Review Buku Anak: Raya and The Weather

 

Meski bukanlah penggila buku, tapi saya sangat percaya bahwa orang yang suka membaca akan membawa kebaikan yang banyak bagi dirinya. Ini saya yakini setelah bertemu atau melihat banyak orang yang sukses salah satunya karena mereka suka membaca buku.

Karenanya setelah menikah, saya pun berniat menggiring anak-anak agar juga suka membaca. Maka saya sedikit demi sedikit mulai rajin mengoleksi buku, mulai membacakan buku untuk anak-anak. Alhamdulillah meski masih sedikit, koleksi bacaan anak di rumah mulai berwarna, untuk dibaca atau dibacakan pada anak-anak. Saya mengoleksinya dari mana saja. Mulai dari bazar buku murah, beli di toko buku, hadiah giveaway, hingga gratis dari si penulis buku, haha. Nah, salah satu buku bagus yang saya dapatkan langsung dari penulisnya adalah buku yang akan saya review berikut ini, Raya and The Weather yang ditulis oleh sahabat saya sewaktu SMA di SMA 1 Pemali, Bangka Belitung dulu, Wulandari.

Meskipun buku ini gratis, tapi saya coba untuk tetap objektif dalam memberikan review. Selain itu di postingan lain saya akan menulis sedikit wawancara dengan penulis yang merupakan teman tiga tahun selama di asrama SMA 1 Pemali dulu. Check it out ya!

 

1.Isi buku

 

Jadi buku Raya and The Weather ini, punya empat seri, sesuai dengan tema cuaca yang dibawanya. Sunshine From Allah, Rain From Allah, Snow From Allah, dan Clouds From Allah.

Sepertinya buku ini memang terinspirasi dari Wulan yang ketika penulisan buku sedang kuliah di Durham, United Kingdom, yang memang memiliki 4 musim, semi, panas, gugur dan dingin.

Penulis cerita adalah Wulan Al Huda sedangkan ilustratornya adalah suaminya sendiri, Muhammad Al Huda. Kalau saya tak salah, nama Raya sendiri juga merupakan nama anak mereka.

Jadi secara keseluruhan, buku ini bercerita tentang kegiatan seorang anak bernama Raya bersama kedua orang tuanya ketika sedang melalui empat musim yang saya tuliskan di atas. Sesuai dengan namanya, buku ini juga dapat digunakan untuk mengenalkan Allah sebagai pencipta kepada anak sejak dini.

 

✓ Sunshine From Allah

Sunshine from Allah

Buku Sunshine From Allah

Seri ini bercerita tentang Raya yang sedang pergi mengunjungi Taman Safari Indonesia bersama kedua orang tuanya. Nilai plus dari buku ini adalah semua yang ada dikaitkan dengan Allah sebagai penciptanya.

Jadi selama di Taman Safari, maminya Raya bercerita bahwa semua yang ada di kebun binatang, hewan dan seisinya merupakan ciptaan Allah SWT.

Selain itu, di buku ini juga anak-anak dapat sembari mengenal warna. Ada aneka hewan berwarna hijau, seperti buaya, kodok, dan bunglon. Lalu juga ada aneka hewan berwarna merah, seperti flaminggo, kepiting, kepik, burung kakak tua, dan lainnya. Lalu juga ada hewan warna abu-abu, seperti gajah, koala, kudanil,  bebek, dan rakun. Ada juga aneka hewan berwarna coklat seperti rusa, beruang, kangguru, dan lainnya. Lalu hewan berwarna orange seperti singa, jerapah, rubah, dan lainnya. Terakhir hewan berwarna hitam putih seperti zebra, panda, dan lainnya.

Sunshine from allah

Salah satu gambar di buku Sunshine From Allah.

Di akhir cerita ibu mengajarkan pada Raya bagaimana salah satu cara mensyukuri semua karunia yang Allah berikan tersebut, salah satunya dengan cara mengucapkan kalimat tasbih, subhanallah. Selain itu juga ada penggalan ayat Alquran surat An-Naml ayat 88 tentang penciptaan gunung agar manusia senantiasa berpikir dan bersyukur.

 

✓ Rain From Allah

Rain from Allah

Saat ayah, ibu dan Raya kehujanan mereka menggunakan payung bersama.

Buku ini diawali dengan pernyataan bahwa hujan adalah rahmat yang tak terhingga dari Allah. Lalu Raya dan maminya menggunakan payung ketika hujan. Raya pun belajar tentang tahap perkembangan dari bunga, kupu-kupu, dan  bebek. Bagaimana bunga bermula dari bibit, lalu hujan turun dan bunga mendapatkan minum, lalu berkembang menjadi bunga yang cantik. Bagaimana kupu-kupu yang berasal dari ulat serta bebek yang juga berasal dari anak bebek kemudian menjadi dewasa. Di seri ini juga ada do’a sebelum dan setelah hujan, serta arti surat An-Nahl 10-11, tentang air hujan dan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

 

✓ Snow From Allah

 

Seri ini bercerita tentang salju yang merupakan ciptaan Allah. Bercerita tentang Raya yang sedang asyik bermain salju bersama ayah dan ibunya. Lalu mereka pun mulai bermain tebak-tebakan. Mulai dari menebak benda apa yang dingin dan berwarna putih? Tentu saja salju. Lalu menebak sesuatu yang bisa terbang, sesuatu yang basah, hingga yang bisa menangis dan tersenyum, yaitu Raya sendiri. Di seri ini juga menjelaskan tentang arti dari Allahu Akbar, Allah maha besar yang merupakan pencipta dunia dan seisinya. Di akhir buku juga ada terjemahan surat  An-Nahl ayat 18 tentang betapa nikmat Allah yang begitu banyak.

Snow from Allah

Raya sedang asyik bermain salju bersama ayah dan ibu.

✓ Clouds From Allah

 

Seri ini bercerita tentang Raya yang sedang bermain layang-layang bersama ayah dan ibunya. Mereka bermain layang-layang dengan asyiknya lalu layangan ayah melayang. Raya dan ayahnya pun mengejar layang-layang yang ditiup angin, lalu ayah mengambil layang-layang yang tersangkut di atas pohon. Lalu mereka mendengar petir menggelegar dan mereka membaca do’a ketika melihat petir. Selain itu juga ada do’a ketika angin berhembus.

CLOUDS FROM Allah

Raya bermain layang-layang bersama ayah dan ibunya.

Jadi secara keseluruhan isi buku untuk mengenalkan anak kepada sang pencipta sambil diselingi beberapa pelajaran seperti mengenal warna, hewan, dengan do’a dengan cara yang menarik.

 

2. Tampilan

Clouds from Allah

Tampak depan buku Clouds From Allah

Secara keseluruhan ilustrasi buku ini penuh warna dan menarik. Abang dan adik kedua anak-anak saya paling suka seri Sunshine From Allah yang dilengkapi dengan berbagai gambar hewan. Si adik kadang menirukan flaminggo yang bisa berdiri dengan satu kaki.

Clouds from Allah

Abang sedang membaca buku Clouds From Allah

Bagian luar merupakan hard cover, sehingga tak mudah rusak atau robek. Sementara untuk isi terdiri dari kertas art paper, lumayan kuat, namun untuk anak usia balita, perlu pengawasan agar tidak merobek.

Selain itu di bagian depan dan belakang biasanya ada ilustrasi tambahan sesuai dengan tema buku. Untuk sunshine ada aneka binatang, snow ada boneka salju, cloud ada layangan dan balon, dan rain ada payung. Ukuran buku 21cm x 21 cm, jadi ukurannya agak lebar, sehingga anak-anak lebih puas ketika membaca buku ini.

Sunshine from Allah

Gambar aneka hewan di Taman Safari yang disukai anak-anak ketikaembaca buku ini.

3. Harga

 

Awalnya, buku ini merupakan terbitan penerbit luar Al Israa, muslim children book. Kala itu dijual di luar negeri lumayan mahal, salah satunya di amazon.com. Alhamdulillah kini bukunya terbit dalam dua bahasa oleh ihsan media, seharga sekitar 89 hingga 95 ribu.

 

4. Jumlah halaman

 

Buku yang saya punya adalah full bahasa Inggris, jadi halamannya sekitar 14 halaman.

 

Secara keseluruhan bukunya bagus dan menarik. Cocok untuk orang tua yang hendak menanamkan pemahaman akidah tentang pencipta dari kecil. Hanya mungkin bila nanti ada lanjutan serinya, gambar bayi Raya mungkin bisa digambar tidak seusia bayi, tapi balita, mengingat dia sudah bisa bicara dan bertanya banyak hal, haha. 

Meski buku ini memiliki ilustrasi dan gambar yang bagus, buku ini membutuhkan peran orang tua untuk membacakan maksud ceritanya. Sampai jumpa di review buku berikutnya. Semoga bermanfaat. 🙂

Review selengkapnya juga bisa dilihat di akun you tube @juliaamrih selamat menyaksikan. 🙂

 

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *