Review Charsy Homestay Sungailiat, Penginapan Murah Serasa di Rumah

Charsy homestay

Charsy homestay.

 

Jika kamu sedang liburan di Bangka, tepatnya di daerah Sungailiat, lalu membawa kendaraan sendiri, motor atau mobil, lalu mau mencari penginapan murah yang tak jauh dari kota Sungailiat, maka mungkin pilihan yang cocok untukmu adalah Charsy Homestay di Sungailiat ini.

Ketika liburan, biasanya hotel atau penginapan hanya akan jadi tempat istirahat di kala malam. Jadi kalau bisa harganya seminim mungkin tapi dengan fasilitas sebaik mungkin, haha.

Nah, masalahnya, kalau budget traveling kamu pas-pasan, menginap di dekat pantai di Sungailiat memang indah, namun harganya akan dengan cepat menguras dompet. Belum lagi lokasi pantai dengan warung makan lumayan jauh, sehingga mau tidak mau bila lapar harus makan di hotel.

Sewaktu pulang ke Pangkalpinang kemarin, kami sempatkan main ke Sungailiat untuk silaturrahim dan jalan-jalan di pantai. Pantai di Sungailiat memang lebih bagus viewnya dibandingkan dengan yang ada di Pangkalpinang. Selain itu saya juga mau sekalian silaturrahim ke teman-teman sewaktu SMA dulu. Nah, karena pergi bersama anak-anak, rasanya kok kasihan diajak bolak-balik Pangkalpinang -Sungailiat. Sehingga kami pun memutuskan untuk menginap. Setelah tanya ke teman-teman di grup SMA, kami pun memesan Charsy Homestay melalui aplikasi traveloka. Selain itu review di sana lumayan bagus. Rata-rata yang menginap puas dan memilih akan kembali jika butuh penginapan murah. Kali ini saya akan coba review berdasarkan pengalaman menginap saya dan keluarga selama semalam di sana. Review ini murni karena aku sendiri yang mau, bukan bayaran ya, tapi kalau kamu punya penginapan atau hotel yang mau direview, silahkan hubungi saya di kontak about me (sekalian promosi, haha).

Lokasi penginapan

Kita mulai dari lokasi penginapan ini ya. Lokasinya lumayan dekat dengan jalan raya. Penginapan ini terletak di Gang Kelud, Parit Padang, Sungailiat. Setelah RSUD Sungailiat, kita akan memutar, lalu menemukan JNT. Dari situ akan ada gang yang ada plakat berjalan bertuliskan Charsy Homestay. Nah dari situ belok kiri, kira-kira 200 meter ke dalam, lalu belok kanan, kita akan menemukan homestay ini.

Sebenarnya lumayan jauh jarak penginapan ini dengan beberapa pantai, tapi dekat dengab pusat kota. Jarak penginapan ke Pantai Matras sekitar 15 KM. Ke Pantai Tikus sekitar 10 KM. Ke Pantai Tanjung Pesona sekitar 7,2 KM. Karena sudah terbiasa dengan jarak ini, menurut saya jarak ini lumayan dekat. Apalagi di Sungailiat jarang sekali macet dan lalu lintasnya hampir selalu lengang, kecuali jam masuk atau pulang sekolah dan kerja.

Jangan takut kelaparan, karena di dekat penginapan ada Metro Fried Chicken, semacam tempat makan mirip KFC atau sejenisnya. Untuk pagi dekat dengan penjual kue basah di dekat RSUD Sungailiat. Selain itu, warung lain juga lumayan dekat.

Fasilitas

Waktu menginap di sini kami memilih yang ekonomi dengan kipas angin. Jadi ketika datang ke sini jangan bayangkan seperti hotel yang ada resepsionis ya. Karena kita akan datang dan disajikan dengan pemandangan rumah kontrakan yang berjejer rapi saling berhadapan. Tapi jangan khawatir, fasilitasnya tak kalah jauh dengan di hotel.

Jadi kita seperti menginap di sebuah kontrakan, dengan fasilitas TV, kursi dan meja plastik di ruang tamu, juga dilengkapi dengan TV decorder. Lalu ada sebuah spring bed ukuran queen size dengan kipas di kamar, ada dapur dan meja dengan kompor plus elpiji, dispenser dan galon yang full air, gelas dan mangkok, lalu ada juga panci untuk masak. Selain itu ada sunlight dan sapu. Di kamar mandi ada shower, ember kecil, wc jongkok, dan kran. Airnya bersih dan selalu mengalir. Di belakang ada area mencuci baju dan bisa untuk menjemur juga. Jadi bila kamu mau agak lama dan mencuci, bisa jemur di belakang.

Harga

Ini yang lumayan penting nih, dengan semua fasilitas di atas, kita cuma perlu membayar sekitar Rp 130.000 melalui traveloka (waktu itu sepertinya kami mendapatkan harga promo, harga aslinya sekitar Rp 170.000). Tapi bila langsung menghubungi pemiliknya, cukup membayar Rp 120.000, tertulis di papan pengumuman di jalan.

Bila kamu mau memilih fasilitas AC, di sini juga tersedia dengan harga sekitar Rp 250 ribuan.

Oh ya, bisa juga disewa perbulan ya, biaya sewa untuk kamar dengan kipas angin hanya Rp 950.000, untuk kamar AC Rp 1.700.000

Lingkungan penginapan

Meski lingkungan penginapan, kami sama sekali tidak merasa terganggu dengan penghuni lainnya. Jadi jangan takut terganggu dengan penghuni sebelah.

 

Itu saja sedikit review dari saya. Cocok untuk traveler yang minim budget. Oh ya, ketika mencari info tentang penginapan ini, saya temukan bisa sewa motor di penginapan ini. Tapi info pastinya silahkan hubungi pemilik. Semiga bermanfaat.

 

Charsy Homestay

Gang Kelud, Parit Padang, Sungai Liat, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33215

Contact Person

082183658893 (Chardian/Hensy)

2 comments

  • Chardian Arguta

    Assalammualaikum Bu Julia,

    Terimakasih sudah memberikan review yang positif untuk Rumah Charsy Homestay. Kami sangat senang Bu Julia bisa menulis review ini. Sukses untuk Bu Julia & keluarga.

    Wassalam,

    Chardian

  • Jawiah

    Mantap kl sdh nginap disini pengen datang lagi. Sisa uang bisa beli ole-ole lumayan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *