Warung Bu Sri Probolinggo, Cepat, Maknyus dan Mantap.

Kamu penyuka lalapan ikan? Suka sambel yang pedas? Sedang dalam perjalanan darat menuju Paiton, Bali, Banyuwangi, atau Situbondo? Tapi mau makan yang nggak pakai nunggu lama? Kalau iya, berarti kamu harus mampir dan mencicipi aneka lalapan ikan di warung Bu Sri Klaseman, Gending, Probolinggo.

Sekilas kelihatannya memang hanya seperti warung pinggir jalan biasa saja. Tapi soal rasa, warung ini boleh diadu dengan kelas restoran atau rumah makan mewah lainnya. Awalnya kami tahu warung ini dari rekomendasi teman kerja suami yang juga sudah beberapa kali mampir ke sini. Bila melewati warung ini, akan terlihat antrian panjang truk besar yang sedang mampir.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Barisan truk besar yang sedang parkir di depan warung Bu Sri Probolinggo.

Menu utama di warung ini adalah aneka lalapan ikan goreng, mulai dari ikan laut dan juga ikan air tawar. Ada ikan kakap, gurame, krapu, dorang, lele, putihan, dan lainnya. Bagi yang tidak suka ikan, warung Bu Sri juga menyediakan lalapan ayam dan bebek goreng.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Aneka menu di Warung Bu Sri Probolinggo.

Yang paling saya suka ketika makan di warung ini selain ikannya yang masih segar, juga cepatnya waktu penyajian ketika kita memesan menu yang dipilih. Tidak sampai lima menit, pesanan kita sudah diantar. Karena ikan yang disediakan sepertinya sudah digoreng setengah matang, jadi ketika ada yang memesan, tinggal digoreng sebentar langsung jadi. Ikannya dogoreng kering, jadi sampai tulangnya pun bisa ikut dinikmati krenyes-krenyesnya.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Yang tinggal hanyalah tulang belulang.

Selain itu, mungkin ini juga yang jadi alasan para supir truk suka mampir di sini, karena nasi boleh diambil sendiri dan bisa nambah sesuka hati. Jadi buat yang porsi makannya banyak, jangan takut kekurangan nasi, karena bisa nambah nasi sepuasnya.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Antrian mengambil nasi di warung Bu Sri Probolinggo.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Emak-emak antri nasi, hehe.

Minuman yang disediakan hanya sebatas minuman biasa, es jeruk, es teh, jeruk hangat dan teh hangat. Di warung ini kita bisa makan sambil lesahan menikmati suasana sawah yang berada persis di depan dan samping warung.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Suasanan lesehan yang masih sederhana justru menambah kenikmatan saat makan.

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap, maknyus.

Pemandangan sawah hijau di samping warung Bu Sri Probolinggo.

Untuk harga, menurut saya lumayan murah dan terjangkau untuk ukuran ikan laut yang lumayan besar dan masih segar. Kemarin ketika makan di sini kami memesan 2 gelas es teh, 1 porsi lalapan ikan krapu, 1 porsi lalapan gurame, ditambah bungkus 1 porsi lalapan ikan krapu totalnya Rp 65.000.

Berarti seporsi lalapan ikan laut dihargai Rp 20.000 dan untuk minuman standar hanya Rp 2.500 saja, murah kan? 🙂

Warung Bu Sri Probolinggo, cepat, mantap dan maknyus.

Menu yang kami pesan, lalapan gurame dan krapu goreng, maknyus.

Sayang karena masih sekelas warung pinggir jalan dan masih kecil, di warung ini sepertinya tidak menyediakan toilet umum dan mushola, sehingga yang kesini benar-benar hanya untuk makan. Kalau mau sholat atau kebelet ke kamar mandi bisa ke pom bensin Klaseman yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari warung Bu Sri. Tapi meskipun sederhana, saya salut dengan kesigapan pelayan saat membersihkan meja lesehan. Begitu pengunjung selesai makan, secepat mungkin tempat makan dibersihkan dan dirapikan.

Lokasi Warung Bu Sri ini terletak di desa Klaseman, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Kalau dari arah Surabaya, warungnya ada di sebelah kiri jalan. Berjarak sekitar kurang lebih 2km dari Pabrik Sasa Inti Probolinggo.

Plakat warungnya kecil sekali, jadi mungkin agak susah menemukannya. Pokoknya kalau ada sebuah rumah dengan lesehan di depan, ditambah antrian panjang truk besar di daerah Klaseman, bisa jadi itu warung Bu Sri.

Gimana? Tertarik untuk mampir? Semoga bermanfaat ya! 🙂

 

 

 

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *