Tips Memilih Baju Muslim Anak yang Nyaman Digunakan Saat Lebaran

Memilih baju muslim anak

Memilih baju muslim anak.

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan di mana akan ada kewajiban ibadah khusus yaitu berpuasa selama satu bulan. Setelah itu umat Islam akan merayakan kemenangan dari hawa nafsu yang telah berhasil dikalahkan. Saat lebaran, masyarakat muslim khususnya di Indonesia memiliki tradisi unik yaitu pulang kampung untuk merayakan kemenangan bersama keluarga yang mungkin sudah lama tak dijumpai. Hal ini juga didukung dengan adanya liburan panjang yang diberikan institusi pendidikan maupun perusahaan. Dewasa dan anak-anak sama-sama ikut merayakan dan meramaikannya dengan menggunakan baju muslim anak  dan dewasa terbaru mereka.

 

Ritual pulang kampung di saat lebaran umumnya terjadi dari kota besar seperti Jakarta ke berbagai kota di daerah hingga ke luar pulau. Perjalanan tersebut memakan banyak waktu dari hitungan jam bahkan hari. Penatnya perjalanan bagi anak-anak membuat mereka kerap merasa tak nyaman apalagi jika menggunakan kendaraan umum bus atau kereta yang mengangkut banyak orang lainnya. Untuk itulah jika anak-anak mengenakan pakaian muslim selama perjalanan, pastikan untuk memilihkan busana yang nyaman dikenakan untuk durasi yang cukup panjang sesuai dengan lamanya perjalanan.

 

Di bus atau kereta saat menjelang lebaran, penumpang jauh lebih banyak dengan barang bawaan yang juga jauh lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini akan membuat suasana lebih panas meski bus yang dinaiki menggunakan fasilitas AC. Pemilihan busana yang tepat akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penumpang khususnya anak-anak. berikut ini adalah tips pemilihan baju muslim anak yang akan membuatnya tetap nyaman di perjalanan meski berdurasi yang cukup panjang.

1. Bahan.

 

Pilihlah bahan baju yang sejuk dan nyaman digunakan seperti bahan kaos. Saat ini banyak model baju muslim yang dibuat dari bahan kaos dengan menggunakan model panjang. Kelebihannya adalah hawa tubuh yang akan lebih sejuk dibandingkan jika kita memilih baju muslim dari bahan tebal lainnya seperti denim atau beludru.

2. Model.

 

Pilih model yang simple seperti kaos panjang dan celana panjang untuk laki-laki. Untuk wanita, gunakan model sederhana seperti terusan panjang dengan bagian bawah rok melebar. Dengan model sederhana, tak banyak lapisan kain yang menutupi tubuh sehingga sirkulasi udara lebih mudah terjadi.

3. Warna.

 

Untuk perjalanan di siang hari yang panas, gunakan baju muslim dengan warna yang terang seperti kuning, putih hijau muda dan sebagainya. Hindari memilih baju muslim dengan warna gelap seperti hitam atau coklat tua yang bisa menyerap panas. Untuk kerudung bagi anak perempuan, sebaiknya memilih kerudung terusan atau instan dengan warna terang yang senada.

Untuk menambah kenyamanan ketika melakukan perjalanan mudik dengan anak kecil, usahakan untuk membawa beberapa baju ganti dan handuk sehingga ketika bus berhenti beberapa waktu di satu stasiun dapat digunakan untuk membasuh keringat putra-putri Anda dan mengganti bajunya jika basah akibat keringat.

Untuk mendapatkan berbagai model baju muslim anak dengan bahan kaos yang nyaman dan menarik, kita bisa memilihnya di berbagai situs belanja online yang kini banyak menjual kaos baju muslim dengan berbagai warna dan model. Bisa juga dengan menggunakan baju muslim sarimbit untuk keluarga dalam bahan kaos sehingga lebih semarak dan terlihat harmonis. Jangan lupa untuk terus menjaga anak selama di perjalanan mudik agar selamat sampai di tujuan dalam keadaan sehat dan riang. Itulah sedikit tips dalam memilih baju muslim anak untuk digunakan saat lebaran. Tapi yang harus diingat, jangan sampai kesibukan kita menyiapkan baju muslim anak membuat kita lupa menyiapkan diri untuk menyambut ramadan dan meningkatkan ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *