Tiga Menu Takjil Praktis dan Sehat Ala Emak Rempong di Rumah

Tiga menu takjil sehat dan praktis

#NgobrolinRamadan picture by pixabay.

 

Alhamdulillah sekarang bulan ramadan sudah memasuki minggu kedua. Tak terasa sebentar lagi kita juga akan berpisah dari bulan penuh keberkahan ini. Jadi, sudah khatam qur’an berapa kali? Sudah sedekah berapa banyak? (Yang bertanya langsung tutup muka, huhu) Atau sudah berapa sering buka di luar?

Nah, bicara soal buka puasa, saya punya menu takjil praktis yang sering saya sajikan untuk keluarga bila buka puasa di rumah. Maklum, sejak ada dua balita di rumah, gerak rasanya jadi terbatas. Jauh sedikit, ditangisi. Baru mulai masak, sudah dicari-cari si adik minta ASI. Mau tahu apa saja menu takjil praktis ala saya?

1.Kurma

Untuk muslim, pasti sudah banyak yang tahu ya, kalau berbuka dengan kurma adalah hal yang sunah, karena nabi juga sering melakukannya.

 

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air” [HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576). Dihasankan oleh Imam Al-Albani dalam Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manaaris Sabiil IV/45 no. 922]

 

Selain itu, ternyata kurma juga bermanfaat untuk kesehatan kita.
Berdasakan artikel tentang manfaat kurma bagi kesehatan dari klikdokter.com, setidaknya ada 8 manfaat kurma untuk kesehatan kita. Apa saja itu?

 

  1. Menurunkan resiko osteoporosis
  2. Mencegah penyakit jantung dan stroke
  3. Mencegah sembelit
  4. Mencegah kanker
  5. Anti bakteri
  6. Menurunkan resiko diabetes
  7. Melindungi ginjal
  8. Memperbaiki kesuburan

 

Itulah kedelapan manfaat dibalih sebutir kurma. Wah, lumayan ya, bisa mendapatkan pahala sunah dan manfaat kesehatan sekaligus. Apalagi sekarang kurma dijual dimana-mana dengan berbagai jenis. Harganya juga Alhamdulillah ramah di kantong. Karena itu saya pastikan selalu ada kurma sebagai menu takjil di rumah.

  1. Buah

Selain kurma, ada satu lagi menu takjil berbuka yang jarang absen di rumah kami. Dia adalah buah. Seringnya buah semangka, kadang jeruk, kadang apel, atau lainnya (soalnya kadang tergantung buah yang dibawa pak penjual sayur).

Mengapa harus buah? Semua pasti sudah tak asing lagi ya, bila buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Nah ternyata, buah semangka yang sering jadi menu takjil di rumah, juga bagus sekali untuk orang yang berbuka puasa, lho! Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92% sehingga dapat membantu tubuh mendapatkan kembali cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Selain itu buah yang kadang berwarna merah atau kuning ini juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Wah, makanya rasanya segar sekali bila ketika berbuka makan buah semangka. Kabar baiknya, Alhamdulillah harga buah semangka di Paiton lumayan murah, hanya sekitar 6 ribu perkilogramnya.

  1. Es kelapa campur ala Mak rempong

Menu takjil praktis lainnya yang sering ada di rumah kami adalah es kelapa. Tapi kadang bila bosan, saya membuat es kelapa campur. Isinya terdiri dari buah kelapa, nata de coco, cincau, dan selasih. Mengapa saya memilih isian itu untuk es kelapa? Selain agar esnya bisa jadi banyak (prinsip Mak irit banget nih, haha), juga ternyata banyak manfaat untuk kesehatan juga lho!

Berikut saya rangkumkan apa saja manfaat isian es kelapa ala saya:

 

1. Air dan buah kelapa

Mirip seperti semangka, air kelapa mengandung sekitar 95% air, sehingga menjadikannya minuman dehidrasi yang hebat, terutama untuk orang yang berpuasa. Selain itu satu porsi air kelapa mencakup sekitar 13% kebutuhan kalium harian. Tidak hanya air kelapa, daging buah kelapa juga mengandung anti oksidan, serta bermanfaat untuk menurunkan kolestrol, memperbaiki metabolisme tubuh, serta pembangkit energi.

2. Cincau hitam

Ternyata cincau hitam dapat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk obat batuk, tekanan darah tinggi, diare, sembelit, menurunkan demam, mengobati panas dalam, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengatasi perut kembung, dan membantu mengobati malaria.

Selain itu cincau hitam juga cocok bagi yang ingin menjalankan program diet, karena cincau mengandung karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A,B1, dan C), sejumlah banyak air, dan kalorinya yang rendah.

3. Nata de coco

Nata de coco merupakan hasil fermentasi air kelapa dengan memanfaatkan bakteri acetobacter xylinum. Ternyata minuman yang rasanya mirip kelapa ini tak kalah jauh dengan air kelapa sungguhan. Yaitu mengandung beberala vitamin, seperti B1, B2, dan vitamin C, selain itu juga baik untuk memperlancar BAB.

4. Biji selasih
Biji selasih kaya akan kandungan serat. Tak hanya itu, kandungan serat ini bisa menyerap kandungan kolesterol dan gula darah yang berlebihan sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

 

Setelah tahu manfaatnya, sekarang saatnya membuat es kelapa campur. Caranya mudah sekali.

 

Es Kelapa Campur

Bahan:

Takjil es kelapa campur

Bahan untuk membuat es kelapa campur.

1 buah kelapa dan isinya, tuang air kelapa dan ambil isinya

Cincau hitam secukupnya, potong dadu

Nata de coco dan airnya secukupnya

Selasih secukupnya, cuci bersih

Gula merah

Cara membuat:

 

  1. Cuci bersih semua bahan (kecuali kelapa),
  2. Larutkan gula merah dalam rebusan air, tambahkan sedikit gula putih, rebus hingga mendidih dan angkat.
  3. Campurkan semua bahan jadi satu. Es kelapa campur pun siap disajikan.
Es kelapa campur

Es kelapa campur siap disajikan

Mudah dan praktis, kan? Biasanya ketika waktu berbuka tiba, kami akan menyantap takjil, dimulai dari kurma, semangka, lalu es kelapa.

Takjil praktis

Takjil sudah siap, tinggal menunggu waktu berbuka puasa.

Setelah itu baru sholat magrib. Setelah sholat, baru dilanjutkan dengan makan berat, nasi sayur dan lauknya. Kalo menu, biasanya saya tergantung tukang sayur bawa bahan apa. Bila bawa udang dan kangkung, jadikah cah kangkung ditemani udang goreng tepung. Kadang bawa daging, jadilah rawon daging atau soto daging. Bila saya sedang malas masak, tinggal lari ke tukang jualan di pinggir jalan atau tetangga yang jualan, hehe.

Itulah tiga menu takjil praktis ala saya. Cerita tentang menu berbuka puasa ini jadi postingan kedua dalam #NgobrolinRamadan saya bersama Mba’ Diah Deka dari dekamuslim.com.

Baca juga punya Mba’ Diah: Rupa-rupa Menu Buka Puasa Ramadan Ala Emak Rempong.

 

Kamu juga punya menu praktis atau menu andalan saat berbuka? Sharing yuk! Semoga bermanfaat. 🙂

 

Referensi:

https://www.google.co.id/amp/s/m.klikdokter.com/amp/2992912/berjuta-manfaat-kurma-bagi-kesehatan

https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/buah-yang-baik-untuk-berbuka-puasa/amp/

https://almanhaj.or.id/2227-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-menganjurkan-berbuka-puasa-dengan-kurma.html

https://www.google.co.id/amp/s/amp.tirto.id/khasiat-minum-air-kelapa-muda-untuk-berbuka-puasa-cqiG

https://www.deherba.com/ketahuilah-manfaat-cincau-hitam-bagi-kesehatan-anda.html#ixzz5Gr7ZEj80

https://www.google.co.id/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-nata-de-coco/amp

https://www.google.co.id/amp/doktersehat.com/biji-selasih-ternyata-banyak-manfaat-kesehatannya-lho/amp/

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *