamba Allah
1. Agar bisa sholat di awal waktu
Memang terasa sulit sekali untuk melakukannya. Namun saya yakin, bila Allah telah memudahkan, semua akan terasa mudah. Agar senantiasa sholat di awal waktu, yang bisa diupayakan adalah:
– Pasang alarm di setiap waktu sholat
Ya, kebiasaan baik itu perlu dipaksa agar terbiasa. Agar merasa terpanggil, (karena kadang di rumah adzannya tidak kedengaran), saya harus rutin memasang alarm di smartphone.
– Bergaul dengan yang rajin sholat di awal waktu
Kebiasaan baik itu menular, semakin sering bergaul dengan yang rajin sholat di awal waktu, maka mungkin saja akan lebih cepat menular.
– Banyak baca keutamaan sholat di awal waktu
Semakin tahu ilmunya, makan akan semakin mudah mengerjakannya.
2. Agar bisa hapal juz 30
Semoga tahun ini bisa langsung ngaji ke mereka yang sudah hapal beberapa juz dalam Alqur’an, sehingga saya bisa rutin mennyetor hapalan.
3. Agar bisa sedekah setiap hari
Untuk permulaan, saya akan mencoba fokus di satu hari memberi. Selain itu, di rumah akan disediakan kotak amal yang nanti isinya untuk disedekahkan.

2. Sebagai istri dan ibu
Agar resolusi sebagai istri dan ibu yang baik bisa tercapai, ini dia beberapa hal yang akan dan telah dilakukan:
1. Kumpulkan kuote sebanyak-banyaknya dan tempelkan di sepanjang dinding di rumah.

Resolusiku di tahun 2017

Salah satu quote yang tertempel di dinding rumah.

Agar kemarahan tidak meluap-luap dan sikecil tidak lagi terkena imbasnya, saya harus banyak membaca tulisan-tulisan atau quote yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Nanti tulisan ini akan ditempel sebanyak mungkin di dinding rumah.
2. Minta langsung kesabaran dari yang Maha sabar
Hal yang selalu saya minta selepas sholat adalah sifat sabar. Karena setiap kali melihat wajah polos si kecil ketika tidur, sementara sebelumnya sempat saya marahi, duh saya merasa sangat kejam sekali. Karenanya meminta langsung pada Sang Maha sabar adalah salah satu upaya untuk bisa terus bersabar.
3. Menyusun jadwal masak

Resolusiku di tahun 2017

Manajemen waktu yang coba dibuat.

Meski kadang berhasil kadang tidak, tapi dengan adanya jadwal, mungkin pikiran saya akan lebih fokus saat memilih menu untuk dimasak. Selain itu agar saya lebih rajin masak, saya khusus membuat sebuah akun instagram @dapurummuuwais untuk menyimpan resep masakan yang telah berhasil dibuat. Jangan lupa follow ya. (Ujung-ujungnya minta difollow, hihi)
4. Cari info tentang permainan edukasi sebanyak mungkin
Saat ini buku yang saya punya untuk bekal main si kecil ada Rumah Bermain Anak karya Mba’ Julia Sarah Rangkuti. Selain itu saya juga sering stalking akun instagram yang sering memposting tentang mainan edukasi di rumah, terutama yang DIY atau homemade. Nah, sisanya bisa browsing dari Kak google.

3. Sebagai anak

Mulai sekarang harus ada jadwal rutin menelpon emak dan mertua. Kadang yang menghambat keinginan untuk menelpon adalah jadwal yang tak sama antara saya dan emak. Ketika saya sudah santai, emak ternyata masih sibuk-sibuknya atau sedang istirahat. Karenanya, mungkin saya harus membuat jadwal menelpon khusus untuk emak dan ibu mertua.
Nah, agar bisa rutin mengirimkan rupiah untuk emak, saya akan meminta tolong paman yang sekarang tinggal serumah dengan ibu. Semoga rezeki sepradik.com semakin banyak dan berkah tahun ini, sehingga bisa dikirim ke emak tercinta. Aamiin.
4. Sebagai blogger

Resolusiku di tahun 2017

Jadwal menulis sepradik.com, semoga bisa konsisten.

Menurut para ahli, salah dua cara yang bisa dilakukan agar nilai DA dapat meningkat adalah rajin-rajin blog walking dan teruslah menulis. Agar bisa mencapai apa yang diinginkan di tahun ini, beberapa hal ini yang akan saya coba untuk konsisten dilakukan:
1. Blogwalking minimal ke- 5 blog dalam sehari, syukur-syukur bisa 20 blog seperti Mba’ Annisa ae.
2. Menyusun jadwal ngeblog lebih rutin dan ide tulisan.
3. Sering-sering stalking grup bloging yang sudah diikuti
Sepertinya segitu saja untuk resolusi di tahun ini. Resolusinya cukup yang sederhana saja, yang penting terlaksana. Dari kesemua resolusi yang ada, semoga apapun yang saya dan keluarga lakukan di tahun ini, bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu juga punya resolusi di tahun ini? Sharing di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 🙂

Hidayah-Art First Giveaway “Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan”

Resolusiku di tahun 2017

7 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *